Menjelajahi Wisata Sidoarjo Jawa Timur

Posted on

Jawa Timur memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu daerah yang menjadi favorit para wisatawan adalah Sidoarjo. Sidoarjo memang tidak sebesar Surabaya atau Malang, namun memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Sidoarjo yang patut untuk dikunjungi.

1. Taman Wisata Alam Mangrove

Taman Wisata Alam Mangrove adalah tempat wisata yang sangat populer di Sidoarjo. Tempat ini memiliki luas sekitar 44 hektar dan terletak di sebelah utara Sidoarjo. Di sana terdapat banyak sekali pohon mangrove yang sangat indah, dan Anda bisa menikmati pemandangan alam yang menakjubkan. Selain itu, Anda juga bisa berkeliling dengan perahu atau menaiki jembatan kayu panjang di atas air.

Wisata Lainnya:  Wisata Mojokerto Ngoro: Keindahan Alam dan Wisata Edukasi

2. Museum Kretek

Bagi Anda yang senang dengan rokok kretek, Museum Kretek adalah tempat yang harus Anda kunjungi. Di sini Anda bisa mengetahui sejarah dan proses pembuatan rokok kretek, serta melihat berbagai macam jenis rokok kretek dari berbagai daerah di Indonesia. Museum ini terletak di Jalan Raya Kedung Turi, Kedung Banteng, Sidoarjo.

3. Taman Hiburan Keluarga Suroboyo

Tempat wisata yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga. Taman Hiburan Keluarga Suroboyo memiliki berbagai macam permainan yang cocok untuk anak-anak dan juga dewasa. Selain itu, di sini juga terdapat wahana air yang sangat menyenangkan. Taman ini terletak di Jalan Raya Sidoarjo, Krian.

4. Wisata Kuliner Sidoarjo

Sidoarjo juga terkenal dengan kuliner yang lezat dan unik. Ada banyak sekali makanan khas Sidoarjo yang patut untuk dicoba, seperti sate kelinci, sate ayam, mie karet, dan masih banyak lagi. Anda bisa mencicipi kuliner khas Sidoarjo di berbagai tempat, seperti di Jalan Pahlawan Sidoarjo atau di pasar tradisional.

Wisata Lainnya:  10 Tempat Wisata di Payakumbuh Terbaru yang Wajib Dikunjungi

5. Masjid Agung Sidoarjo

Masjid Agung Sidoarjo adalah masjid yang terkenal dengan arsitekturnya yang indah dan megah. Masjid ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Sidoarjo. Di dalam masjid ini juga terdapat museum yang menampilkan sejarah Islam di Sidoarjo.

6. Goa Maharani

Goa Maharani adalah goa yang terletak di Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Sidoarjo. Goa ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu memiliki dua lorong yang bisa dilalui. Di dalam goa ini juga terdapat berbagai macam stalaktit dan stalakmit yang sangat indah.

7. Pantai Ria Kenjeran

Pantai Ria Kenjeran adalah pantai yang terletak di Surabaya, namun masih termasuk dalam wilayah Sidoarjo. Pantai ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati suasana pantai yang tenang dan jauh dari keramaian. Di sini juga terdapat banyak warung makan dan tempat parkir yang cukup luas.

8. Monumen Kapal Tujuh

Monumen Kapal Tujuh adalah monumen yang terletak di Desa Pacar Keling, Kecamatan Krembung, Sidoarjo. Monumen ini dibangun untuk mengenang tragedi kapal tujuh yang tenggelam pada tahun 1999. Di sini Anda bisa melihat kapal yang asli dan juga replika kapal tersebut.

Wisata Lainnya:  Destinasi Wisata Jember Terbaru

9. Candi Jawi

Candi Jawi adalah candi Hindu yang terletak di Desa Jawi, Kecamatan Pungging, Sidoarjo. Candi ini dibangun pada abad ke-14 dan masih cukup terawat hingga saat ini. Di dalam candi ini terdapat banyak relief yang menampilkan sejarah Hindu di Jawa Timur.

10. Air Terjun Tancak

Terakhir, ada Air Terjun Tancak yang terletak di Desa Tancak, Kecamatan Prambon, Sidoarjo. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan sangat indah. Anda bisa menikmati keindahan alam di sekitar air terjun ini.

Demikianlah beberapa tempat wisata di Sidoarjo yang patut untuk dikunjungi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin berkunjung ke Sidoarjo. Selamat berlibur!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *