Wisata Wonogiri Terbaru: Menikmati Pesona Alam yang Menakjubkan

Posted on

Wonogiri merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini menyimpan berbagai pesona alam yang menakjubkan, mulai dari pegunungan, air terjun, dan pantai. Bagi para pecinta wisata alam, Wonogiri adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Berikut adalah beberapa wisata Wonogiri terbaru yang bisa menjadi pilihan untuk liburan.

1. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong merupakan salah satu wisata pantai yang terletak di Desa Karangwuni, Kecamatan Paranggupito. Pantai ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya di Wonogiri, yaitu adanya karang bolong yang bisa dilewati oleh pengunjung. Selain itu, pantai ini juga memiliki panorama yang indah dan dihiasi dengan bebatuan karang yang menjulang tinggi.

2. Air Terjun Kedung Tritis

Air Terjun Kedung Tritis terletak di Dusun Karangtengah, Desa Ngadirojo, Kecamatan Ngadirojo. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan airnya yang jernih dan segar. Selain itu, di sekitar air terjun juga terdapat pemandangan alam yang indah dan cocok untuk foto-foto.

3. Bukit Kukusan

Bukit Kukusan terletak di Desa Girimulyo, Kecamatan Girimarto. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 400 meter dan mempunyai pemandangan yang sangat indah. Dari atas bukit, pengunjung bisa melihat panorama alam yang luas, seperti pegunungan dan sawah yang hijau. Selain itu, di bukit ini juga terdapat rumah-rumah warga yang unik dan bisa dijadikan objek foto.

4. Goa Jatijajar

Goa Jatijajar terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Pracimantoro. Goa ini memiliki kedalaman sekitar 45 meter dan memiliki stalaktit dan stalakmit yang indah. Di dalam goa juga terdapat air terjun kecil yang airnya yang sangat jernih. Pengunjung bisa berenang atau sekadar berendam di air terjun tersebut.

Wisata Lainnya:  8 Tempat Rekomendasi Wisata di Sekitar Soreang & Ciwidey

5. Desa Wisata Giri Tirta

Desa Wisata Giri Tirta terletak di Kecamatan Giriwoyo. Desa ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh desa-desa lain di Wonogiri, yaitu adanya air terjun yang bisa dinikmati di tengah-tengah desa. Selain itu, di desa ini juga terdapat berbagai tempat wisata lain, seperti Pemandian Banyu Tibo dan Puncak Gunung Kembar.

6. Curug Gondosuli

Curug Gondosuli terletak di Desa Gondosuli, Kecamatan Selogiri. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan airnya yang segar dan jernih. Di sekitar curug juga terdapat bebatuan karang yang indah dan bisa dijadikan tempat berfoto.

7. Gunung Cetho

Gunung Cetho terletak di Desa Cetho, Kecamatan Jenawi. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1653 meter di atas permukaan laut dan memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Di puncak gunung, terdapat sebuah candi yang bernama Candi Cetho yang sangat terkenal di Wonogiri.

8. Desa Wisata Giri Arjuna

Desa Wisata Giri Arjuna terletak di Kecamatan Jatisrono. Desa ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh desa-desa lain di Wonogiri, yaitu adanya spot foto bertema Jepang yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Selain itu, di desa ini juga terdapat berbagai tempat wisata lain, seperti Air Terjun Giri Arjuna dan Puncak Gunung Gajah.

9. Curug Ngumpet

Curug Ngumpet terletak di Desa Ngumpet, Kecamatan Jatiroto. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan airnya yang segar dan jernih. Di sekitar curug juga terdapat hutan yang masih asri dan bisa dijadikan tempat berjalan-jalan.

10. Pantai Nampu

Pantai Nampu terletak di Desa Nampu, Kecamatan Paranggupito. Pantai ini memiliki panorama alam yang sangat indah, seperti bebatuan karang yang menjulang tinggi dan ombak yang besar. Di pantai ini juga terdapat berbagai fasilitas pendukung, seperti penginapan, restoran, dan tempat parkir.

11. Air Terjun Sendang Tirta

Air Terjun Sendang Tirta terletak di Desa Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan airnya yang sangat jernih. Di sekitar air terjun juga terdapat bebatuan karang yang indah dan bisa dijadikan tempat berfoto.

12. Bukit Gua Langse

Bukit Gua Langse terletak di Desa Ngesrep, Kecamatan Purwantoro. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 400 meter dan mempunyai pemandangan yang sangat indah. Dari atas bukit, pengunjung bisa melihat panorama alam yang luas, seperti sawah yang hijau dan pegunungan yang menjulang tinggi.

Wisata Lainnya:  Prigen Wisata - Tempat Wisata Keluarga di Jawa Timur

13. Pantai Klayar

Pantai Klayar terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo. Pantai ini memiliki panorama yang sangat indah, seperti bebatuan karang yang menjulang tinggi dan ombak yang besar. Di pantai ini juga terdapat berbagai fasilitas pendukung, seperti penginapan, restoran, dan tempat parkir.

14. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog terletak di Desa Jumog, Kecamatan Jatipurno. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan airnya yang segar dan jernih. Di sekitar air terjun juga terdapat hutan yang masih asri dan bisa dijadikan tempat berjalan-jalan.

15. Puncak Lawu

Puncak Lawu terletak di perbatasan antara Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Karanganyar. Puncak ini memiliki ketinggian sekitar 3265 meter di atas permukaan laut dan merupakan salah satu gunung tertinggi di Jawa Tengah. Di puncak gunung, pengunjung bisa melihat pemandangan alam yang sangat indah, seperti pegunungan dan awan yang berarak-arak.

16. Curug Cipendok

Curug Cipendok terletak di Desa Ngawi, Kecamatan Ngadirojo. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan airnya yang sangat segar dan jernih. Di sekitar curug juga terdapat hutan yang masih asri dan bisa dijadikan tempat berjalan-jalan.

17. Pantai Tawangmangu

Pantai Tawangmangu terletak di Desa Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu. Pantai ini memiliki panorama yang sangat indah, seperti bebatuan karang yang menjulang tinggi dan ombak yang besar. Di pantai ini juga terdapat berbagai fasilitas pendukung, seperti penginapan, restoran, dan tempat parkir.

18. Air Terjun Jumprit

Air Terjun Jumprit terletak di Desa Jumprit, Kecamatan Tirtomoyo. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan airnya yang segar dan jernih. Di sekitar air terjun juga terdapat hutan yang masih asri dan bisa dijadikan tempat berjalan-jalan.

19. Bukit Bedayan

Bukit Bedayan terletak di Desa Ngesrep, Kecamatan Purwantoro. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 300 meter dan mempunyai pemandangan yang sangat indah. Dari atas bukit, pengunjung bisa melihat panorama alam yang luas, seperti sawah yang hijau dan pegunungan yang menjulang tinggi.

20. Pantai Klayar Timur

Pantai Klayar Timur terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo. Pantai ini memiliki panorama yang sangat indah, seperti bebatuan karang yang menjulang tinggi dan ombak yang besar. Di pantai ini juga terdapat berbagai fasilitas pendukung, seperti penginapan, restoran, dan tempat parkir.

Wisata Lainnya:  Wisata di Amerika: Nikmati Keindahan dan Kegembiraan di Negeri Paman Sam

21. Air Terjun Kedung Sapi

Air Terjun Kedung Sapi terletak di Desa Kemiri, Kecamatan Jatipurno. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan airnya yang segar dan jernih. Di sekitar air terjun juga terdapat hutan yang masih asri dan bisa dijadikan tempat berjalan-jalan.

22. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Garung. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 2500 meter di atas permukaan laut dan mempunyai pemandangan yang sangat indah. Dari atas bukit, pengunjung bisa melihat panorama alam yang luas, seperti pegunungan dan awan yang berarak-arak.

23. Pantai Siung

Pantai Siung terletak di Kecamatan Paranggupito. Pantai ini memiliki panorama yang sangat indah, seperti bebatuan karang yang menjulang tinggi dan ombak yang besar. Di pantai ini juga terdapat berbagai fasilitas pendukung, seperti penginapan, restoran, dan tempat parkir.

24. Air Terjun Jogan

Air Terjun Jogan terletak di Desa Jogan, Kecamatan Girimarto. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan airnya yang segar dan jernih. Di sekitar air terjun juga terdapat hutan yang masih asri dan bisa dijadikan tempat berjalan-jalan.

25. Bukit Parang Endog

Bukit Parang Endog terletak di Desa Parang Endog, Kecamatan Paranggupito. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 300 meter dan mempunyai pemandangan yang sangat indah. Dari atas bukit, pengunjung bisa melihat panorama alam yang luas, seperti pegunungan dan sawah yang hijau.

26. Pantai Ngliman

Pantai Ngliman terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Paranggupito. Pantai ini memiliki panorama yang sangat indah, seperti bebatuan karang yang menjulang tinggi dan ombak yang besar. Di pantai ini juga terdapat berbagai fasilitas pendukung, seperti penginapan, restoran, dan tempat parkir.

27. Air Terjun Tirta Pani

Air Terjun Tirta Pani terletak di Desa Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan airnya yang segar dan jernih. Di sekitar air terjun juga terdapat hutan yang masih asri dan bisa dijadikan tempat berjalan-jalan.

28. Bukit Sinta

Bukit Sinta terletak di Desa Sinta, Kecamatan Purwantoro. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 300

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *