Wisata Punthuk Setumbu: Menikmati Sunrise dengan Pemandangan yang Memukau

Posted on

Wisata Punthuk Setumbu merupakan destinasi wisata yang terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Destinasi wisata ini menawarkan pengalaman yang unik bagi para wisatawan yang ingin menikmati indahnya sunrise di pagi hari dengan pemandangan yang memukau.

Lokasi Wisata Punthuk Setumbu

Wisata Punthuk Setumbu terletak sekitar 4,5 kilometer di sebelah barat Candi Borobudur. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti angkutan kota untuk menuju ke lokasi wisata ini. Setelah sampai di Desa Karangrejo, anda masih harus menempuh perjalanan sekitar 3 kilometer lagi untuk mencapai puncak bukit Punthuk Setumbu.

Keindahan Sunrise di Wisata Punthuk Setumbu

Pengalaman menikmati sunrise di Wisata Punthuk Setumbu sangatlah berbeda dengan menikmati sunrise di tempat lainnya. Dari puncak bukit Punthuk Setumbu, anda bisa melihat langsung keindahan Candi Borobudur yang terlihat jelas di kejauhan. Selain itu, anda juga bisa melihat keindahan Gunung Merbabu, Merapi, dan Sumbing yang berada di sekitar wilayah Magelang.

Wisata Lainnya:  Wisata di Taiwan: Menikmati Keindahan Pulau Formosa

Sunrise di Wisata Punthuk Setumbu biasanya terjadi sekitar pukul 05.00 WIB. Namun, untuk mendapatkan tempat yang strategis untuk menikmati sunrise, sebaiknya anda datang lebih awal, sekitar pukul 04.00 WIB. Selain itu, sebaiknya anda juga membawa jaket atau pakaian hangat karena suhu udara di puncak bukit cukup dingin.

Fasilitas yang Tersedia di Wisata Punthuk Setumbu

Di Wisata Punthuk Setumbu, terdapat berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh para wisatawan seperti tempat parkir, toilet, warung makan, dan gazebo. Selain itu, terdapat juga beberapa spot foto yang menarik untuk dijadikan latar belakang foto saat menikmati sunrise.

Harga Tiket dan Jam Buka Wisata Punthuk Setumbu

Harga tiket masuk ke Wisata Punthuk Setumbu cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp. 30.000,- per orang. Sedangkan untuk jam buka wisata ini adalah mulai pukul 04.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berkunjung ke Wisata Punthuk Setumbu

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke Wisata Punthuk Setumbu, di antaranya:

  1. Bawalah pakaian hangat atau jaket karena suhu udara di puncak bukit cukup dingin.
  2. Sebaiknya datang lebih awal untuk mendapatkan tempat yang strategis untuk menikmati sunrise.
  3. Perhatikan kebersihan lingkungan dan jangan meninggalkan sampah di tempat tersebut.
  4. Gunakan toilet yang tersedia dengan baik dan jangan merusak fasilitas yang ada.
Wisata Lainnya:  Wisata Semanggi: Menikmati Keindahan Alam di Tengah Kota

Kesimpulan

Wisata Punthuk Setumbu merupakan destinasi wisata yang menawarkan pengalaman yang unik bagi para wisatawan yang ingin menikmati indahnya sunrise di pagi hari dengan pemandangan yang memukau. Dari puncak bukit Punthuk Setumbu, anda bisa melihat langsung keindahan Candi Borobudur yang terlihat jelas di kejauhan. Selain itu, terdapat juga berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh para wisatawan seperti tempat parkir, toilet, warung makan, dan gazebo. Harga tiket masuk ke Wisata Punthuk Setumbu cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp. 30.000,- per orang. Sebelum berkunjung ke Wisata Punthuk Setumbu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti membawa pakaian hangat, datang lebih awal, serta menjaga kebersihan lingkungan dan fasilitas yang ada.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *