Wisata Sampulungan: Liburan Seru di Alam Terbuka

Posted on

Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Wisata Sampulungan yang terletak di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Tempat wisata ini menawarkan pengalaman liburan yang berbeda dengan suasana alam terbuka dan pemandangan yang indah.

Lokasi dan Akses

Wisata Sampulungan terletak sekitar 50 kilometer dari Kota Sambas. Pengunjung dapat mencapai lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus atau taksi. Setelah sampai di lokasi, pengunjung akan disambut dengan jalan setapak yang mengarah ke kawasan wisata.

Fasilitas Wisata

Di Wisata Sampulungan, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas yang tersedia. Ada area bermain anak, lapangan voli, dan gazebo untuk bersantai. Selain itu, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas seperti memancing, berkemah, dan trekking di hutan sekitar.

Pemandangan Alam yang Menakjubkan

Salah satu daya tarik utama dari Wisata Sampulungan adalah pemandangan alam yang menakjubkan. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan hutan tropis Kalimantan Barat dan sungai yang mengalir di sekitar area wisata. Pengunjung juga dapat melihat berbagai jenis flora dan fauna yang hidup di sekitar kawasan wisata.

Wisata Lainnya:  Paket Wisata Gili Trawangan: Mengunjungi Surga Tersembunyi di Indonesia

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Wisata Sampulungan menawarkan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan oleh pengunjung. Di sini, pengunjung dapat memancing ikan di sungai yang ada di sekitar kawasan wisata. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan trekking di hutan sekitar dan menikmati keindahan alam yang masih asli. Untuk yang suka bermain voli, di sini juga tersedia lapangan voli yang bisa digunakan secara gratis.

Keunikan Wisata Sampulungan

Salah satu keunikan dari Wisata Sampulungan adalah suasana alam yang masih asri dan alami. Di sini, pengunjung dapat merasakan ketenangan dan kedamaian yang sulit ditemukan di kota besar. Selain itu, di Wisata Sampulungan juga terdapat sebuah gua yang dapat dijadikan tempat berkemah bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman yang berbeda.

Penginapan

Jika pengunjung ingin menginap di Wisata Sampulungan, tersedia beberapa penginapan yang bisa dipilih. Ada penginapan berupa cottage yang dapat digunakan untuk keluarga atau rombongan. Selain itu, juga tersedia tenda dan tempat berkemah bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman berkemah di alam terbuka.

Wisata Lainnya:  Pijat Plus Cibubur Kota Wisata: Relaksasi dan Kenyamanan yang Tak Tertandingi

Kuliner Khas Kalimantan Barat

Di sekitar Wisata Sampulungan, pengunjung juga dapat menikmati kuliner khas Kalimantan Barat seperti nasi kuning, sate kelinci, dan pindang patin. Kuliner-kuliner ini dapat ditemukan di warung-warung makan yang ada di sekitar kawasan wisata.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke Wisata Sampulungan, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- per orang. Harga ini sangat terjangkau dan sesuai dengan fasilitas yang disediakan di dalam kawasan wisata.

Tips Liburan di Wisata Sampulungan

Berikut adalah beberapa tips untuk liburan di Wisata Sampulungan:

  1. Persiapkan diri dengan baik sebelum berangkat, termasuk membawa perlengkapan berkemah dan peralatan memancing.
  2. Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman dan cocok untuk aktivitas di alam terbuka.
  3. Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi dan minuman yang cukup.
  4. Patuhi aturan dan tata tertib yang berlaku di kawasan wisata.
  5. Jangan meninggalkan sampah di sekitar kawasan wisata.

Kesimpulan

Wisata Sampulungan adalah tempat wisata yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman-teman. Di sini, pengunjung dapat menikmati suasana alam yang asri dan keindahan pemandangan yang menakjubkan. Ada juga berbagai fasilitas dan aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan wisata ini. Jangan lupa untuk mematuhi aturan dan tata tertib yang berlaku di kawasan wisata, serta menjaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *