Desa Wisata Kebonagung: Menikmati Pesona Alam Jawa Timur dengan Lebih Dekat

Posted on

Jawa Timur memang terkenal dengan keindahan alamnya. Mulai dari pantai, gunung, hingga wisata budaya, semuanya bisa kamu temukan di sini. Salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah Desa Wisata Kebonagung. Berlokasi di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, desa ini menawarkan pesona alam yang memukau, serta budaya dan tradisi yang masih terjaga.

Sejarah Desa Wisata Kebonagung

Desa Wisata Kebonagung awalnya adalah sebuah desa biasa di daerah Kecamatan Singosari. Namun, pada tahun 2005, pemerintah setempat memutuskan untuk mengubah desa ini menjadi desa wisata. Tujuannya adalah untuk mempromosikan kekayaan alam dan budaya yang ada di daerah tersebut, serta memberikan peluang ekonomi bagi warga setempat.

Sejak itu, Desa Wisata Kebonagung terus berkembang dan menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Jawa Timur. Pemerintah setempat juga terus berusaha untuk memperbaiki dan memperluas fasilitas yang ada, sehingga wisatawan bisa lebih nyaman dan menikmati pengalaman yang lebih baik.

Keindahan Alam Desa Wisata Kebonagung

Desa Wisata Kebonagung memiliki keindahan alam yang luar biasa. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan perbukitan yang hijau, sawah yang luas, dan sungai yang jernih. Ada juga beberapa air terjun yang menawan, seperti Air Terjun Cubung, Air Terjun Tancak, dan Air Terjun Putuk. Kamu bisa berenang atau bermain air di sini, atau hanya duduk dan menikmati keindahan alam sekitar.

Wisata Lainnya:  Bukit Bintang Jogja: Keindahan Alam yang Mempesona di Tengah Kota

Selain itu, di Desa Wisata Kebonagung juga terdapat beberapa peternakan yang menarik. Kamu bisa berkunjung ke peternakan sapi, peternakan kambing, atau peternakan ikan. Di sini, kamu bisa belajar tentang cara beternak, atau hanya berinteraksi dengan hewan-hewan yang lucu dan menggemaskan.

Wisata Budaya dan Tradisi

Desa Wisata Kebonagung juga menawarkan wisata budaya dan tradisi yang menarik. Kamu bisa mengunjungi rumah adat Jawa yang masih terjaga, atau belajar tentang tari-tarian tradisional yang masih dipertahankan oleh masyarakat setempat. Ada juga pasar tradisional yang menjual berbagai macam produk lokal, seperti kerajinan tangan, makanan khas, dan oleh-oleh.

Di sini, kamu juga bisa mencoba berbagai macam kegiatan tradisional, seperti menanam padi, memerah susu sapi, atau membuat kerajinan tangan. Kamu akan diajari oleh para petani atau pengrajin setempat, sehingga kamu bisa mendapatkan pengalaman yang unik dan berbeda dari biasanya.

Fasilitas yang Tersedia di Desa Wisata Kebonagung

Desa Wisata Kebonagung memiliki berbagai macam fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan wisatawan. Ada beberapa homestay yang bisa kamu sewa, sehingga kamu bisa menginap di desa ini dan merasakan suasana yang lebih dekat dengan masyarakat setempat. Selain itu, ada juga beberapa restoran atau warung makan yang menyajikan makanan khas daerah, serta toko souvenir yang menjual berbagai macam oleh-oleh.

Wisata Lainnya:  Menikmati Keindahan Destinasi Wisata Banyumas

Untuk kegiatan wisata, kamu bisa menyewa sepeda atau motor untuk berkeliling desa, atau menggunakan jasa guide yang disediakan oleh pemerintah setempat. Ada juga beberapa tempat parkir yang aman dan mudah dijangkau.

Cara Menuju Desa Wisata Kebonagung

Desa Wisata Kebonagung terletak sekitar 30 km dari Kota Malang. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum untuk menuju ke sana. Jika menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa mengikuti jalur Malang-Kepanjen-Singosari-Kebonagung. Jika menggunakan kendaraan umum, kamu bisa naik bus atau angkutan kota dari Terminal Arjosari Malang ke Terminal Tumpang, lalu naik angkutan kota lagi ke Desa Wisata Kebonagung. Perjalanan dari Kota Malang ke desa ini memakan waktu sekitar 1-2 jam, tergantung dari kondisi lalu lintas.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Untuk masuk ke Desa Wisata Kebonagung, kamu akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk ke beberapa objek wisata di dalam desa, seperti peternakan sapi, peternakan kambing, dan pasar tradisional. Namun, untuk masuk ke objek wisata lainnya, seperti air terjun atau rumah adat, kamu akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 10.000-15.000 per orang.

Wisata Lainnya:  Kapal Laut Balikpapan Surabaya: Transportasi Laut Yang Efektif

Desa Wisata Kebonagung buka setiap hari dari pukul 08.00-17.00. Namun, untuk objek wisata tertentu, seperti air terjun atau rumah adat, jam buka bisa berbeda-beda. Kamu bisa menanyakan informasi lebih lanjut kepada petugas yang ada di sana.

Kesimpulan

Desa Wisata Kebonagung adalah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Jawa Timur. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan alam yang memukau, serta belajar tentang budaya dan tradisi yang masih terjaga. Fasilitas yang tersedia juga memadai, sehingga kamu bisa merasa lebih nyaman dan menikmati pengalaman yang lebih baik. Jangan lupa untuk datang ke sana dan rasakan pengalaman yang unik dan berbeda dari biasanya!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *