Tiket Masuk Curug Cikondang Cianjur

Tiket Masuk Curug Cikondang Cianjur

Posted on

Cianjur yang terkenal sebagai lumbung padi mempunyai kekayaan alam yang hebat. Wilayah ini banyak memiliki bentangan sawah, rimba, dan saluran sungai sebagai air terjun. Air terjun di Cianjur yang pantas untuk didatangi satu diantaranya ialah Curug Cikondang.

Tiket Masuk Curug Cikondang Cianjur

Bentuknya yang lebar dan tinggi membuat terlihat hebat sampai dipanggil Niagara Mini. Air terjun ini dikitari persawahan dan perkebunan yang asri. Tidaklah aneh bila tempat ini menjadi satu diantara wisata rekreasi alam favorite dari Cianjur.

Untuk memasuki Curug Cikondang, pengunjung dikenai ongkos ticket yang dapat dijangkau. Bila bawa kendaraan, pengunjung harus juga bayar biaya parkir.

Harga Tiket Masuk

Nama Tempat Wisata Curug Cikondang
Alamat Sukadana, Kec. Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat
Jam Buka 08.30 – 16.00 WIB
Harga Tiket Masuk Rp. 5.000
Parkir Motor Rp. 2.000
Parkit Mobil Rp. 5.000
No Kontak Wisata 0852-1340-2670
Fasilitas Foto selfi sepuasnya, menikmati keindahan alam sekitar, dan boleh mandi, tapi hati hati, biasanya arus air cukup deras.
Instagram
Google Maps Map Curug Cikondang

Jam Operasional

Objek wisata air terjun ini terbuka untuk umum tiap hari start pukul 08.30-16.00. Teritori curug ini sering jadi wisata aktivitas camping atau kemping.

Jam Buka

Tiap Hari 08.30 – 16.00 WIB

Daya Tarik Curug Cikondang

Curug Cikondang ialah air terjun yang ada di Dusun Sukadana, Kabupaten Cianjur. Namanya bukan datang dari bahasa Sunda yang memiliki arti “populer”, tetapi nama tanaman. Populer ialah nama lain dari pohon loa, tanaman dengan keunikan buahnya tumbuh di dahan.

Tetapi, tampaknya istilah “populer” memang selayaknya dipakai oleh air terjun ini. Memiliki bentuk yang masif mengingati orang pada Niagara, air terjun di Amerika. Curug Cikondang memang salah satunya air terjun eksotik yang patut untuk didatangi.

Pemandangan Sejauh Jalan

Lokasi wisata air terjun ini tidak begitu susah untuk dicapai. Tetapi, pengunjung harus sedikit jalan kaki dari tempat parkir lewat jalan setapak agar bisa meraihnya. Jalan setapak ini lumayan gampang dijangkau dan dapat dilewati beragam kelompok.

Jalan setapak ini akan bawa pengunjung jalan telusuri teritori perkebunan teh. Hijaunya bentangan tanaman teh bakal menjadi penyegar mata sepanjang perjalanan. Tidak ada kelirunya menyisihkan waktu untuk berfoto sesaat.

Jarak dari tempat parkir tidak terlalu jauh dengan lokasi air terjun. Sesudah melalui sungai berair jernih, pengunjung akan melalui terasering sawah yang eksotik. Tidak jauh disana, air terjun akan makin terlihat bersamaan ikut terdengar deru air.

Curug Cikondang

Jalan setapak menuju lokasi air terjun diikuti dengan pagar yang dicat berwarna-warna. Jalan ini akan bawa pengunjung dekati air terjun melalui tempat bawah. Terlihat beberapa saung peristirahatan yang nyaman di tepian sungai.

Curug Cikondang mengucur dari sungai yang sempit. Saluran air ini selanjutnya melebar di pinggiran tebing dan jadi mulut air terjun yang lebarnya diprediksi nyaris 30 mtr.. Tinggi jatuhan airnya | lebih kurang 50 mtr..

Melihat curug dari dekat

Curug Cikondang terdiri dari beberapa undakan yang bersusun. Dinding tebingnya warna kehitaman dan dijepit oleh vegetasi alami. Air terjun ini mengucur jadi sungai yang dihias batu-batuan besar di sana-sini.

Pengunjung dapat mendekati air terjun lewat batu-batuan ini. Tempias airnya mempersejuk tempat sekitaran jatuhan air. Untuk keamanan, pengunjung yang ingin bermain air lebih bagus tidak begitu dekati lokasi air terjun. Pengunjung dapat bermain di sungai yang salurannya semakin aman.

Nyaman dan Cantik

Pengunjung bermalam dengan membangun tenda di tempat dekat curug – Photo: Google Maps/Ari Naura Kanal

Semenjak kehadirannya terkenal, faksi pengurus tingkatkan sarana fasilitas dan prasarana di tempat wisata ini. Disekitaran air terjun telah dibuat beberapa warung dan bale-bale peristirahatan. Untuk yang ingin menginap, ada tempat yang cukup buat mendirikan tenda.

Pengunjung berfoto di muka air terjun

Pengelola sediakan spot terbaik untuk ambil photo. Spot ini ada di atas salah satunya batu besar tidak jauh dari air terjun. Ada basis dengan pagar pemisah yang dapat menjadi tempat berpose untuk pengunjung. Berhati-hati bila naiki batu ini pada musim penghujan karena permukaan atasnya akan licin.

Fasilitas Curug Cikondang

Area sekitaran curug diperlengkapi oleh sarana yang komplet dan lumayan memadai. Tempat parkir yang ada memakai lahan-lahan rumah masyarakat di tempat. Toilet, masjid, dan warung makanan ada juga di sini.

Akses dan Lokasi Curug Cikondang

Ada dua jalur yang dapat dipilih untuk ke arah Curug Cikondang. Jalur pertama ialah lewat Cilaku dan Cibeber. Jalur ke-2 yakni melalui Warung Populer dan Lampegan dengan keadaan jalan yang sedikit hancur.

Dari tempat parkir, pengunjung harus jalan kaki ke lokasi Curug Cikondang. Tetapi, tak perlu cemas karena jaraknya tidak begitu jauh dan bisa dilewati pemula.

Objek wisata air terjun ini berada di Dusun Sukadana, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Lokasinya dikitari oleh tempat sawah dan perkebunan teh. Air terjun ini masuk dalam daerah PTPN VIII Panyairan. Tidak ada kendaraan umum yang melewati teritori ini, hingga opsi berkendaraan cuma jatuh pada kendaraan individu roda empat atau roda dua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *