Wisata Kota Bengkulu: Destinasi Wisata Terbaik di Sumatera

Posted on

Kota Bengkulu adalah salah satu kota di Sumatera yang memiliki banyak destinasi wisata menarik. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Kota Bengkulu.

Pantai Panjang

Pantai Panjang terletak di kawasan muara Sungai Serut, Kota Bengkulu. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti restoran, toilet, dan tempat parkir yang luas. Pantai ini juga menjadi tempat yang cocok untuk menikmati matahari terbenam.

Benteng Marlborough

Benteng Marlborough adalah salah satu peninggalan sejarah dari masa penjajahan Inggris di Bengkulu. Benteng ini dibangun pada tahun 1713 dan menjadi salah satu benteng terbesar di Asia Tenggara pada masanya. Saat ini, benteng ini telah dijadikan sebagai museum sejarah dan menjadi salah satu tempat wisata yang menarik di Kota Bengkulu.

Museum Rumah Cut Nyak Dien

Museum Rumah Cut Nyak Dien merupakan rumah dari seorang pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari Aceh. Cut Nyak Dien adalah seorang pejuang yang berjuang melawan penjajah Belanda pada masa perang Aceh. Museum ini berisi berbagai koleksi dari masa perjuangan Cut Nyak Dien, seperti senjata dan pakaian.

Wisata Lainnya:  Wisata Payung di Palembang: Menikmati Keindahan Alam dengan Santai

Curup Tenang

Curup Tenang adalah tempat wisata alam yang terletak di kawasan Bukit Kaba, Kota Bengkulu. Tempat ini terkenal dengan pemandangan alam yang indah dan udara yang segar. Selain itu, Curup Tenang juga menjadi tempat yang populer untuk melakukan kegiatan hiking dan camping.

Kebun Raya Bengkulu

Kebun Raya Bengkulu adalah kebun raya yang terletak di kawasan Air Rambai, Kota Bengkulu. Kebun ini memiliki berbagai macam koleksi tumbuhan, seperti anggrek, bambu, dan pohon kelapa. Selain itu, kebun ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti taman bermain dan tempat parkir.

Kolam Renang Rawa Bangun

Kolam Renang Rawa Bangun adalah kolam renang yang terletak di kawasan Rawa Bangun, Kota Bengkulu. Kolam renang ini memiliki air yang jernih dan bersih serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kamar mandi dan tempat parkir. Selain itu, kolam renang ini juga menjadi tempat yang cocok untuk berenang dan bersantai bersama keluarga.

Bukit Kaba

Bukit Kaba adalah salah satu tempat wisata yang terkenal di Kota Bengkulu. Bukit ini memiliki pemandangan alam yang indah dan udara yang segar. Selain itu, Bukit Kaba juga menjadi tempat yang populer untuk melakukan kegiatan hiking dan camping.

Wisata Lainnya:  Simpang Karya Wisata: Menikmati Liburan yang Tak Terlupakan

Pulau Tikus

Pulau Tikus adalah pulau kecil yang terletak di kawasan Bengkulu Selatan. Pulau ini memiliki pantai yang indah dan air laut yang jernih. Selain itu, Pulau Tikus juga menjadi tempat yang cocok untuk melakukan kegiatan snorkeling dan diving.

Pusat Perbelanjaan

Kota Bengkulu juga memiliki beberapa pusat perbelanjaan yang menarik untuk dikunjungi, seperti Mal Mega Mall dan Pasar Baru Bengkulu. Mal Mega Mall adalah pusat perbelanjaan yang dilengkapi dengan berbagai macam toko dan restoran. Sedangkan Pasar Baru Bengkulu adalah pasar tradisional yang menjual berbagai macam barang, seperti pakaian dan makanan.

Kuliner Bengkulu

Bengkulu juga terkenal dengan makanan khasnya yang lezat, seperti pindang ikan, mie celor, dan pempek. Pindang ikan adalah ikan yang dimasak dengan bumbu khas Bengkulu. Mie celor adalah mie yang disajikan dengan kuah kental yang terbuat dari santan, telur, dan udang. Sedangkan pempek adalah makanan yang terbuat dari ikan yang digiling dan dibentuk seperti bola kemudian digoreng.

Hotel dan Penginapan

Kota Bengkulu memiliki berbagai macam hotel dan penginapan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget. Beberapa hotel dan penginapan yang terkenal di Kota Bengkulu adalah Hotel Santika Bengkulu, Grage Hotel Bengkulu, dan Hotel Rimbo.

Wisata Lainnya:  Wana Wisata Clirit View: Menikmati Keindahan Alam di Tengah Kota

Kesimpulan

Kota Bengkulu adalah salah satu kota di Sumatera yang memiliki banyak destinasi wisata menarik. Beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Kota Bengkulu adalah Pantai Panjang, Benteng Marlborough, Museum Rumah Cut Nyak Dien, Curup Tenang, Kebun Raya Bengkulu, Kolam Renang Rawa Bangun, Bukit Kaba, Pulau Tikus, Pusat Perbelanjaan, dan Kuliner Bengkulu. Selain itu, Kota Bengkulu juga memiliki berbagai macam hotel dan penginapan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget. Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi Kota Bengkulu dan nikmati keindahan alam serta kuliner khasnya!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *