Tiket Masuk Candi Gedong Songo

Tiket Masuk Candi Gedong Songo Semarang, Harga Tiket Masuk Peninggalan Kerajaan Riwayat Mistis Asal Usul

Posted on

Berekreasi ke Semarang tidak kalah menarik dari beberapa kota di tanah air lainnya. Ibu-kota Jawa tengah ini mempunyai beberapa tempat wisata yang memikat dan benar-benar terkenal salah satunya salah satunya ialah Candi Gedong Songo.

Berikut akan di paparkan seluk beluk berkenaan Candi gedong songo semarang, riwayat warisan kerajaan, gambar, mistis, asal mula candi yang berada di jateng tepatnya ada di kecamatan bandungan.

Candi Gedong Songo ialah obyek rekreasi yang bukan hanya tawarkan panorama tetapi dapat belajar riwayat.

Ada info berkaitan yang bercorak pada masa keemasan Hindhu baik pada bahasa indonesia dan dengan bahasa inggris, agama, info terbaru tahun 2022, apa tempat ini menyeramkan, dibikin pada era berapakah, siapa arsitektur, ada di propinsi, berasal darimanakah, membuka jam berapakah, bisa dipakai camping atau mungkin tidak, mistik bukankah, corak, cerpen, beberapa ciri dan letak teritori apa serupa dengan dieng.

Tiket Masuk Candi Gedong Songo Semarang

Akan diterangkan kapan dibangun, apa ada penemuan mirip emas dan apa sarana di sini terhitung filosofi dan bukti-bukti berkenaan Candi Gedong Songo.

Keindahan Lokasi

Candi Gedong Songo adalah lokasi yang jadi magnet beberapa wisatawan baik lokal atau internasional untuk tiba bertandang ke Semarang, Jawa tengah. Candi ini ada di Desa Darum, Des. Candi, Kec. Bandungan, Kab. Semarang, Prov. Jawa tengah.

Tempat ini selalu ramai didatangi beberapa wisatawan. Gedong Songo sendiri bermakna yakni sembilan bangunan candi. Sembilan candi ini menyebar ke teritori rekreasi dengan pemandangan yang indah dan mempesona.

Candi ini berada di tempat selatan lereng Gunung Ungaran yang mempunyai tinggi kurang lebih 1.200 m di atas permukaan air laut. Tersebut penyebabnya suhu di teritori ini cukup menyerang tulang yakni di antara 19 sampai 27 ° Celcius.

Candi Gedong Songo sebagai peninggalan sejarah yang perlu dijaga kelestariannya. Tempat ini selalu harus dirawat dan diperkembangkan secara baik karena benar-benar bermanfaat sebagai bahan belajar beberapa sejarawan atau arkeolog di masa akan tiba.

Maka yakinkan untuk Anda yang tiba bertandang tidak lakukan vandalisme atau buang sampah asal-asalan.

Jarak dari 1 candi ke candi yang lain lokasinya lumayan jauh, maka dari itu perlu energi lebih buat lakukan perjalanan lewat semua. Yakinkan Anda pada keadaan bugar supaya optimal berkunjung candi 1 sampai 9.

Ada beberapa ratus mtr. jarak yang perlu dilakukan untuk capai semua lokasi candi. Tetapi, semua capek akan hancur saat menyaksikan begitu indah panorama dan udara yang beri kesegaran. Kadang Anda akan menemui kabut dingin langsung dari gunung.

Belerang mempunyai manfaat mengobati beberapa penyakit kulit seperti gatal-gatal dan lain sebagainya. Untuk beberapa pengunjung yang kebenaran memiliki masalah dengan kulit, ini patut dicoba.

Disamping itu ada pula kawah yang asapnya mengepul keudara. Saat Anda ada di candi 2 pasti sudah menghirup bau belerang dan disini sumber belerang ada.

Di tempat ini ada sebuah jalan setapak yang bercabang salah satunya ujung jalan setapak ada tulisan ‘Tempat Sakral’. Menurut info tempat itu dipakai untuk tempat pemujaan.

Sesudah Anda melewati lembah di antara candi 3 dan 4, lajur setapaknya tidak demikian terjal daripada awalnya. Jalur berikut yang ke arah kawasan candi 4 dan candi 5.

Harga Tiket Masuk

Harga ticket masuk ke Candi Gedong Songo terhitung dapat dijangkau yakni Rp. 6000 untuk dewasa atau umur diatas 5 tahun dan sebagai wisatawan lokal. Biaya berlainan dikenai untuk beberapa wisatawan asing yatu sejumlah Rp. 50.000/orang.

Ada banyak paket harga jasa wisata kuda di Candi Gedong Songo pada harga termurahnya yakni Rp. 25.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 35.000 untuk pelancong asing. Paket rekreasi paling murah ini namanya Rekreasi Desa.

Selanjutnya ialah paket ke Air Panas dengan harga Rp 60.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 70.000 untuk wisatawan asing.

Selanjutnya ada paket wisata ke Candi II dengan biaya Rp 40.000 untuk wisatawan lokal dan Rp.50.000 untuk pelancong asing.

Sejarah Singkat

Hasil dari riset beberapa arkeolog, Candi Gedong Songo ialah peninggalan kebudayaan Hindhu di era 9 pada periode Wangsa Syailendra sekitaran tahun 927 M.

Pertama kalinya Candi Gedung Songo diketemukan di tahun 1740 M dan penemunya namanya Sir Thomas Stamford Raffles. Pada waktu itu Sir Thomas cuma menemukan 7 bangunan candi hingga diberilah nama Candi Gedong Pitu.

Pitu sendiri diambil dari bahasa jawa yang mempunyai makna tujuh. Nama Candi Gedong Pitu cukup lama dipakai sampai tahun 1908-1911.

Van Stein Callenfels yang ialah seorang arkeolog Belanda lakukan penelitian kembali di kompleks banguna candi gedong pitu sepanjang 3 tahunan. Di tahun 1911 berikut si arkeolog menemukan 2 bangunan candi lainnya.

Jadi semua bangunan candi sejumlah 9 bukan 7 kembali. Tersebut sebabnya sesudah seribu tahun lebih nama Candi Gedong Pitu beralih menjadi Candi Gedong Songo.

Di tahun 1928 sampai tahun 1929 ada pembaruan bangunan candi 1 dan candi 2. Selanjutnya di tahun 1972-1982 pemerintahan Indonesia menyempurnakan keseluruh kompleks candi gedong songo bahkan juga ini masih terjadi sampai sekarang ini.

Wujud candi gedong 1 ialah persegi panjang yang memiliki ukuran tidak demikian besar dan tingginya lebih kurang 4-5 meter. Candi gedong 1 ada di atas kaki candi atau batur dengan tinggi 1 meter.

Adapun candi gedong 2 mempunyai wujud bujur sangkar yang berada di atas batur. Candi 2 mempunyai luas sekitaran 2,2 m2 dengan tinggi capai 1 m. Sisi atas batur candi 2 mempunyai wujud selasar yang lebarnya ialah 0.5 m.

Didekat Candi Gedong Songo ada banyak pula tempat rekreasi yang perlu didatangi.

Salah satunya ialah Curug Tujuh Bidadari, Klenting Kuning Sumowono, Kolam Renang Umbul Sidomukti, Bukit Cinta Banyubiru, Taman Wisata Rawa Permai, Rekreasi pendidikan Langen Tirtoo Ada, Ayana, Kolam pemandian Ada, Pasar Kriya Jawa tengah, Rekreasi kulineran tahu serasi Bandungan, Rekreasi kuliner pemancingan Blater, New Bandungan indah Waterbom, Rekreasi Apung Daerah Rawa Ambarawa, Monumen Palagan Ambarawa, Museum Kereta Api Ambarawa dan lain-lain.

Begitu beberapa informasi berkenaan gambar, harga ticket masuk, jalur jalan, jarak menempuh dan sejarah Candi Gedong Songo Semarang. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.