Wisata Kota Nganjuk: Menikmati Pesona Wisata Alam dan Sejarah

Posted on

Kota Nganjuk merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi Jawa Timur. Selain memiliki potensi sebagai kota industri yang maju, Nganjuk juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dari wisata alam hingga wisata sejarah, semuanya tersedia di kota ini. Bagi kamu yang ingin berlibur dan menikmati pesona wisata kota Nganjuk, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata yang wajib kamu kunjungi.

1. Air Terjun Lengger

Salah satu wisata alam yang terkenal di Nganjuk adalah Air Terjun Lengger. Air Terjun Lengger terletak di Desa Kedungkembar, Kecamatan Lengkong, Nganjuk. Air Terjun Lengger memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan memiliki air yang jernih. Selain menikmati keindahan air terjun, kamu juga bisa merasakan sensasi outbound dan camping di sekitar area Air Terjun Lengger.

2. Gunung Kawi

Gunung Kawi merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang terletak di Nganjuk. Gunung Kawi adalah situs peninggalan sejarah berupa candi yang berada di atas tebing. Candi-candi yang ada di Gunung Kawi ini memiliki keindahan arsitektur yang sangat menarik untuk dikunjungi. Selain itu, Gunung Kawi juga memiliki panorama alam yang memukau.

3. Goa Selomangleng

Goa Selomangleng adalah salah satu goa terpanjang di Indonesia. Goa Selomangleng memiliki panjang sekitar 500 meter dan terletak di Desa Selomangleng, Kecamatan Ngetos, Nganjuk. Di dalam goa ini, kamu akan menemukan beberapa stalaktit dan stalakmit yang berbentuk unik. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan alam di sekitar goa Selomangleng.

4. Pantai Bajul Mati

Pantai Bajul Mati adalah pantai yang terletak di Desa Pancer, Kecamatan Pancer, Nganjuk. Pantai Bajul Mati memiliki panorama alam yang sangat eksotis dan memukau. Selain menikmati keindahan pantai, kamu juga bisa melakukan aktivitas seperti memancing, berenang, dan menikmati makanan laut di sekitar Pantai Bajul Mati.

Wisata Lainnya:  Wisata Kota Solok: 30 Destinasi Wisata Terbaik di Sumatera Barat

5. Taman Rekreasi Sritanjung

Taman Rekreasi Sritanjung adalah taman rekreasi yang terletak di Kecamatan Tanjunganom, Nganjuk. Taman Rekreasi Sritanjung memiliki beberapa wahana permainan yang sangat cocok untuk anak-anak. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan alam sambil berjalan-jalan santai di sekitar taman.

6. Pemandian Air Panas Cangar

Pemandian Air Panas Cangar adalah salah satu tempat wisata alam yang terletak di Nganjuk. Pemandian Air Panas Cangar terletak di Desa Cangar, Kecamatan Sawahan, Nganjuk. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan alam sambil merendam tubuh di air panas yang memiliki khasiat untuk kesehatan.

7. Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul adalah monumen yang terletak di pusat Kota Nganjuk. Monumen ini memiliki bentuk setengah lingkaran dengan pilar-pilar yang cukup besar. Selain sebagai tempat berfoto, Monumen Simpang Lima Gumul juga menjadi simbol kemajuan Kota Nganjuk.

8. Museum Brawijaya

Museum Brawijaya adalah museum yang terletak di pusat Kota Nganjuk. Museum ini berisi berbagai macam koleksi benda-benda peninggalan sejarah perjuangan rakyat Indonesia. Selain itu, di Museum Brawijaya juga terdapat beberapa benda peninggalan sejarah yang berkaitan dengan Nganjuk.

9. Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim

Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim adalah makam yang terletak di Desa Trosono, Kecamatan Ngronggot, Nganjuk. Makam ini menjadi tempat ziarah bagi umat Islam yang ingin mengenang jasa dari Syekh Maulana Malik Ibrahim sebagai salah satu tokoh penyebar agama Islam di Jawa Timur.

10. Bukit Kapur

Bukit Kapur adalah salah satu tempat wisata alam yang terletak di Kecamatan Loceret, Nganjuk. Bukit Kapur memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Selain itu, di Bukit Kapur juga terdapat beberapa goa yang bisa kamu jelajahi.

11. Taman Wisata Krida Loka

Taman Wisata Krida Loka merupakan taman rekreasi yang terletak di pusat Kota Nganjuk. Taman ini memiliki beberapa wahana permainan yang cocok untuk anak-anak. Selain itu, di Taman Wisata Krida Loka juga terdapat beberapa lapangan olahraga yang bisa digunakan untuk berolahraga.

12. Taman Sungai Bengawan Solo

Taman Sungai Bengawan Solo merupakan taman yang terletak di tepi sungai Bengawan Solo. Taman ini memiliki panorama alam yang sangat indah. Selain menikmati keindahan alam, kamu juga bisa melakukan aktivitas seperti bersepeda dan berjalan-jalan santai di sekitar taman.

Wisata Lainnya:  Wisata Alam Lumajang: Pesona Alam yang Menakjubkan

13. Bukit Telogo Ledheng

Bukit Telogo Ledheng adalah tempat wisata alam yang terletak di Desa Ledheng, Kecamatan Sawahan, Nganjuk. Bukit Telogo Ledheng memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Selain menikmati keindahan alam, kamu juga bisa melakukan aktivitas seperti bersepeda dan berjalan-jalan santai di sekitar Bukit Telogo Ledheng.

14. Pemandian Air Panas Cepu

Pemandian Air Panas Cepu adalah salah satu tempat wisata alam yang terletak di Nganjuk. Pemandian Air Panas Cepu terletak di Desa Cepu, Kecamatan Jogorogo, Nganjuk. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan alam sambil merendam tubuh di air panas yang memiliki khasiat untuk kesehatan.

15. Telaga Ngebel

Telaga Ngebel adalah telaga yang terletak di Kecamatan Ngebel, Nganjuk. Telaga Ngebel memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Selain menikmati keindahan alam, kamu juga bisa melakukan aktivitas seperti memancing dan berjalan-jalan santai di sekitar Telaga Ngebel.

16. Taman Kota Nganjuk

Taman Kota Nganjuk merupakan taman yang terletak di pusat Kota Nganjuk. Taman ini memiliki beberapa fasilitas seperti lapangan bola, lapangan tenis, dan lapangan basket. Selain itu, di Taman Kota Nganjuk juga terdapat beberapa wahana permainan yang cocok untuk anak-anak.

17. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan adalah telaga yang terletak di kaki Gunung Lawu. Telaga Sarangan memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Selain menikmati keindahan alam, kamu juga bisa melakukan aktivitas seperti bersepeda dan berjalan-jalan santai di sekitar Telaga Sarangan.

18. Monumen Tugu Nganjuk

Monumen Tugu Nganjuk adalah monumen yang terletak di pusat Kota Nganjuk. Monumen ini dibangun untuk mengenang peristiwa Pertempuran Nganjuk pada tahun 1946. Monumen Tugu Nganjuk menjadi simbol dari semangat perjuangan rakyat Nganjuk untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

19. Bukit Kapur Sari

Bukit Kapur Sari adalah tempat wisata alam yang terletak di Desa Sari, Kecamatan Sukomoro, Nganjuk. Bukit Kapur Sari memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Selain menikmati keindahan alam, kamu juga bisa melakukan aktivitas seperti bersepeda dan berjalan-jalan santai di sekitar Bukit Kapur Sari.

20. Pantai Lenggoksono

Pantai Lenggoksono adalah pantai yang terletak di Desa Lenggoksono, Kecamatan Sambit, Nganjuk. Pantai Lenggoksono memiliki panorama alam yang sangat eksotis dan memukau. Selain menikmati keindahan pantai, kamu juga bisa melakukan aktivitas seperti berenang, memancing, dan menikmati makanan laut di sekitar Pantai Lenggoksono.

Wisata Lainnya:  Taman Wisata Lebah Cibubur: Menikmati Pesona Alam di Tengah Hingar-bingar Kota

21. Museum Kacu

Museum Kacu adalah museum yang terletak di pusat Kota Nganjuk. Museum ini berisi berbagai macam koleksi benda-benda peninggalan sejarah perjuangan rakyat Indonesia. Selain itu, di Museum Kacu juga terdapat beberapa benda peninggalan sejarah yang berkaitan dengan Nganjuk.

22. Pemandian Air Panas Ngepung

Pemandian Air Panas Ngepung adalah salah satu tempat wisata alam yang terletak di Nganjuk. Pemandian Air Panas Ngepung terletak di Desa Ngepung, Kecamatan Tanjunganom, Nganjuk. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan alam sambil merendam tubuh di air panas yang memiliki khasiat untuk kesehatan.

23. Gunung Anjasmoro

Gunung Anjasmoro adalah gunung yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Mojokerto. Gunung Anjasmoro memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Selain menikmati keindahan alam, kamu juga bisa melakukan aktivitas seperti pendakian gunung.

24. Air Terjun Kedung Ombo

Air Terjun Kedung Ombo adalah salah satu wisata alam yang terletak di Nganjuk. Air Terjun Kedung Ombo terletak di Desa Ombo, Kecamatan Rejoso, Nganjuk. Air Terjun Kedung Ombo memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan memiliki air yang jernih. Selain menikmati keindahan air terjun, kamu juga bisa merasakan sensasi outbound dan camping di sekitar area Air Terjun Kedung Ombo.

25. Pantai Batik

Pantai Batik adalah pantai yang terletak di Desa Batik Kidul, Kecamatan Gondang, Nganjuk. Pantai Batik memiliki panorama alam yang sangat eksotis dan memukau. Selain menikmati keindahan pantai, kamu juga bisa melakukan aktivitas seperti memancing, berenang, dan menikmati makanan laut di sekitar Pantai Batik.

26. Air Terjun Curug Lawu

Air Terjun Curug Lawu adalah salah satu wisata alam yang terletak di Nganjuk. Air Terjun Curug Lawu terletak di Desa Plosokerep, Kecamatan Jogorogo, Nganjuk. Air Terjun Curug Lawu memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan memiliki air yang jernih. Selain menikmati keindahan air terjun, kamu juga bisa merasakan sensasi outbound dan camping di sekitar area Air Terjun Curug Lawu.

27. Pemandian Air Panas

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *