Wisata Temanggung Embung Kledung: Menikmati Keindahan Alam yang Memukau

Posted on

Temanggung merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu destinasi wisata yang menarik di Temanggung adalah Embung Kledung. Wisata Embung Kledung menawarkan keindahan alam yang memukau dan udara yang sejuk karena berada di ketinggian.

Apa Itu Embung Kledung?

Embung Kledung adalah sebuah waduk buatan yang terletak di Desa Kledung, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung. Waduk ini memiliki luas sekitar 25 hektar dengan kedalaman mencapai 18 meter. Embung Kledung dibangun sebagai sarana irigasi bagi petani setempat dan juga sebagai objek wisata yang menarik.

Keindahan Alam di Embung Kledung

Salah satu daya tarik utama dari Embung Kledung adalah keindahan alamnya. Di sekitar waduk, pengunjung dapat menikmati pemandangan hijau yang menyejukkan mata. Di sebelah barat waduk, terdapat bukit-bukit yang hijau dan di sebelah timur terdapat pegunungan yang menjulang tinggi. Tak hanya itu, di sekitar waduk juga terdapat pepohonan rindang dan hamparan sawah yang indah.

Wisata Lainnya:  Batu Love Garden Tiket Masuk, Lokasi Dan Keunikannya

Spot Foto Instagramable di Embung Kledung

Bagi para pengunjung yang suka mengabadikan momen dengan selfie atau foto, Embung Kledung menawarkan banyak spot foto yang instagramable. Salah satu spot foto yang populer adalah area taman bunga yang terletak di sekitar waduk. Di sini, pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang keindahan alam yang memukau.

Wisata Kuliner di Embung Kledung

Tak hanya menawarkan keindahan alam yang memukau, Embung Kledung juga menawarkan wisata kuliner yang lezat. Di sekitar waduk, terdapat banyak warung makan yang menjual makanan khas Temanggung seperti nasi goreng, bakso, dan sate. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati jajanan pasar yang lezat seperti klepon dan gethuk.

Kegiatan Seru di Embung Kledung

Bagi para pengunjung yang suka kegiatan outdoor, Embung Kledung menawarkan banyak kegiatan seru seperti memancing, bersepeda, dan trekking. Di sekitar waduk terdapat jalur trekking yang menarik untuk dijelajahi. Pengunjung juga dapat menyewa sepeda untuk berkeliling waduk atau menyewa perahu untuk menikmati keindahan waduk dari tengah-tengah.

Wisata Lainnya:  30 Tempat Wisata di Bau Bau yang Harus Dikunjungi

Jadwal Buka dan Harga Tiket Masuk Embung Kledung

Embung Kledung buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk Embung Kledung adalah Rp 5.000,- per orang untuk domestik dan Rp 10.000,- per orang untuk wisatawan asing.

Cara Menuju Embung Kledung

Embung Kledung terletak sekitar 35 km dari pusat Kota Temanggung. Untuk menuju ke sana, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum seperti bus atau travel. Dari Temanggung, pengunjung dapat mengambil jalur menuju Salatiga dan berbelok ke kanan di pertigaan Kaligawe. Kemudian, ikuti jalan menuju Kledung dan Embung Kledung tidak jauh dari situ.

Kesimpulan

Embung Kledung adalah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Temanggung. Keindahan alamnya yang memukau, wisata kuliner yang lezat, dan kegiatan seru yang bisa dilakukan membuat wisata Embung Kledung menjadi tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen indah di Embung Kledung!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *