Menjelajahi Wisata Sragen Tersembunyi

Posted on

Sragen adalah salah satu kota kecil di Jawa Tengah yang terkenal dengan wisata alamnya yang menakjubkan. Meski tergolong kecil, namun ternyata Sragen memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Namun, tidak semua wisata di Sragen terkenal secara umum. Ada beberapa wisata tersembunyi yang hanya diketahui oleh sebagian orang saja. Inilah yang membuat wisata Sragen tersembunyi menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Pantai Bendo

Pantai Bendo adalah salah satu wisata tersembunyi di Sragen. Pantai ini terletak di Desa Bendo, Kecamatan Sine. Meski tergolong wisata tersembunyi, namun pantai ini memiliki keindahan yang luar biasa. Pantai Bendo memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga memiliki karang-karang yang indah dan cocok untuk snorkeling. Pantai Bendo sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai dengan suasana yang tenang dan sepi.

Candi Sukuh

Candi Sukuh adalah salah satu candi Hindu yang terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso. Candi ini terletak di lereng Gunung Lawu dan memiliki pemandangan yang indah. Candi Sukuh memiliki arsitektur yang unik dan berbeda dengan candi Hindu pada umumnya. Selain itu, di sekitar Candi Sukuh juga terdapat kebun-kebun teh yang menambah keindahan pemandangan. Candi Sukuh sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan budaya dan sejarah.

Goa Jatijajar

Goa Jatijajar adalah goa yang terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Sumberlawang. Goa ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Goa Jatijajar memiliki stalaktit dan stalakmit yang indah dan menakjubkan. Selain itu, di dalam goa juga terdapat air terjun yang menambah keindahan goa. Goa Jatijajar sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dengan suasana yang sejuk dan alami.

Kampung Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyan adalah kampung batik yang terletak di Kota Surakarta, namun dekat dengan Sragen. Kampung Batik Laweyan memiliki banyak sekali toko-toko batik yang menjual batik dengan motif yang khas dan unik. Selain itu, di Kampung Batik Laweyan juga terdapat rumah-rumah yang memiliki arsitektur khas Jawa. Kampung Batik Laweyan sangat cocok untuk wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh khas Sragen dengan harga yang terjangkau.

Wisata Lainnya:  Wisata Tanggulangin: Menikmati Pesona Alam di Kota Malang

Bendungan Kedung Ombo

Bendungan Kedung Ombo adalah bendungan yang terletak di Desa Karangmalang, Kecamatan Plupuh. Bendungan ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Bendungan Kedung Ombo memiliki air yang jernih dan hijau. Selain itu, di sekitar bendungan juga terdapat bukit dan perbukitan yang menambah keindahan pemandangan. Bendungan Kedung Ombo sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dengan suasana yang tenang dan damai.

Bukit Sidoguro

Bukit Sidoguro adalah bukit yang terletak di Desa Sidoguro, Kecamatan Sidoharjo. Bukit ini memiliki pemandangan yang indah dan menakjubkan. Bukit Sidoguro terkenal dengan sunrise-nya yang sangat indah. Selain itu, di sekitar bukit juga terdapat perkebunan tebu dan sawah yang menambah pesona pemandangan. Bukit Sidoguro sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dengan suasana yang sejuk dan damai.

Tambak Boyo

Tambak Boyo adalah tambak yang terletak di Desa Boyolali, Kecamatan Sambirejo. Tambak ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Tambak Boyo memiliki air yang jernih dan hijau. Selain itu, di sekitar tambak juga terdapat bukit dan perbukitan yang menambah keindahan pemandangan. Tambak Boyo sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dengan suasana yang tenang dan damai.

Curug Lawe

Curug Lawe adalah air terjun yang terletak di Desa Karangtengah, Kecamatan Plupuh. Curug Lawe memiliki keindahan alam yang luar biasa. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan air yang jernih. Selain itu, di sekitar air terjun juga terdapat hutan yang menambah keindahan pemandangan. Curug Lawe sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dengan suasana yang sejuk dan alami.

Gunung Kemukus

Gunung Kemukus adalah gunung yang terletak di Desa Kemukus, Kecamatan Gondang. Gunung ini terkenal dengan kepercayaan masyarakat setempat yang berhubungan dengan spiritualitas. Selain itu, di puncak gunung juga terdapat pemandangan yang indah. Gunung Kemukus sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dengan suasana yang spiritual dan damai.

Puncak Lawu

Puncak Lawu adalah puncak gunung yang terletak di perbatasan antara Sragen dan Magetan. Puncak Lawu memiliki ketinggian sekitar 3.265 mdpl dan menjadi salah satu gunung tertinggi di Jawa Tengah. Puncak Lawu terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Selain itu, di puncak gunung juga terdapat pemandangan yang indah. Puncak Lawu sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dengan suasana yang sejuk dan alami.

Wisata Lainnya:  Desa Wisata Gerabah Kasongan: Menikmati Wisata Budaya di Yogyakarta

Keraton Sragen

Keraton Sragen adalah keraton yang terletak di Kota Sragen. Keraton ini dibangun pada tahun 1675 oleh Pangeran Sambernyawa, yang merupakan putra dari Susuhunan Pakubuwono II. Keraton Sragen memiliki arsitektur yang khas Jawa dan menjadi salah satu peninggalan sejarah yang berharga. Selain itu, di sekitar keraton juga terdapat pasar tradisional yang menjual berbagai macam oleh-oleh khas Sragen. Keraton Sragen sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan budaya dan sejarah.

Sumber Air Panas Tawangmangu

Sumber Air Panas Tawangmangu adalah sumber air panas yang terletak di Kecamatan Tawangmangu. Sumber air panas ini memiliki suhu sekitar 40-50 derajat Celcius. Selain itu, di sekitar sumber air panas juga terdapat pemandangan yang indah. Sumber Air Panas Tawangmangu sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dengan suasana yang sejuk dan alami.

Desa Wisata Gondang Sragen

Desa Wisata Gondang Sragen adalah desa wisata yang terletak di Kecamatan Gondang. Desa ini memiliki keunikan tersendiri yang berhubungan dengan budaya dan tradisi. Di Desa Wisata Gondang Sragen, wisatawan dapat menikmati berbagai macam atraksi seperti pertunjukan seni, pameran kerajinan tangan, dan lain sebagainya. Selain itu, di desa ini juga terdapat homestay dan villa yang dapat disewa oleh wisatawan. Desa Wisata Gondang Sragen sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan budaya dan tradisi.

Curug Gondang

Curug Gondang adalah air terjun yang terletak di Desa Gondang, Kecamatan Gondang. Curug Gondang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan air yang jernih. Selain itu, di sekitar air terjun juga terdapat hutan yang menambah keindahan pemandangan. Curug Gondang sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dengan suasana yang sejuk dan alami.

Gunung Lawu

Gunung Lawu adalah gunung yang terletak di perbatasan antara Sragen, Karanganyar, dan Magetan. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.265 mdpl dan menjadi salah satu gunung tertinggi di Jawa Tengah. Gunung Lawu terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Selain itu, di puncak gunung juga terdapat pemandangan yang indah. Gunung Lawu sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dengan suasana yang sejuk dan alami.

Wisata Lainnya:  Nomor Telepon Wisata Pantai Galesong

Taman Wisata Jatipuro

Taman Wisata Jatipuro adalah taman wisata yang terletak di Jalan Raya Solo-Purwodadi, Kecamatan Jatipuro. Taman ini memiliki berbagai macam wahana permainan yang cocok untuk anak-anak dan dewasa. Selain itu, di Taman Wisata Jatipuro juga terdapat kolam renang dan taman bunga yang indah. Taman Wisata Jatipuro sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dengan suasana yang menyenangkan dan ramai.

Kampung Wisata Kedungjati

Kampung Wisata Kedungjati adalah kampung wisata yang terletak di Desa Kedungjati, Kecamatan Sumberlawang. Kampung Wisata Kedungjati memiliki keunikan tersendiri yang berhubungan dengan budaya dan tradisi. Di Kampung Wisata Kedungjati, wisatawan dapat menikmati berbagai macam atraksi seperti pertunjukan seni, pameran kerajinan tangan, dan lain sebagainya. Selain itu, di kampung ini juga terdapat homestay dan villa yang dapat disewa oleh wisatawan. Kampung Wisata Kedungjati sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan budaya dan tradisi.

Candi Cetho

Candi Cetho adalah salah satu candi Hindu yang terletak di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi. Candi ini terletak di lereng Gunung Lawu dan memiliki pemandangan yang indah. Candi Cetho memiliki arsitektur yang unik dan berbeda dengan candi Hindu pada umumnya. Selain itu, di sekitar Candi Cetho juga terdapat kebun-kebun teh yang menambah keindahan pemandangan. Candi Cetho sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan budaya dan sejarah.

Desa Wisata Tawangmangu

Desa Wisata Tawangmangu adalah desa wisata yang terletak di Kecamatan Tawangmangu. Desa ini memiliki keunikan tersendiri yang berhubungan dengan budaya dan tradisi. Di Desa Wisata Tawangmangu, wisatawan dapat menikmati berbagai macam atraksi seperti pertunjukan seni, pameran kerajinan tangan, dan lain sebagainya. Selain itu, di desa ini juga terdapat homestay dan villa yang dapat disewa oleh wisatawan. Desa Wisata Tawangmangu sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan budaya dan tradisi.

Candi Kethek

Candi Kethek adalah salah satu candi Hindu yang terletak di Desa Plupuh, Kecamatan

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *