Tiket Masuk Curug Maribaya Bandung

Tiket Masuk Curug Maribaya Bandung

Posted on

Bandung menjadi salah satu tempatnya beberapa objek rekreasi menarik dan paling favorit di tanah air. Kota Kembang ini mempunyai beberapa puluh koleksi tempat rekreasi baik yang sejenis rekreasi bahari, pembelajaran, riwayat, sampai rekreasi alam.

Untuk tipe wisata paling akhir yaitu rekreasi alam, kota Kembang mempunyai beberapa koleksi misalkan Situ Patenggang, Kawah Putih, Pemandian Air Panas Ciwalini, Ranca Upas, dan yang hendak diulas pada artikel ini yakni Curug Maribaya.

Khusus Curug Maribaya, tempat rekreasi ini sebetulnya pernah mati suri, ditutup, dan lenyap gemanya pada masa di bawah tahun 2015, tetapi sesudah dipugar kembali ke tahun 2015, curug ini kembali terkenal dan mendapatkan lawatan konstan dari beberapa wisatawan setiap harinya.

Peremajaan dan penambahan beberapa sarana dan spot modern seperti spot untuk berpose di teritori Curug Maribaya mempunyai peran besar atas hidup kembalinya tempat wisata ini. bagaimana tidak, teritori sekitaran curug yang asri dan alami yang dipadukan dengan spot berpose instagenic pasti jadi magnet kuat yang hendak memancing ketertarikan calon pengunjung dari barisan milenials.

Ya, Curug Maribaya ini menjadi satu diantara tempat rekreasi di Bandung yang cukup rekomended untuk kamu beberapa kaula muda yang tidak hanya mengidamkan tempat rekreasi dengan situasi alam yang memanjakan mata kembali sejuk saja.

Curug ini menjadi tempat untuk kalian untuk ekspresikan diri dengan beragam style ciri khas milenials di muka camera dengan latar belakang spot berfoto-nya yang krean dan keren. Nach bagaimana sich sebetulnya Curug Maribaya itu dan apa yang dapat kalian kerjakan di situ? Secara lengkap, yok baca terus artikel ini.

Sekilas Curug Maribaya

Suasana alam yang sejuk dan fresh ciri khas daratan tinggi akan kalian rasakan dari pertama kalinya memijakkan kaki di teritori Curug Maribaya. Tetumbuhan dan pohon-pohonan hijau yang teduh jadi sajian pertama curug ini untuk menyongsong kehadiran beberapa pelancong.

Untuk menghilangkan capek sesudah melalui perjalanan ke arah curug, kalian dapat istirahat sesaat di bawah pohon atau tempat kosong yang berada di sekitar Curug Maribaya. Pikiran kalian yang semula capek oleh kegiatan rutin setiap hari akan terbias dan lenyap oleh sejuknya situasi dan gemerecik suara air terjun yang tumpah mengehempas batu-batuan di bawahnya.

Setelah mengumpulkan sedikit tenaga, kalian seterusnya mulai bisa beraktivitas rekreasi apa saja di Curug Maribaya ini. Kalian dapat memutuskan untuk menceburkan diri di kolam air terjunnya, atau melepas beberapa bidikan camera ke beberapa titik sekitaran curug yang kalian kira menarik.

Mungkin perlu diketahui, Curug Maribaya di Bandung ini sebetulnya sebagai kombinasi dari 3 curug kecil dengan ketinggian masing-masing 15 mtr.. Curug-curug kecil ini yakni curug Cigulung, curug Cikoleang, dan curug Cikawar. Ke-3 curug kecil yang selanjutnya membuat Curug Maribaya ini, airnya datang dari sungai yang serupa yaitu sungai Cikawari dan sungai Cigulung.

Saat musim kemarau air terjun Curug Maribaya akan kelihatan benar-benar bersih dan fresh, tetapi ketika musim hujan, air tejun curug ini berubah menjadi kotor dan cukup kecoklat-coklatan karena tercampur dengan lumpur.

Harap waspada bila kalian tiba ke curug ini pada musim hujan, selainnya airnya yang kurang bersih, debitnya akan makin besar dan dicemaskan dapat berpengaruh jelek atau justru mengakibatkan beberapa hal yang tidak kita harapkan. Karena itu, tidak dapat ditawar jika saat yang terbaik untuk bertandang ke Curug Maribaya ini dalah saat musim kemarau.

Sejarah Curug Maribaya

Beberapa tempat wisata terkadang mempunyai riwayat atau narasi periode lalu yang memulai keberadaannya, seperti Curug Maribaya ini, yang kabarnya berawal dari cerita kehidupan sebuah keluarga miskin yang ingin mengganti nasibnya.

Terkisahkan dahulu di teritori yang saat ini jadi lokasi Curug Maribaya, hiduplah seorang tua renta namanya Eyang Raksa Dinata dan anaknya yang cantik dan ayu namanya Maribaya.

Paras wajah Maribaya yang elok memesona, tidak salah membuat semua lelaki di daerah nya mabok kepayang dan menyimpan hati cinta padanya.

Eyang Raksa Dinata yang tidak ingin persaingan beberapa lelaki daerah yang merebutkan anaknya jadi musibah, selanjutnya mengucilkan diri jauh ke rimba. Si tua punya niat lakukan semedi untuk cari panduan dan meminta karunia supaya hidupnya yang serba kesulitan selekasnya berbeda.

Setelah sekian hari lakukan semedi, yang ditunggu dan diharap oleh si eyang juga pada akhirnya datang. Sebuah panduan untuk mengurus sumber air panas juga menemani kembalinya si eyang dari pertapaannya.

Sejak saat itu, diprediksikan sekitaran tahun 1833, mengambil sumber dari mata air panas yang diurusnya, Eyang Raksa Dinata dan anakya Maribaya juga pada akhirnya capai kehidupan yang lebih bagus. Sandang pangan mereka terpenuhi bahkan juga serba berkelimpahan dari hasil sumber air panas nya yang dikunjungi beberapa orang untuk berobat.

Sumber mata air panas tersebut yang saat ini dikenal dengan Curug Maribaya yang bernama diambil dari nama anak wanita Eyang Raksa Dinata.

Spot Menarik di Kawasan Curug Maribaya

Nama Tempat Wisata Museum Taman Prasasti
Alamat Kampung Cikondang Lamajang Pangalengan, Cibodas, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka 08.00 – 22.00
Harga Tiket Masuk Rp. 35.000
Parkir Motor Rp. 2.000
Parkit Mobil Rp. 5.000
No Kontak Wisata 0213854060
Fasilitas Ada kolam pemandian, curug dengan pemandangan indah, tempat bermain anak anak, lapangan terbuka hijau, resort yang sangat cantik
Twitter @museumprasasti
Google Maps Map Curug Maribaya

Selain object khusus yakni object curugnya yang jadi spot unggulan, di teritori Curug Maribaya ini masih tetap ada spot yang lain tidak kalah hebat untuk dieksplore, sebutlah saja salah satunya kolam pemandian air panas, kolam pancing ikan, spot pre wedding, dan spot berpose Tapak Halimun. Kalian dapat menelusuri semua spot dan lakukan aktivitas apa saja yang dapat menyenangkan kalian di situ.

Kolam pemandian air panasnya yang memiliki kandungan belerang dan kabarnya dapat mengobati penyakit kulit, sekarang ini sudah diubah dan terdiri dari empat spot.

Spot pertama yakni deluxe pool, dapat kalian cicipi dengan bayar ticket masuk sejumlah Rp. 75.000 per-orang. Lantas bila ingin coba spot vip pool, kalian harus mengambil kantong lebih dalam kembali dengan bayar ticket masuk sebesar Rp. 150.000 per-orang.

Ada lagi spot selanjutnya yang diberi nama spot foot spa. Pada tempat ini kalian dapat rasakan kesan memendam kaki di di air panas, dengan bayar tiket masuk sejumlah Rp. 30.000 per-orang. Selanjutnya spot pemandian air panas paling akhir yang diberi nama tirta raga, diperuntukkan untuk kalian yang mengingini lokasi yang semakin nyaman dan privat, harga tiketnya sejumlah Rp. 90.000 per-orang.

Lalu setelah coba spot pemandian air panas, kalian dapat berubah ke spot kolam pemancingan ikan. Di sini kalian dapat salurkan hoby memancing pada harga ticket sejumlah Rp. 20.000 per 30 menit. Bila tidak mau semakin lama memancing, di sini ada juga spot yang diberi nama spot tangkap ikan, kalian langsung bisa memburu ikan tanpa pancing dengan ongkos Rp. 15.000 per 15 menit.

Spot berikutnya yang kerap jadi incaran pelancong ialah spot pre wedding. Selainnya memang ditujukan untuk calon pengantin yang ingin ambil photo pre wedding dengan ongkos Rp. 1.500.000, tempat ini kerap digunakan sebagai lokasi photo bebas oleh beberapa pelancong.

Spot photo sebenarnya yang dibuat sebagai lokasi berpose ialah spot Tapak Halimun. Dari spot ini, selainnya berpose kalian bisa juga nikmati landscape teritori Curug Maribaya yang kelihatan demikian asri dan alami. Tapak halimun menjadi tempat yang paling cocok untuk menikmati indahnya tempat rekreasi Curug Maribaya di atas ketinggian.

Fasilitas Curug Maribaya

Selain dilengkapi dengan beberapa spot menarik, Curug Maribaya disokong karena ada sarana umum untuk mempermudah dan memberikan kenyamanan ke beberapa pengunjung. Sarana umum di teritori rekreasi ini diantaranya area parkir lumayan luas, tempat beribadah, toilet, gazebo, dan information center.

Alamat Curug Maribaya

Alamat Kampung Cikondang, Lamajang, Pangalengan, Cibodas, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Untuk mengaksesnya dari pusat perkotaan Bandung, kalian harus tempuh perjalanan sepanjang lebih kurang 15 km sama waktu menempuh sekitaran 60 menit berkendaraan.

Rute perjalanan ke Curug Maribaya tidak lah susah, kalian dapat manfaatkan panduan yang ada di Google Maps. Tinggal install aplikasinya saja, kemudain turuti tutorial dari Google Maps sampai hingga di lokasi Curug Maribaya.

Perjalanan ke curug ini akan berasa indah dan tidak melelahkan. Di sejauh jalan kalian akan tersajii pemandangan alam yang teduh dan hijau. Apa lagi di lajur saat sebelum sampai di lokasi curug, kalian akan kagum dengan petak-petak sawah yang terlihat menghijau dari terlalu jauh, bila untung, kalian juga bisa menyaksikan kabut-kabut tebal menyelimutinya dan mengiringi perjalanan kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *