Kunjungi Wisata di Sawahlunto, Kota Bersejarah di Sumatera Barat

Posted on

Sawahlunto merupakan kota kecil yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Meskipun tergolong kota kecil, namun kota ini memiliki sejarah yang panjang dan menarik untuk dijelajahi. Selain itu, Sawahlunto juga memiliki keindahan alam yang memukau dan berbagai wisata menarik yang siap untuk dikunjungi.

Sejarah Kota Sawahlunto

Sawahlunto dikenal sebagai kota tambang batubara tertua di Indonesia. Kota ini didirikan pada tahun 1888 oleh Belanda sebagai pusat pertambangan batubara. Selama masa penjajahan Belanda, Sawahlunto menjadi pusat pengolahan batubara terbesar di Asia Tenggara.

Setelah Indonesia merdeka, pemerintah Indonesia mengambil alih pengelolaan tambang batubara di Sawahlunto. Kota ini kemudian berkembang menjadi kota industri dengan berbagai kegiatan ekonomi yang menjanjikan.

Wisata Sejarah di Sawahlunto

Salah satu wisata yang harus dikunjungi di Sawahlunto adalah Museum Tambang Batubara. Museum ini berlokasi di bekas gedung kantor pengelola tambang batubara yang dibangun pada tahun 1918. Di dalam museum, pengunjung dapat melihat berbagai koleksi yang berkaitan dengan sejarah tambang batubara di Sawahlunto.

Wisata Lainnya:  Destinasi Wisata Vietnam: Nikmati Keindahan Alam dan Budayanya

Selain itu, pengunjung juga dapat mengunjungi Taman Bersejarah Sawahlunto yang terletak di pusat kota. Taman ini memiliki berbagai monumen dan bangunan bersejarah, seperti Gedung Balai Kota Sawahlunto dan Monumen Perjuangan Rakyat Sawahlunto.

Wisata Alam di Sawahlunto

Sawahlunto juga memiliki keindahan alam yang memukau. Salah satu tempat wisata alam yang harus dikunjungi adalah Danau Singkarak. Danau ini memiliki pesona yang indah dengan air yang jernih danau yang begitu luas. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan perbukitan yang hijau di sekitar danau.

Bagi yang suka berpetualang, Gunung Kerinci juga bisa menjadi pilihan wisata menarik. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Sumatera dengan ketinggian mencapai 3.805 meter di atas permukaan laut. Pendakian ke Gunung Kerinci membutuhkan persiapan yang matang dan pengalaman hiking yang cukup. Namun, pemandangan dari puncak Gunung Kerinci akan memuaskan pengunjung yang berhasil mencapainya.

Wisata Kuliner di Sawahlunto

Selain wisata sejarah dan alam, Sawahlunto juga memiliki kuliner yang lezat dan unik. Salah satu kuliner khas Sawahlunto yang harus dicoba adalah Rendang Tambang. Rendang ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah khas Sumatera Barat. Rendang Tambang menjadi kuliner khas Sawahlunto karena dahulu kala para pekerja tambang sering memasak rendang di lokasi tambang.

Wisata Lainnya:  10 Tempat Wisata Dekat Stasiun Padalarang yang Menarik untuk Dikunjungi

Selain Rendang Tambang, pengunjung juga dapat mencicipi berbagai kuliner khas Sumatera Barat lainnya seperti Sate Padang, Nasi Kapau, dan Soto Padang.

Transportasi di Sawahlunto

Untuk menuju ke Sawahlunto, pengunjung dapat menggunakan transportasi udara dengan tujuan Bandara Internasional Minangkabau. Dari bandara, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan menggunakan bus atau mobil sewa ke Sawahlunto.

Di Sawahlunto, pengunjung dapat menggunakan angkutan kota yang tersedia untuk berkeliling kota. Selain itu, pengunjung juga dapat menggunakan jasa ojek atau menyewa mobil untuk perjalanan yang lebih fleksibel.

Akomodasi di Sawahlunto

Sawahlunto memiliki berbagai pilihan akomodasi yang dapat dipilih oleh pengunjung, mulai dari hotel berbintang hingga homestay. Beberapa hotel yang direkomendasikan di Sawahlunto antara lain Hotel New Saphir Sawahlunto dan Hotel Syariah Sawahlunto.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman menginap yang lebih autentik, homestay menjadi pilihan yang tepat. Sawahlunto memiliki beberapa homestay yang nyaman dan ramah di kantong, seperti Homestay Pasar Atas dan Homestay Batu Sari.

Kesimpulan

Sawahlunto merupakan kota yang memiliki sejarah yang panjang dan keindahan alam yang memukau. Kota ini memiliki berbagai wisata menarik yang siap untuk dikunjungi, mulai dari wisata sejarah, alam, hingga kuliner. Pengunjung dapat menikmati berbagai kuliner khas Sumatera Barat dan mencicipi Rendang Tambang yang terkenal di Sawahlunto.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata di Brebes: Menikmati Keindahan Alam dan Budaya Lokal

Transportasi dan akomodasi juga cukup mudah diakses di Sawahlunto, membuat perjalanan menjadi lebih lancar. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi Sawahlunto dan merasakan pengalaman liburan yang berbeda dan unik.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *