Desa Wisata Kubu Gadang: Wisata Alam Terbaik di Sumatera Barat

Posted on

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan budaya dan alamnya. Salah satu destinasi wisata yang sedang naik daun di Sumatera Barat adalah Desa Wisata Kubu Gadang. Desa Wisata Kubu Gadang memiliki keindahan alam yang memukau dengan hamparan sawah dan hutan yang masih asri. Selain itu, desa wisata ini juga memiliki sejarah yang unik dan menarik untuk dikunjungi.

Keunikan Desa Wisata Kubu Gadang

Desa Wisata Kubu Gadang terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Desa ini dikelilingi oleh pegunungan dan memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Namun, keunikan desa ini tidak hanya terletak pada keindahan alamnya saja. Desa Wisata Kubu Gadang juga memiliki sejarah yang unik dan menarik.

Desa Wisata Kubu Gadang dulunya merupakan tempat tinggal suku Kubu Gadang. Suku ini merupakan suku asli Sumatera Barat yang hidup di hutan dan tidak mengenal budaya modern. Namun, pada tahun 1980-an, suku Kubu Gadang dipindahkan oleh pemerintah ke daerah yang lebih teratur dan modern. Setelah suku Kubu Gadang pindah, desa ini kemudian dijadikan sebagai desa wisata.

Wisata Lainnya:  Wisata Gunung Klotok Kediri: Keindahan Alam yang Menakjubkan

Keunikan lain dari Desa Wisata Kubu Gadang adalah adanya rumah gadang. Rumah gadang adalah rumah adat suku Minangkabau yang memiliki ciri khas atap berbentuk tanduk kerbau. Rumah gadang di Desa Wisata Kubu Gadang masih dipertahankan dan dijaga keasliannya. Wisatawan dapat melihat langsung keindahan rumah gadang dan belajar tentang adat dan budaya Minangkabau dari penduduk setempat.

Wisata Alam di Desa Wisata Kubu Gadang

Desa Wisata Kubu Gadang memiliki keindahan alam yang memukau. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam dengan berjalan-jalan di sekitar desa atau mengikuti trekking di pegunungan sekitar. Selain itu, desa ini juga memiliki hamparan sawah yang luas dan masih asri. Wisatawan dapat menikmati keindahan sawah dan bergabung dengan petani setempat untuk belajar memanen padi.

Selain itu, Desa Wisata Kubu Gadang juga memiliki air terjun yang sangat indah. Air terjun yang ada di desa ini adalah Air Terjun Lembah Anai dan Air Terjun Sianok. Kedua air terjun ini memiliki keindahan yang sangat memukau dan menjadi tempat favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke desa wisata ini.

Wisata Lainnya:  Wisata Kalteng: Keindahan Alam yang Menakjubkan di Tengah Bumi Kalimantan

Akomodasi dan Transportasi di Desa Wisata Kubu Gadang

Desa Wisata Kubu Gadang memiliki berbagai pilihan akomodasi untuk wisatawan yang berkunjung. Wisatawan dapat memilih menginap di homestay yang disediakan oleh penduduk setempat atau di hotel yang terletak di sekitar desa. Selain itu, desa ini juga memiliki restoran yang menyajikan kuliner khas Sumatera Barat yang lezat dan murah meriah.

Transportasi menuju Desa Wisata Kubu Gadang dapat dilakukan dengan angkutan umum atau mobil pribadi. Jarak dari kota Padang ke Desa Wisata Kubu Gadang sekitar 90 km atau sekitar 2 jam perjalanan dengan mobil. Namun, wisatawan dapat juga menggunakan angkutan umum seperti bus atau travel yang tersedia di kota Padang.

Keuntungan Berkunjung ke Desa Wisata Kubu Gadang

Berkunjung ke Desa Wisata Kubu Gadang memiliki banyak keuntungan. Selain menikmati keindahan alam dan budaya Minangkabau yang masih asli, wisatawan juga dapat belajar tentang kehidupan suku Kubu Gadang yang unik dan menarik. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati kuliner khas Sumatera Barat yang lezat dan murah meriah. Desa Wisata Kubu Gadang juga cocok bagi wisatawan yang ingin merasakan pengalaman berlibur yang berbeda dengan suasana yang tenang dan damai.

Wisata Lainnya:  Wisata Rinjani: Mengagumkan dan Memukau

Kesimpulan

Desa Wisata Kubu Gadang merupakan wisata alam yang sangat indah di Sumatera Barat. Selain keindahan alamnya, desa ini juga memiliki budaya dan sejarah yang unik dan menarik. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam, belajar tentang budaya Minangkabau, dan merasakan pengalaman berlibur yang berbeda. Jadi, jika Anda sedang mencari destinasi wisata yang menarik di Sumatera Barat, jangan lupa untuk mengunjungi Desa Wisata Kubu Gadang.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *