Wisata Tayan: Pesona Alam Kalimantan Barat yang Belum Terkenal

Posted on

Wisata Tayan merupakan salah satu destinasi wisata alam yang ada di Kalimantan Barat. Terletak sekitar 120 km dari Kota Pontianak, Tayan menawarkan pesona alam yang masih asri dan belum terlalu banyak dijamah oleh wisatawan. Dengan suasana yang tenang dan damai, Tayan menjadi tempat yang cocok untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

Pesona Sungai Kapuas

Tayan terletak di sepanjang Sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia. Wisatawan bisa menikmati keindahan sungai ini dengan mengikuti tur keliling sungai. Selain menikmati pemandangan alam, wisatawan juga bisa melihat berbagai macam hewan yang hidup di sekitar sungai seperti buaya, ular, dan burung-burung.

Keindahan Air Terjun

Tayan juga terkenal dengan air terjunnya yang memukau. Air terjun terbesar di Tayan bernama Air Terjun Tanjung Bunga. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan airnya begitu jernih. Di sekitar air terjun, terdapat juga area camping ground yang bisa digunakan untuk berkemah.

Wisata Lainnya:  28 Tempat Wisata di Los Angeles yang Wajib Dikunjungi

Menikmati Pemandangan dari Bukit

Tayan juga memiliki beberapa bukit yang menawarkan pemandangan indah. Salah satu bukit yang terkenal adalah Bukit Kelam. Dari puncak bukit, wisatawan bisa melihat keindahan Sungai Kapuas dan hutan-hutan yang hijau. Wisatawan juga bisa menikmati sunset yang mempesona di sini.

Menjelajahi Hutan

Tayan memiliki hutan yang masih asri dan belum terlalu banyak dijamah oleh manusia. Wisatawan bisa menjelajahi hutan ini dengan cara trekking atau hiking. Di dalam hutan, wisatawan bisa melihat berbagai macam flora dan fauna yang hidup di sana.

Menikmati Kuliner Khas Tayan

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Tayan tanpa mencicipi kuliner khasnya. Salah satu makanan khas Tayan adalah Nasi Aron, nasi yang dibungkus daun lontar dan dimasak dengan cara dipanggang. Selain itu, ada juga Sate Kelinci yang rasanya begitu lezat.

Menikmati Keindahan Malam

Di malam hari, wisatawan bisa menikmati keindahan langit di Tayan. Karena masih tergolong sebagai daerah yang belum terlalu padat, langit di Tayan masih sangat jernih dan bisa melihat bintang-bintang dengan jelas.

Wisata Lainnya:  Sebutkan Contoh Kegiatan di Tempat Wisata yang Menyenangkan

Informasi Penting Sebelum Berkunjung

Sebelum berkunjung ke Tayan, ada beberapa informasi penting yang perlu diketahui. Pertama, akses ke Tayan masih terbilang sulit karena jalanan yang belum begitu baik. Kedua, wisatawan disarankan membawa perlengkapan yang cukup karena fasilitas di Tayan masih terbatas. Ketiga, wisatawan juga disarankan membawa obat anti nyamuk karena hutan di Tayan masih sangat lebat.

Kesimpulan

Wisata Tayan merupakan destinasi wisata alam yang menawarkan keindahan alam Kalimantan Barat yang belum terlalu banyak dijamah oleh wisatawan. Dari sungai, air terjun, bukit, hutan, hingga kuliner khasnya, Tayan menawarkan pengalaman wisata yang berbeda dari destinasi wisata lainnya. Meskipun akses ke Tayan masih terbilang sulit, namun keindahan yang ditawarkan membuat perjalanan ke sana sangatlah sepadan.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *