Harga Tiket Masuk Monas

Harga Tiket Masuk Monas dan 5 Tips Kunjungan Anti-Ribet untuk Anda 

Posted on

Jika Anda sedang berlibur di ibukota, kurang lengkap rasanya bila tak sekalian mengunjungi kawasan Monumen nasional (Monas). Tak sekedar melihat bangunan megah saja, ada berbagai hal menarik lain yang bisa Anda lakukan di sini. Namun jika ingin melihat lebih puas, Anda mungkin perlu membayar tiket masuk Monas.

Sekilas tentang Monas 

Monas merupakan ikon kota Jakarta yang sekaligus juga dijadikan sebagai lokasi wisata warga dari berbagai daerah di Tanah Air. Tugu Monas didirikan pada Agustus 1959 dan diresmikan Presiden Soekarno pada 17 Agustus 1961. Monas dinyatakan terbuka untuk umum pada Juli 1975 hingga kini menjadi tujuan wisata dan pusat edukasi masyarakat.

Bukan hanya monumen yang menjulang megah saja, kawasan ini juga dilengkapi berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung. Salah satu yang paling banyak dikunjungi adalah area kuliner Lenggang Jakarta dengan menu wajib dicicipi seperti nasi timbel, ayam talilawang, sate madura dan sebagainya. Ada pula fasilitas penunjang lain seperti akses transportasi kereta, penginapan mushola, toilet yang bahkan juga ramah bagi penyandang disabilitas. 

Hal Menarik di Monas 

Ya, pengunjung ada berbagai hal menarik yang bisa dilakukan pengunjung selama di kawasan Monas. Berikut penjelasan singkat di antaranya: 

1. Menikmati Taman Kota   

Monas memiliki area taman kota yang terpelihara dengan baik. Lokasinya yang asri, rapi dan bersih bisa dimanfaatkan untuk bersantai atau beristirahat sejenak dari lelah perjalanan. Keindahan taman bisa jadi sarana untuk menenangkan diri sejenak dari ramainya kota.  

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Hutan Kota GBK, Tempat Piknik Gratis di Jakarta

2. Olahraga Ringan  

Anda yang menginap di sekitaran Monas, juga bisa memanfaatkan jogging track untuk berolahraga ringan atau sekedar jalan-jalan. Saat pagi maupun sore, Anda bisa berkunjung untuk tetap memastikan kebugaran tubuh selama liburan. 

3. Berfoto dengan Latar Monas dan Karya Seni Lainnya 

Tak hanya tugu Monas yang berdiri tegak, Anda juga bisa mengabadikan momen di lokasi tersebut dengan berbagai karya seni apik sebagai latar. Sebut saja beberapa patung yang ada di sekitar Monas yang memiliki nilai seni dan patut diapresiasi.  

4. Menikmati Atraksi Air Mancur Menari  

Pada hari tertentu, Sabtu malam dan Minggu malam, terdapat atraksi menarik yang sayang untuk dilewatkan di Monas. Pada momen tersebut, Anda bisa menyaksikan atraksi air mancur menari yang selalu berhasil mengundang decak kagum pengunjung.  

5. Museum Sejarah Nasional  

Sebagai sarana edukasi, Monas juga memiliki museum sejarah Nasional yang juga tak ada salahnya Anda kunjungi bersama rombongan atau keluarga. Museum dengan luas 80 x 80 meter persegi ini bisa menjadi sarana untuk mengenalkan tentang sejarah perjalanan bangsa 

6. Tugu Monas  

Tentu saja, hal paling menarik di sini adalah tugu Monas itu sendiri. Dan untuk menikmati kemegahan monumen tersebut secara utuh, Anda wajib naik ke tugu sekaligus menyaksikan keindahan kota Jakarta dari ketinggian. Di bagian atas Monas, terdapat tugu api dari bahan perunggu berlapis emas seberat 50 kg yang melambangkan semangat pejuang bangsa Indonesia. 

Harga Tiket Masuk Monas 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, untuk bisa masuk ke kawasan Monas, pengunjung tidak dikenakan biaya. Namun, jika pengunjung ingin masuk ke dalam Monas, ada biaya yang perlu dikeluarkan dengan skema berupa pembelian kartu elektronik sebagai berikut:  

Jenis Tiket Puncak Monas Cawan & Museum
Tiket Masuk Dewasa Rp15.000 Rp5.000
Tiket Masuk Anak Rp4.000 Rp2.000
Tiket Masuk Mahasiswa Rp8.000 Rp3.000
Jakcard (Harga Kartu + Saldo Awal) Rp40.000
Wisata Lainnya:  Wisata Kuliner Boyolali: Menikmati Kelezatan Kuliner Khas Boyolali

Keterangan: 

  • Tiket masuk puncak termasuk akses ke Pelataran Puncak, Museum Sejarah Nasional, Ruang Kemerdekaan dan Pelataran Cawan. 
  • Tiket masuk cawan termasuk akses ke Ruang Museum, Ruang Kemerdekaan dan Pelataran Cawan. 
  • Tiket Jakcard termasuk saldo awal Rp20.000 dan dapat dipakai untuk lebih dari 1 orang. Kartu Jakcard bisa didapatkan di loket Monas. 

Tiket berlaku untuk sesi tertentu sesuai dengan jam pembelian (pagi, siang dan malam). Misalnya, pengunjung membeli tiket masuk pagi, maka tiket tersebut hanya bisa digunakan untuk pagi hari saja dan tidak berlaku untuk siang atau malam harinya. Tidak diperkenankan membeli tiket untuk sesi berikutnya, misalnya beli di pagi hari untuk kunjungan siang atau malam. 

Perlu diketahui pula bahwa Anda baiknya tidak berkunjung di luar jam operasional pengelola Monas. Nah, Anda bisa menjadwalkan kunjungan ke Monas untuk hari Selasa hingga hari Minggu karena pada hari Senin tutup (kecuali hari libur nasional jatuh pada hari Senin). Berikut jam operasional Monas (SelasaMinggu): 

  • SelasaMinggu (Kawasan Monas) pukul 06.00 16.00 WIB 
  • SelasaMinggu (Tugu Monas) pukul 08.00 16.00 WIB 
  • Malam hari buka pukul 19.00 22.00 WIB 

Lokasi Monas 

Tak sulit untuk menemukan lokasi Monas di Jl. Silang Monas, Gambir, Jakarta Pusat, tepatnya di Lapangan Medan Merdeka. Anda bisa menggunakan Bus Transjakarta tujuan Kota-Blok M atau Pulogadung lalu turun di Halte Monumen Nasional. Atau, Anda yang commuter line, bisa turun di Stasiun Gondangdia lalu lanjutkan dengan naik bus Kopaja P 20 Pasar Senen, turun di Stasiun Gambir kemudian jalan kaki ke Monas. 

5 Tips Berkunjung di Monas 

Apa saja yang sebaiknya Anda persiapkan sebelum ke Monas? Tentu saja, jawabannya tergantung pada tujuan dari kunjungan Anda. Secara umum, berikut tips wisata yang perlu dipersiapkan agar liburan Anda menyenangkan di Monas:   

Wisata Lainnya:  5 Fakta Patung Garuda Wisnu Kencana Bali

1. Jadwalkan Rute Perjalanan 

Apabila Anda masih asing, atau menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya Anda mengetahui dan menjadwalkan rute perjalanan Anda. Mengingat ibukota adalah wilayah yang luas, padat dengan jalur yang bisa cukup membingungkan. Pastikan rute yang Anda pilih adalah yang paling memungkinkan, paling cepat dan mudah dihafal.    

2. Pilih Waktu Kunjungan yang Tepat 

Pada hari-hari tertentu seperti pada libur sekolah atau hari libur nasional, Monas bisa dipadati hingga 6.000 pengunjung. Jika Anda ingin lebih intim menikmati Monas, baiknya hindari momen-momen ramai seperti ini. Selain itu, jadwalkan pula kunjungan Anda sejak pagi jika tak ingin lama mengatre masuk ke Tugu Monas.  

3. Temukan Parkir 

Saat ini, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi bisa memarkir kendaraannya di taman parkir di Jl. Merdeka Selatan. Baiknya, pilih lokasi parkir di ujung barat yang dekat dengan pintu masuk pengunjung. Biaya parkir di tempat ini sekitar Rp2000/ jam, ditambah ongkos juru parkir mulai Rp2.000 saja. 

4. Bawa Payung 

Jika terpaksa lokasi parkir Anda cukup jauh, sebaiknya bawa payung untuk menghindari sengatan sinar matahari. Selain itu, area Monas yang luas juga bisa cukup terbuka meskipun sudah ada pohon-pohon besar yang rindang. Belum lagi jika Anda harus terjebak antrean panjang dan berpanas-panasan. 

5. Cek Antrean Masuk Tugu 

Jika Anda berencana untuk masuk ke Tugu Monas, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan antrean terlebih dahulu. Apabila dirasa terlalu panjang, Anda bisa menunggu hingga antrean berkurang sambil berfoto-foto atau melakukan kegiatan lainnya di sekitar.  

Akhir Kata 

Bagaimana, sudah siap untuk membeli tiket masuk Monas dan menyaksikan sendiri seperti apa kemegahan sekaligus isi dari monumen kebanggaan Indonesia tersebut?  

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *