Wisata Ranu Gumbolo Tulungagung: Pesona Alam yang Menakjubkan

Posted on

Mengenal Ranu Gumbolo Tulungagung

Tulungagung tidak hanya terkenal dengan kerajinan kain tenun, namun juga memiliki destinasi wisata alam yang sangat menakjubkan. Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi adalah Ranu Gumbolo. Ranu Gumbolo merupakan sebuah danau alami yang berada di ketinggian 2.000 mdpl. Lokasinya berada di wilayah Dusun Gumbolo, Desa Ngujung, Kecamatan Sumbergempol, Tulungagung, Jawa Timur.

Ranu Gumbolo memiliki luas sekitar 4 hektare dan memiliki kedalaman mencapai 50 meter. Danau ini memiliki air yang jernih dan sejuk karena berada di ketinggian yang tinggi. Selain itu, pemandangan di sekitar danau juga sangat indah dan menyejukkan.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Ranu Gumbolo

Terdapat banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Ranu Gumbolo. Pertama, pengunjung dapat melakukan aktivitas camping di sekitar danau. Di sekitar danau terdapat banyak spot camping yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan yang indah dan menyejukkan di sekitar danau.

Wisata Lainnya:  Explore the Beauty of Tempat Wisata Buricak Burinong: A Hidden Gem in Indonesia

Kedua, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas trekking di sekitar danau. Terdapat banyak jalur trekking yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan. Selama melakukan trekking, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah dan menakjubkan.

Ketiga, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas memancing di Ranu Gumbolo. Di danau ini terdapat ikan yang beragam jenisnya seperti ikan mujair, nila, dan ikan mas. Pengunjung bisa membawa peralatan pancing sendiri atau menyewanya di sekitar danau.

Tips Berkunjung ke Ranu Gumbolo

Untuk berkunjung ke Ranu Gumbolo, ada beberapa tips yang perlu diketahui. Pertama, pengunjung disarankan untuk membawa jaket tebal atau selimut karena suhu di sekitar danau sangat dingin. Selain itu, pengunjung juga disarankan untuk membawa peralatan camping lengkap jika ingin menginap di sekitar danau.

Kedua, pengunjung harus memperhatikan waktu berkunjung. Ranu Gumbolo hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu saja. Pengunjung juga disarankan untuk datang pagi-pagi agar bisa menikmati keindahan danau dengan lebih tenang.

Ketiga, pengunjung disarankan untuk membawa persediaan makanan dan minuman sendiri karena tidak ada warung makan di sekitar danau. Selain itu, pengunjung juga disarankan untuk membawa sampah sendiri dan membuangnya di tempat yang telah disediakan agar tidak merusak keindahan alam di sekitar danau.

Wisata Lainnya:  Menikmati Keindahan Wisata Pantai di Banten

Bagaimana Cara Menuju ke Ranu Gumbolo?

Untuk menuju ke Ranu Gumbolo, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung bisa mengambil rute Tulungagung – Kediri dan melewati Desa Ngujung. Setelah sampai di Desa Ngujung, pengunjung bisa menggunakan sepeda motor atau jalan kaki untuk mencapai Ranu Gumbolo.

Jika menggunakan kendaraan umum, pengunjung bisa menggunakan bus jurusan Tulungagung – Kediri atau angkutan umum jurusan Tulungagung – Ngujung. Setelah sampai di Ngujung, pengunjung bisa menggunakan sepeda motor atau jalan kaki untuk mencapai Ranu Gumbolo.

Kesimpulan

Ranu Gumbolo Tulungagung merupakan destinasi wisata alam yang sangat menakjubkan. Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang masih alami dan menyejukkan. Terdapat banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Ranu Gumbolo seperti camping, trekking, dan memancing. Untuk menuju ke Ranu Gumbolo, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Namun, pengunjung harus memperhatikan waktu berkunjung, membawa persediaan makanan dan minuman sendiri, serta membuang sampah di tempat yang telah disediakan.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *