Wisata di Wanayasa: Menikmati Keindahan Alam yang Menyejukkan

Posted on

Wanayasa adalah sebuah kecamatan yang terletak di kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Meskipun masih tergolong sebagai destinasi wisata yang baru, Wanayasa menyimpan banyak keindahan alam yang menakjubkan dan sayang untuk dilewatkan begitu saja. Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata di Wanayasa yang patut untuk dikunjungi.

1. Air Terjun Ciambur

Salah satu destinasi wisata yang menarik di Wanayasa adalah air terjun Ciambur. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan terletak di kaki Gunung Parang. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus melewati jalur trekking sejauh 1,5 kilometer. Namun, perjuangan untuk sampai di sana akan terbayar dengan pemandangan alam yang indah dan segar.

2. Kampung Wisata Sinar Jaya

Kampung Wisata Sinar Jaya adalah sebuah kampung wisata yang terletak di Desa Sinar Jaya. Di kampung ini, pengunjung dapat menikmati suasana pedesaan yang masih asri dan alami. Selain itu, pengunjung juga dapat belajar berkebun, memasak, dan membuat kerajinan tangan dari warga setempat. Sangat cocok bagi yang ingin merasakan pengalaman berbeda dan mendapatkan ilmu baru.

3. Curug Cimahi

Curug Cimahi adalah sebuah air terjun yang terletak di kawasan hutan pinus Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Meskipun tidak berada di Wanayasa, curug ini masih dapat dijangkau dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dari Wanayasa. Curug Cimahi memiliki ketinggian sekitar 87 meter dan dikelilingi oleh pepohonan yang hijau dan rindang. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil bermain air di kolam yang ada di bawah air terjun.

4. Gunung Parang

Gunung Parang adalah gunung yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bandung Barat. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.764 meter di atas permukaan laut. Meskipun pendakiannya cukup menantang, pemandangan yang akan didapatkan di puncak gunung sangatlah memuaskan. Pengunjung dapat melihat pemandangan Kota Purwakarta dan Kabupaten Bandung Barat dari atas ketinggian.

Wisata Lainnya:  Jadwal Kereta Api Kertajaya: Mudah dan Efisien untuk Perjalanan Anda

5. Curug Malela

Curug Malela adalah sebuah air terjun yang berada di kawasan hutan lindung Gunung Parang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan terdiri dari 3 tingkat. Pengunjung harus melewati jalur trekking sejauh 2 kilometer untuk sampai ke air terjun ini. Namun, perjuangan untuk sampai di sana akan terbayar dengan pemandangan alam yang indah dan menyegarkan.

6. Desa Wisata Kiarasari

Desa Wisata Kiarasari adalah sebuah desa wisata yang terletak di kaki Gunung Parang. Di desa ini, pengunjung dapat menikmati suasana pedesaan yang masih asri dan alami. Selain itu, pengunjung juga dapat belajar tentang kebudayaan Sunda dan menikmati kuliner khas daerah setempat. Di sini, pengunjung juga dapat menginap di rumah-rumah penduduk dan merasakan pengalaman hidup seperti penduduk asli.

7. Gunung Batu Layang

Gunung Batu Layang adalah sebuah gunung yang terletak di kawasan hutan pinus Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.432 meter di atas permukaan laut. Meskipun tidak sepopuler Gunung Tangkuban Perahu atau Gunung Papandayan, Gunung Batu Layang menyimpan keindahan alam yang tak kalah menarik. Di puncak gunung, pengunjung dapat melihat pemandangan Kota Purwakarta dan Kabupaten Bandung Barat dari atas ketinggian.

8. Danau Cipancar

Danau Cipancar adalah sebuah danau buatan yang terletak di Desa Cipancar. Danau ini dibuat pada tahun 1970-an sebagai sarana irigasi dan memancing. Saat ini, Danau Cipancar telah menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Wanayasa. Pengunjung dapat menikmati pemandangan danau yang indah sambil memancing atau berkeliling dengan perahu.

9. Gunung Bukit Tunggal

Gunung Bukit Tunggal adalah sebuah gunung yang terletak di kawasan hutan pinus Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.429 meter di atas permukaan laut. Meskipun tidak sepopuler Gunung Tangkuban Perahu atau Gunung Papandayan, Gunung Bukit Tunggal menyimpan keindahan alam yang tak kalah menarik. Di puncak gunung, pengunjung dapat melihat pemandangan Kota Purwakarta dan Kabupaten Bandung Barat dari atas ketinggian.

10. Goa Jepang

Goa Jepang adalah sebuah goa yang berada di kawasan hutan pinus Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Goa ini digunakan sebagai tempat perlindungan dan penyimpanan senjata oleh tentara Jepang pada masa Perang Dunia II. Pengunjung dapat melihat bekas-bekas peninggalan tentara Jepang di dalam goa ini, seperti ruang penyimpanan senjata dan bekas pintu masuk bunker.

Wisata Lainnya:  Wisata Gunung Pati Semarang: Menikmati Keindahan Alam yang Spektakuler

11. Hutan Pinus Parongpong

Hutan Pinus Parongpong adalah sebuah hutan pinus yang terletak di kawasan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Hutan ini memiliki luas sekitar 600 hektar dan menjadi tempat favorit untuk berwisata sekaligus berolahraga. Pengunjung dapat berjalan-jalan atau bersepeda di tengah pepohonan pinus yang hijau dan rindang. Di sini juga terdapat beberapa spot foto yang instagramable.

12. Kampung Wisata Cibunar

Kampung Wisata Cibunar adalah sebuah kampung wisata yang terletak di Desa Cibunar. Di kampung ini, pengunjung dapat menikmati suasana pedesaan yang masih asri dan alami. Selain itu, pengunjung juga dapat belajar tentang kebudayaan Sunda dan menikmati kuliner khas daerah setempat. Di sini, pengunjung juga dapat menginap di rumah-rumah penduduk dan merasakan pengalaman hidup seperti penduduk asli.

13. Pemandian Air Panas Cisarua

Pemandian Air Panas Cisarua adalah sebuah tempat pemandian air panas yang terletak di kawasan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Air panas yang keluar dari sumbernya memiliki suhu sekitar 45 derajat Celsius. Pengunjung dapat menikmati suasana alam yang indah sambil merendam tubuh di kolam air panas. Di sekitar pemandian juga terdapat beberapa warung makan dan penginapan.

14. Hutan Pinus Cikondang

Hutan Pinus Cikondang adalah sebuah hutan pinus yang terletak di kawasan Cikondang, Kabupaten Bandung Barat. Hutan ini memiliki luas sekitar 200 hektar dan menjadi tempat favorit untuk berwisata sekaligus berolahraga. Pengunjung dapat berjalan-jalan atau bersepeda di tengah pepohonan pinus yang hijau dan rindang. Di sini juga terdapat beberapa spot foto yang instagramable.

15. Puncak Manglayang

Puncak Manglayang adalah sebuah bukit yang terletak di kawasan hutan pinus Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 1.370 meter di atas permukaan laut. Meskipun tidak sepopuler Gunung Tangkuban Perahu atau Gunung Papandayan, Puncak Manglayang menyimpan keindahan alam yang tak kalah menarik. Di puncak bukit, pengunjung dapat melihat pemandangan Kota Purwakarta dan Kabupaten Bandung Barat dari atas ketinggian.

16. Kampung Wisata Situgede

Kampung Wisata Situgede adalah sebuah kampung wisata yang terletak di Desa Situgede. Di kampung ini, pengunjung dapat menikmati suasana pedesaan yang masih asri dan alami. Selain itu, pengunjung juga dapat belajar tentang kebudayaan Sunda dan menikmati kuliner khas daerah setempat. Di sini, pengunjung juga dapat menginap di rumah-rumah penduduk dan merasakan pengalaman hidup seperti penduduk asli.

Wisata Lainnya:  Pemandian Air Panas Ciater - Surga Wisata di Jawa Barat

17. Air Terjun Cikawari

Air Terjun Cikawari adalah sebuah air terjun yang terletak di kawasan hutan pinus Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan dikelilingi oleh pepohonan yang hijau dan rindang. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil bermain air di kolam yang ada di bawah air terjun.

18. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari adalah sebuah taman bermain yang terletak di kawasan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Taman ini memiliki berbagai wahana permainan yang cocok untuk anak-anak maupun dewasa, seperti roller coaster, kereta api mini, dan sepeda udara. Selain itu, taman ini juga memiliki kolam renang dan area piknik yang nyaman.

19. Desa Wisata Cikondang

Desa Wisata Cikondang adalah sebuah desa wisata yang terletak di kawasan Cikondang, Kabupaten Bandung Barat. Di desa ini, pengunjung dapat menikmati suasana pedesaan yang masih asri dan alami. Selain itu, pengunjung juga dapat belajar tentang kebudayaan Sunda dan menikmati kuliner khas daerah setempat. Di sini, pengunjung juga dapat menginap di rumah-rumah penduduk dan merasakan pengalaman hidup seperti penduduk asli.

20. Air Terjun Cimuja

Air Terjun Cimuja adalah sebuah air terjun yang terletak di kawasan hutan pinus Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan dikelilingi oleh pepohonan yang hijau dan rindang. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil bermain air di kolam yang ada di bawah air terjun.

21. Kampung Wisata Cijujung

Kampung Wisata Cijujung adalah sebuah kampung wisata yang terletak di Desa Cijujung. Di kampung ini, pengunjung dapat menikmati suasana pedesaan yang masih asri dan alami. Selain itu, pengunjung juga dapat belajar tentang kebudayaan Sunda dan menikmati kuliner khas daerah setempat. Di sini, pengunjung juga dapat menginap di rumah-rumah penduduk dan merasakan pengalaman hidup seperti penduduk asli.

22. Taman Wisata Imah Seniman

Taman Wisata Imah Seniman adalah sebuah taman yang terletak di kawasan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Taman ini dihiasi dengan berbagai patung dan instalasi seni yang unik dan menarik. Selain itu, taman ini juga memiliki area bermain untuk anak-anak dan warung makan yang menyajikan kuliner khas daerah setempat.

23. Air Terjun Cis

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *