Harga Tiket Masuk Tebing Keraton

Harga Tiket Masuk Tebing Keraton, Pesona Tebing yang Menakjubkan

Posted on

Jika ada rencana liburan ke Bandung, cobalah untuk berkunjung ke Tebing Keraton yang menakjubkan. Sebelum berkunjung, mengetahui harga tiket masuk Tebing Keraton adalah informasi yang harus dicari tahu.

Selain itu, ketahui juga informasi terkait lainnya, seperti aktivitas dan daya tarik yang ditawarkan, lokasi, bahkan rekomendasi beberapa destinasi wisata serupa. Jadi, Anda akan lebih mengenal seperti apa wisata Tebing Keraton ini.

Harga Tiket Masuk Tebing Keraton dan Informasi Lain

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Tebing Keraton, berikut adalah ulasan mengenai harga tiket masuk Tebing Keraton, lokasi, dan info terkait lainnya. Simak dengan seksama. 

Sekilas Tentang Tebing Keraton

Tebing Keraton adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Bandung. Masih menjadi bagian dari kawasan Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang berada di ketinggian sekitar 1200 mdpl. Sepanjang perjalanan akan ada jajaran pohon pinus di sekitarnya. Konon, sebelumnya tebing ini bernama Bukit Jontor.

Pemandangan yang terlihat dari atas tampak sangat menakjubkan. Meskipun bukan terlihat pemandangan dengan lampu kota yang kerlap-kerlip. Namun, view yang terlihat tetap indah.

Di atas ketinggian Tebing Keraton, Anda bisa menyaksikan keindahan hutan yang lebat dan hijau. Pemandangan yang sangat menyegarkan mata. Keindahan alam seperti ini yang bisa menjadi obat penghilang rasa penat.

Aktivitas dan Daya Tarik Tebing Keraton

Keindahan alam yang disajikan Tebing Keraton dengan bentang alam yang eksotis serta infrastruktur wisata yang baik menjadi salah satu daya tarik tempat ini. Bahkan ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini untuk menambah pengalaman baru. Berikut beberapa kegiatan tersebut:

  • Berfoto dengan background perbukitan yang menakjubkan. Jika berkunjung di pagi hari, pemandangan kabut yang menyelimuti di bawahnya semakin membuat terlihat indah.
  • Dari atas Tebing Keraton bisa menikmati kemegahan dan keindahan momen sunrise dan sunset. Sunrise bisa dilihat sejak pukul 04.30 WIB, namun hasilnya terbayar dengan pemandangan yang sangat indah.
  • Di Tebing Keraton, Anda juga bisa camping dengan meminta izin terlebih dahulu ke pengelola. Di lokasi ada area camping ground yang cukup luas. Suasana malam disini tenang dan bebas polusi membuat bintang langit tampak jelas.
  • Bisa trekking menuju puncak tebing dengan perkiraan waktu sekitar 15 – 30 menit untuk bisa sampai ke puncak. Di perjalanan, Anda akan takjub dengan pemandangan hijau perbukitan dan hutan.
  •  Di kawasan Tebing Keraton ada informasi seputar Sesar Lembang. Sesar ini menurut Pusat Studi Gempa Bumi memiliki panjang 29 km dengan pergerakan 3 –  5.5 mm/tahun. Pengunjung bisa belajar dengan ini dengan pemindaian QR Code. Jadi bisa belajar untuk lebih waspada dan siaga terutama saat ada gempa.
  • Untuk sampai ke Tebing Keraton bisa dilakukan dengan bersepeda. Di tempat ini ada lintasan sepeda yang bisa dilewati.
  • Tebing Keraton terdapat dek dengan alas kayu dan pinggiran terpasang pembatas besi. Di sini, Anda bisa bermeditasi, menenangkan pikiran sambil menikmati udara segar.

Harga Tiket Masuk Tebing Keraton

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam nan menakjubkan ini akan dikenakan biaya tiket masuk. Harga tiket masuk Tebing Keraton masih cukup terjangkau.

Tiket
Tiket Masuk Wisatawan Domestik Rp 17.000
Tiket Masuk Wisatawan Asing Rp 76.000
Parkir Motor Rp 5.000
Parkir Mobil Rp 10.000
Biaya Camping Rp 40.000
Sewa Peralatan Camping Rp 140.000
Jam Operasional
Jam Buka 05.00 – 18.00 WIB
Hari Senin – Minggu

Lokasi Tebing Keraton

Tebing Keraton adalah wisata tebing yang berada dalam kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Juanda, sekitar 13 km timur laut Stasiun Bandung. Alamat lengkapnya adalah di Lembang, Puncak Kordon, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung Barat, Jawa Barat.

Fasilitas Tebing Keraton

Fasilitas yang tersedia di Tebing Keraton cukup mumpuni dan mendukung liburan agar semakin seru. Meski belum terbilang lengkap, tapi pemandangan yang indah akan membuat hati tetap puas. Berikut fasilitas yang ada di sini:

  • Mushola
  • Gazebo
  • Lavatory
  • Warung Makan
  • Toilet
  • Area Parkir
  • Spot foto instagenic

Rekomendasi Wisata Tebing

Selain Tebing Keraton, masih banyak wisata tebing indah yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Berikut di antaranya:

1. Tebing Breksi

Tebing Breksi adalah wisata tebing di Sleman, Yogyakarta yang populer karena bebatuan dengan motif yang indah. Tahun 2015, tebing ini resmi dibuka sebagai tempat wisata. Lokasinya berdekatan dengan Candi Prambanan dan Candi Ijo dengan harga tiket masuk yang terjangkau yaitu Rp10.000.

2. Tebing Bukit Kelam

Tebing Bukit Kelam merupakan tempat wisata yang ada di Sintang, Kalimantan Barat dengan batu setinggi 1.002 mdpl. Bukit ini mendapat gelar monolit terbesar di dunia. Dari atas tebing, bisa menikmati indahnya hamparan sawah. Selain ini, tempat ini juga menjadi tempat memanjat tebing batu berkelas internasional.

3. Tebing Pantai Pandawa

Tebing Pantai Pandawa berada di Bali yang memiliki pemandangan sangat indah. Di sini Anda bisa menikmati indahnya pantai dan hamparan laut yang luas. Corak buatan dan tambahan hiasan patung para pandawa menambah keunikan tebing ini. Tiket masuknya terjangkau sekitar Rp 8.000 dan biaya parkir sesuai kendaraan.

Akhir Kata

Informasi tiket masuk Tebing Keraton di atas adalah hal yang pengunjung harus tahu sebelum datang kesini. Apabila sudah tahu harga tiket masuknya, maka sudah bisa mempersiapkan budget libur dengan lebih matang. Pastikan budget cukup agar bisa mendapatkan liburan yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *