Wisata Sunan Ampel: Keindahan Sejarah Islam di Surabaya

Posted on

Surabaya, sebuah kota besar di Indonesia yang terkenal dengan keberagaman budaya dan agama. Salah satu tempat yang menjadi ikon dari keberagaman agama di Surabaya adalah makam Sunan Ampel. Makam ini menjadi tempat ziarah bagi umat Islam yang ingin memperdalam sejarah Islam di Indonesia. Selain itu, di sekitar makam juga terdapat banyak tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi. Berikut adalah ulasan mengenai wisata Sunan Ampel dan tempat-tempat menarik di sekitarnya.

Makam Sunan Ampel

Makam Sunan Ampel adalah tempat yang sangat sakral bagi umat Islam di Surabaya. Sunan Ampel sendiri merupakan salah satu dari sembilan wali songo yang menyebarkan agama Islam di Indonesia. Makam ini menjadi tempat ziarah bagi umat Islam yang ingin memperdalam sejarah Islam di Indonesia. Di sekitar makam terdapat banyak pedagang yang menjual oleh-oleh khas Surabaya, seperti kerupuk, bakpia, dan lain sebagainya.

Wisata Lainnya:  Wisata di Kalsel: Nikmati Keindahan Alam dan Budaya Kalsel

Masjid Sunan Ampel

Masjid Sunan Ampel merupakan masjid yang terletak di sekitar makam Sunan Ampel. Masjid ini memiliki arsitektur yang khas dengan ornamen-ornamen Islam yang indah. Masjid ini juga sering digunakan untuk kegiatan keagamaan, seperti pengajian dan sholat berjamaah. Di sekitar masjid terdapat banyak pedagang makanan dan minuman yang menjual berbagai macam makanan dan minuman khas Surabaya.

Pusat Oleh-oleh Sunan Ampel

Pusat oleh-oleh Sunan Ampel adalah tempat yang tepat untuk membeli oleh-oleh khas Surabaya. Di tempat ini terdapat banyak pedagang yang menjual berbagai macam oleh-oleh khas Surabaya, seperti kerupuk, bakpia, kue lapis, dan lain sebagainya. Selain itu, di tempat ini juga terdapat banyak pedagang yang menjual baju muslim dan pernak-pernik Islam lainnya.

Kampung Arab

Kampung Arab adalah sebuah kawasan di Surabaya yang terkenal dengan keberagaman budaya dan agama. Di kampung ini terdapat banyak bangunan-bangunan kuno yang memiliki arsitektur yang khas, seperti Masjid Cheng Ho dan Klenteng Sanggar Agung. Selain itu, di kampung ini juga terdapat banyak pedagang yang menjual makanan dan minuman khas Arab, seperti shawarma dan kopi Arab.

Wisata Lainnya:  10 Tempat Wisata di Pacet yang Murah dan Menarik

Bungkul Park

Bungkul Park adalah taman yang terletak di Surabaya Barat. Taman ini memiliki berbagai macam fasilitas rekreasi, seperti jogging track, area bermain anak-anak, dan lapangan basket. Selain itu, taman ini juga sering digunakan untuk kegiatan seni dan budaya, seperti konser musik dan pameran seni.

Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular adalah museum yang berisi koleksi-koleksi sejarah dari masa prasejarah hingga masa kini. Museum ini memiliki berbagai macam koleksi, seperti arca-arca kuno, peralatan pertanian, dan senjata-senjata kuno. Selain itu, museum ini juga sering mengadakan pameran-pameran seni dan budaya.

Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya adalah kebun binatang yang terletak di Surabaya Timur. Kebun binatang ini memiliki berbagai macam koleksi hewan, seperti gajah, harimau, dan kuda nil. Selain itu, kebun binatang ini juga memiliki berbagai macam fasilitas rekreasi, seperti wahana permainan anak-anak dan restoran.

Kebun Bibit Wonorejo

Kebun Bibit Wonorejo adalah kebun bibit yang terletak di Surabaya Timur. Kebun ini menyediakan berbagai macam bibit tanaman, seperti pohon mangga, jambu, dan kelapa. Selain itu, kebun ini juga sering digunakan untuk kegiatan pendidikan, seperti pelatihan tanaman organik.

Wisata Lainnya:  Wisata Dosh Wates: Destinasi Seru untuk Liburan Anda

Suroboyo Carnival Park

Suroboyo Carnival Park adalah taman rekreasi yang terletak di Surabaya Utara. Taman ini memiliki berbagai macam wahana permainan, seperti roller coaster, bianglala, dan kereta luncur. Selain itu, taman ini juga memiliki berbagai macam fasilitas rekreasi, seperti restoran dan toko oleh-oleh.

Conclusions

Wisata Sunan Ampel merupakan tempat yang sangat cocok untuk mempelajari sejarah Islam di Indonesia. Di sekitar makam Sunan Ampel terdapat banyak tempat wisata menarik, seperti Kampung Arab dan Museum Mpu Tantular. Selain itu, Surabaya juga memiliki berbagai macam tempat wisata menarik lainnya, seperti Kebun Binatang Surabaya dan Suroboyo Carnival Park. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi Surabaya dan menikmati keindahan sejarah dan budaya yang dimilikinya.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *