Tiket Masuk 5 Objek Wisata Candi Sekitar Yogyakarta

5 Rekomendasi Objek Wisata Candi Sekitar Yogyakarta, Bikin Wisatawan Penasaran untuk Singgah

Posted on
  1. Candi Prambanan

 

Objek wisata candi di sekitar Yogyakarta yang ini tentu tidak asing dalam telinga, yaitu Candi Prambanan. Candi yang sering disebutkan Candi Roro Jonggrang ini ialah kompleks candi Hindu paling besar di Indonesia yang dibuat pada era kesembilan masehi.

 

Candi ini disembahkan untuk Trimurti, tiga dewa khusus Hindu yakni dewa Brahma sebagai dewa pembuat, dewa Wisnu sebagai dewa pemelihara, dan dewa Siwa sebagai dewa pembasmi. Memiliki bentuk membubung ke atas dan dikitari oleh 2 candi jepit, 4 candi warna, dan 4 candi pojok, hingga saat ada di kompleks ini, Anda akan berasa seperti ada dalam sebuah kerajaan. Menariknya, candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno ini telah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1991.

 

    start="2">
  1. Candi Ratu Boko

 

Objek wisata candi di sekitar Yogyakarta selanjutnya ada Candi Ratu Boko. Candi ini sebagai situs arkeologi warisan Wangsa Syailendra dari Kerajaan Mataram Kuno pada era kedelapan M. Lokasinya berada 8 km di samping selatan Candi Prambanan dan 18 km di samping timur pusat Kota Yogyakarta. Website ini makin terkenal selesai dipakai sebagai lokasi tembakan film Ada Apa Dengan Cinta 2. Semenjak film itu, panorama sunset di candi ini sudah jadi subyek photo dari beberapa ribu pelancong.

 

  1. Candi Ijo

 

style="font-weight: 400;">Objek wisata candi di sekitar Yogyakarta seterusnya ada Candi Ijo. Terletak ada 4 km arah tenggara dari Candi Ratu Boko atau kurang lebih 18 km di samping timur kota Yogyakarta. Candi ini menjadi satu diantara candi yang terletak tertinggi antara candi-candi yang lain.

 

Menurut riwayat, Candi Ijo ini dibuat sekitaran era kesembilan Masehi dalam suatu bukit yang dikenali dengan Bukit Hijau atau Gumuk Ijo. Kompleks Candi Ijo terbagi dalam 17 susunan bangunan yang terdiri dari 11 teras berundak. Teras pertama sekalian halaman ke arah pintu masuk ini ialah teras berundak yang membujur dari barat ke arah timur. Menariknya, saat masuk pintu gerbang candi, Anda akan disongsong oleh salah satunya ukir-pahatan pada candi paling besar yang berbentuk sebuah Naga dengan mulut yang besar sekali. Benar-benar cantik dan mempesona!

 

    start="4">
  1. Candi Sewu

 

Objek wisata candi sekitar Yogyakarta yang lain ada Candi Sewu. Memiliki bentuk serupa dengan Candi Prambanan, tetapi Candi Sewu sebagai candi Buddha paling besar ke-2 di Indonesia sesudah candi Borobudur. Walau gempa pada 2006 menyebabkan kerusakan pada arah rekreasi candi di kota Jogja ini, tapi Candi Sewu masih tetap terlihat menarik dan jangan terlintasi untuk Anda datangi.

 

  1. Candi Borobudur

 

Objek wisata candi di sekitar Yogyakarta paling akhir ialah Candi Borobudur. Candi Buddha ini terpopuler di dunia, bahkan juga sudah dikukuhkan sebagai monumen dan stupa paling besar di dunia oleh UNESCO. Dinding Candi Borobudur dihias oleh 2672 pahatan yang tersusun sejauh 6 km yang disebut relief Buddha paling besar dan terkomplet di dunia.

 

style="font-weight: 400;">Relief yang terpahat pada dinding itu selainnya sebagai dekor, bercerita 4 cerita kuno, yaitu Karmawibangga, Lalita Wistara, Jataka dan Awanda dan Gandawyuda. Salah satunya spot favorite beberapa wisatawan ialah panorama keluar dan terbenamnya matahari di atas candi. Ditanggung, Anda akan takjub atas keindahannya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.