Tiket Masuk Teluk Kiluan Lampung

Tiket Masuk Teluk Kiluan Lampung, Surganya Wisata Lumba-Lumba

Posted on

Teluk Kiluan sebagai objek wisata yang telah banyak dikenali oleh pelancong lokal dan luar negeri. Sebagai salah satunya tempat rekreasi di Tanggamus Lampung, teluk ini tawarkan keelokan pantai dengan temanan lumba-lumba yang dapat disaksikan dari tengah laut.

Tempatnya yang alami dan terjaga dari terlibat manusia membuat liburan di sini akan membuat nyaman dan tenteram karena jauh dari kota.

Selain banyak lumba-lumba liar, disaat tertentu bisa menyaksikan juga ikan Paus. Disamping itu banyak sarana yang lain memberi dukungan, karena itu berikut informasi dari Teluk Kiluan secara lengkap.

Tiket Masuk Teluk Kiluan Lampung

Teluk ini berada di Dusun Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Propinsi Lampung. Bila dijangkau dari Kota Bandar Lampung karena itu membutuhkan waktu sekitaran 3 sampai 4 jam. Adapun jaraknya ialah kurang lebih 80 km.

Untuk

rute perjalanan dari Bandar Lampung yakni dari Pusat Kota, masuk pada jalan Morotai, selanjutnya ke Jalan Laksamana RE Martadinata seterusnya masuk ke jalan raya Way Ratay. Dari Way Ratay terus ikuti jalan itu sampai datang di jalan Pematang Awi, lalu Jalan Dirt Road dan akan datang di Kiluan.

Alternatif kedua ialah lewat arah Padang Cermin terus sampai berjumpa dengan persilangan masuk Pangkalan TNI Angkatan Laut, silahkan tentukan lajur kiri ke arah dusun Punduh Pidada. Disitu akan dijumpai tulisan “Teluk Kiluan”, turuti jalannya sampai masuk ke Pasar Bawang, saat di persilangan karena itu mengambil ke kanan sampai persilangan paling akhir. Seterusnya belok kiri dan akan kelihatan dengan jelas Gapura Teluk Kiluan.

Pesona
Teluk Kiluan Lampung

Ketika sampai di Teluk Kiluan, maka menyaksikan panorama pantai yang paling biru kehijauan. Airnya jernih dan dangkal. Banyak juga terumbuh karang dan ikan hias yang dapat disaksikan secara jelas.

Kebersihan teluk ini dijaga oleh masyarakat sekitar hingga tidak diketemukan sampah berantakan. Pasir putih yang lembut, dan jumlahnya ikan yang berlimpah sebagai sasaran untuk memancing beberapa pelancong.

Untuk melihat antraksi Lumba-Lumba karena itu bisa melaut ke tengah laut. Tetapi harus jadi perhatian jika saat yang baik sekali untuk tiba ke Teluk Kiluan dan dapat menyaksikan lumba-lumba ialah di bulan April s/d September atau pada musim kemarau.

Harga
Tiket Masuk Teluk Kiluan Lampung

  • Jenis Ticket dan Harga
  • Ticket Per Orang Rp. 5.000
  • Jukung/Perahu Rp. 20.000
  • Menyaksikan Lumba-Lumba per Kapal Rp. 250.000-Rp.450.000
  • Life Jacket per Orang Rp. 15.000

Untuk ke arah Teluk Kiluan maka dikenai harga ticket masuk sejumlah Rp. 5.000. Harga itu sama dengan ticket untuk ke Laguna. Tetapi bila ingin seberang ke Laguna karena itu ditambah lagi ongkos perahu atau jukung sejumlah Rp. 20.000.

Untuk melihat Lumba-Lumba bisa bayar perahu jukung sejumlah Rp. 250.000-Rp. 450.000/kapal. Apabila ingin menggunakan jaket life jacket dikenai ongkos Rp. 15.000/orang.

Penginapan
di Teluk Kiluan Lampung

Disitu juga ada penginapan berbentuk beberapa rumah masyarakat yang bisa dicarter dengan ongkos di antara Rp. 200.000 – Rp. 300.000 untuk per kamar, telah terhitung dengan makan 3x satu hari dan ada toilet di luar.

Open Trip Teluk Kiluan

Untuk pengunjung yang pergi sendirian atau cuma berdua dengan pasangan, karena itu bisa ikuti Open Trip Teluk Kiluan atau bisa tergabung dengan trip gabungan dengan pengunjung lain.

Trip ini diawali dari Dermaga Merak, pengunjung akan dikenai biaya sekitaran Rp. 599.000/orang, dan bila dari Jakarta ongkos sekitaran Rp. 759.000/orang. Dengan ongkos itu telah memperoleh sarana lengkap.

Fasilitas
Teluk Kiluan Lampung

Walaupun di teluk ini tidak ada hotel atau sebuah resor, tidak boleh cemas karena ada pemondokan berbentuk rumah pentas yang nyaman berada di pinggiran teluk Kiluan dan berada di Teluk Kiluan.

Pengunjung dapat menginap di dalam rumah masyarakat sekitaran atau membangun tenda yang dapat dibawa sendiri dari rumah. Dan yang penting jadi perhatian ialah harus bawa peralatan trip seperti baju, makanan, power bank karena disitu tidak ada listrik.

Listrik cuma menggunakan genset yang hidup dari jam 6 sore sampai larut malam. Dan untuk mandi, toilet dan mushola telah disiapkan di tempat rekreasi ini.

Untuk

pengunjung yang tidak bawa perbekalan bisa pesan makanan ke masyarakat sekitaran dengan lakukan perundingan masalah harga dan menunya.

Itulah informasi tentang Teluk Kiluan yang berada di Tanggamus Lampung, disamping itu ada juga Pulau Pahawang yang ada tidak jauh. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.