Tiket Masuk Bendungan Batu Tegi Lampung

Tiket Masuk Bendungan Batu Tegi Lampung

Posted on

Di Provinsi Lampung ada bendungan yang disebut bendungan paling besar di Asia Tenggara. Bendungan yang memiliki luas 3.560 ha ini lebih dikenali oleh warga Lampung bernama Bendungan Batu Tegi.

Lalu apa saja dan bagaimana awalnya berdirinya bendungan ini? Bahkan juga ada korban yang wafat saat periode pembangunan bendungan ini. Baca secara lengkap di bawah ini.

Berikut ialah beberapa bukti yang sukses InfoLpg himpun dari beragam sumber.

Sejarah Bendungan Batu Tegi

Bendungan ini dibuat sejak tahun 1995, selanjutnya disahkan oleh Presiden Indonesia Megawati Soekarnoputri di tahun 2004. Dalam pembangunannya ada banyak cerita yang disebut peristiwa riil di bendungan itu.

Terowongan Bendungan Batu Tegi

Kisah itu terjadi pada suatu terowong yang berada di tempat bendungan. Yakni ada karyawan yang saat itu sedang kerjakan terowong pembuangan air. Tetapi mereka terkena oleh alat berat yang dipakai untuk mengecor semen seberat beberapa puluh ton. Terowongan yang ditangani oleh karyawan itu memiliki diamater beberapa puluh mtr. dan dengan panjang sampai beberapa ratus mtr. kebawah.

Sebanyak

13 orang karyawan tersbeut wafat. Dan beberapa nama mereka tercatat pada suatu monumen yang dibikin disitu.

Kedalaman Bendungan Batu Tegi

Untuk kedalaman bendungan ini tidak ada pengakuan yang jelas. Tetapi bendungan ini bisa memuat debet air sekitar sembilan juta mtr. kubik, karena dipakai untuk pembangkit listri PLTA bendungan ini bisa hasilkan listrik dengan kemampuan sampai 125,2 gigawatt per tahun.

Bendungan

ini menyediakan pasukan listrik untuk PLN sekitar 2x 14 mw yang diutamakan untuk daerah Lampung.

Bendungan Batu Tegi menjadikan satu dua bukit yang tinggi sekali. Dan air yang menggenang menenggelamkan bukit-bukit yang kecil yang ada disamping hilir bendungan.

Diatas bendungan sebagai jalan aspal yang mempunyai lebar 10 m yang diperlengkapi dengan trotoar, pot bunga, lampu jalan dan pagar pemisah.

Lokasi Bendungan Batu Tegi

Bendungan Batu Tegi sebagai bendungan air yang berada di Pekon Batutegi, Kecamatan Air Nanginan, Kabupaten Tanggamus. Bila dari Bandar Lampung karena itu dapat ditempuh dengan perjalanan sekitaran 3 jam pun tidak jauh dari Tempat Rekreasi di Pringsewu.

Untuk

anda yang memakai mobil atau motor bisa lewat Jalan Lintasi Barat ke Talang Padang, Tanggamus. Anda akan menjumpai panduan arah ke arah lokasi bendungan sampai capai wilayah Air Nanginan.

Dan jika tidak mempunyai kendaraan individu, anda dapat naik kendaraan umum. Dapat mengendari bis dari Terminal Rajabasa ke arah Kota Agung. Dari Pasar Talang Padang, anda bisa naik angkutan dusun atau angkudes untuk ke arah Air Nanginan.

Kemudian diteruskan dengan naiki ojek. Sepanjang perjalanan yang jauh ke arah lokasi, anda akan dihidangkan panorama alam sekitaran jalan. Panorama yang asri, natural serta sudah pasti beri kesegaran mata.

Harga Ticket Wisata Bendungan Batu Tegi

Untuk

anda yang ingin berekreasi di Bendungan Batu Tegi karena itu ada dapat bayar ticket masuk pengunjung pada harga Rp.3.000/orang. Sesudah bayar ticket karena itu anda dapat berkunjung dua tempat khusus.

Area pertama sebagai sisi di dalam bendungan selanjutnya tempat ke-2 yakni pelabuhan atau kerap disebutkan dengan Jetty. Bila ingin masuk sisi di dalam bendungan, anda diwajibkan minta ijin lebih dulu ke petugas penjaga pintu.

Dari lokasi ini anda bisa nikmati panorama bukit-bukit disekitaran Landmark dengan hiasan dinding yang bertulis “Bendungan Batutegi”.

Tipe Tiket dan Harga

Umum Rp. 3.000

Jetty Rp. 700.000

Ada juga beberapa masyarakat yang telah mempersiapkan sarana untuk berkeliling-keliling bendungan dengan menggunakan perahu individu. Untuk sewa 1x perputaran yakni sekitaran Rp. 700.000.

Sementara

untuk nikmati Jetty anda akan nikmati satu perjalanan sekalian menyaksikan panorama bukit yang indah. Perjalanan ke arah Jetty ini anda akan didatangkan panorama jalan berliku turun ke arah pelabuhan.

Pas dimuka mata anda akan disuguhi bentangan panorama “kolam air raksasa” dan beberapa puncak bukit sebagai latar belakangnya. Benar-benar pas buat anda yang hoby photo selfie atau hunting photo.

Fungsi Bendungan Batu Tegi

Seperti yang telah disentil di atas, jika bendungan ini dipakai sebagai tempat penampungan air hujan dan untuk menolong mengaliri sawah warga. Disamping itu fungsi bendungan Batu Tegi ini sebagai pembangkit listrik air atau PLTA.

Itulah

beberapa bukti mengenai Bendungan Batu Tegi. Mudah-mudahan menjadi rekomendasi liburan anda ke rekreasi di Tanggamus ini. Selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published.