Menikmati Keindahan Wisata Religi Sunan Giri

Posted on

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sejarah dan budaya. Salah satu warisan budaya yang masih dijaga dan dilestarikan hingga kini adalah keberadaan berbagai tempat wisata religi. Di antara tempat wisata religi yang terkenal di Indonesia adalah Wisata Religi Sunan Giri yang terletak di Desa Giriwongso, Kecamatan Gresik, Jawa Timur.

Sejarah Wisata Religi Sunan Giri

Wisata Religi Sunan Giri merupakan tempat ziarah yang didirikan untuk mengenang salah satu tokoh agama Islam terkenal di Indonesia, Sunan Giri. Sunan Giri atau juga dikenal dengan nama Raden Paku merupakan salah satu Wali Songo yang memiliki peran penting dalam penyebaran agama Islam di Indonesia. Ia juga dikenal sebagai salah satu ulama besar yang mampu menyatukan umat Islam di Jawa Timur. Sunan Giri wafat pada tahun 1545 dan dimakamkan di Gresik, Jawa Timur.

Wisata Lainnya:  Perjalanan Wisata: Menikmati Keindahan Indonesia dengan Santai

Tempat ziarah yang dibangun untuk mengenang Sunan Giri ini memiliki keindahan alam yang menawan. Di samping itu, terdapat juga berbagai bangunan yang menjadi saksi sejarah perjalanan hidup Sunan Giri. Bangunan yang terdapat di tempat wisata religi ini antara lain makam Sunan Giri, Masjid Giri, Punden Berundak, dan Gedung Pusaka.

Keindahan Alam di Wisata Religi Sunan Giri

Wisata Religi Sunan Giri selain memiliki nilai sejarah yang tinggi, juga memiliki keindahan alam yang menawan. Lokasi wisata ini berada di ketinggian sehingga menawarkan pemandangan yang indah. Di samping itu, terdapat pula area persawahan yang menghijau yang menjadi salah satu daya tarik utama bagi para pengunjung.

Para pengunjung dapat menikmati keindahan alam di Wisata Religi Sunan Giri dengan berjalan-jalan keliling kompleks wisata. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam dengan naik ke puncak bukit yang terdapat di lokasi wisata. Dari puncak bukit, para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah dari atas ketinggian.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Wisata Religi Sunan Giri

Wisata Religi Sunan Giri bukan hanya menawarkan keindahan alam yang menawan, tetapi juga berbagai aktivitas yang bisa dilakukan oleh para pengunjung. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di wisata religi ini antara lain:

  • Doa bersama di Masjid Giri
  • Ziarah ke makam Sunan Giri
  • Berjalan-jalan keliling kompleks wisata
  • Mengunjungi Gedung Pusaka
  • Menikmati keindahan alam dengan naik ke puncak bukit
  • Berbelanja oleh-oleh di toko-toko souvenir
Wisata Lainnya:  PT Wisata Sapta Pesona: Menyediakan Liburan Seru dan Tak Terlupakan

Transportasi Menuju Wisata Religi Sunan Giri

Wisata Religi Sunan Giri dapat dicapai dengan mudah. Lokasi wisata ini terletak di Desa Giriwongso, Kecamatan Gresik, Jawa Timur. Para pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi, taksi, atau transportasi umum seperti bus atau angkutan kota. Jarak dari Kota Surabaya ke Wisata Religi Sunan Giri sekitar 25 km. Sedangkan dari Kota Gresik, jaraknya sekitar 10 km.

Harga Tiket Masuk Wisata Religi Sunan Giri

Untuk masuk ke dalam kompleks wisata religi ini, para pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp10.000 per orang. Biaya tersebut sudah termasuk tiket masuk ke dalam kompleks wisata dan parkir kendaraan.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Wisata Religi Sunan Giri

Wisata Religi Sunan Giri dapat dikunjungi kapan saja sepanjang tahun. Namun, ada beberapa waktu yang dianggap sebagai waktu terbaik untuk berkunjung ke wisata religi ini. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Wisata Religi Sunan Giri adalah pada saat liburan sekolah atau saat musim liburan tiba. Pada saat itu, wisata religi ini akan ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Wisata Lainnya:  Contoh Artikel Wisata Pantai: Indahnya Keindahan Pantai di Indonesia

Kesimpulan

Wisata Religi Sunan Giri merupakan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain memiliki nilai sejarah yang tinggi, wisata ini juga memiliki keindahan alam yang menawan. Para pengunjung dapat menikmati keindahan alam, berziarah ke makam Sunan Giri, dan melakukan berbagai aktivitas lainnya di wisata religi ini. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi Wisata Religi Sunan Giri ketika Anda berada di Jawa Timur.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *