Wisata Pulau Enggano – Pesona Surga Tersembunyi di Sumatera Selatan

Posted on

Pulau Enggano adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah barat daya Sumatera Selatan dan sekitar 100 km dari Bengkulu. Pulau ini dikenal sebagai surga tersembunyi yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, sehingga Anda akan menemukan keindahan alam yang masih alami dan terjaga dengan baik.

Keindahan Pantai di Pulau Enggano

Pulau Enggano memiliki pantai yang sangat indah dan masih alami. Salah satu pantai yang paling terkenal di pulau ini adalah Pantai Pasir Putih. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat lembut dan air laut yang jernih. Anda bisa berjemur di bawah sinar matahari atau berenang di laut yang tenang.

Selain Pantai Pasir Putih, ada juga Pantai Batu Berdaun yang memiliki batu-batu besar dan hijau yang tersebar di sepanjang pantai. Pantai ini juga memiliki air laut yang jernih dan ombak yang tidak terlalu besar, sehingga cocok untuk berenang atau bersantai di tepi pantai.

Wisata Lainnya:  Menikmati Keindahan Wisata Jatiwangi Tuban

Keindahan Alam di Pulau Enggano

Pulau Enggano juga memiliki keindahan alam yang luar biasa. Anda bisa menjelajahi hutan atau bukit yang masih alami dan melihat berbagai jenis flora dan fauna yang hidup di pulau ini. Ada juga air terjun yang indah seperti Air Terjun Batu Berdaun yang memiliki kolam air yang jernih dan segar untuk berenang.

Di Pulau Enggano, Anda juga bisa melihat burung-burung yang langka seperti Burung Enggano dan Burung Raja Udang. Anda juga bisa melihat kura-kura hijau yang hidup di pantai atau ikan-ikan yang berenang di laut yang jernih.

Kuliner Khas Pulau Enggano

Selain keindahan alamnya, Pulau Enggano juga memiliki kuliner khas yang lezat. Salah satu makanan khasnya adalah ikan bakar yang dibuat dari ikan segar yang masih hidup di laut. Ikan ini dibakar dengan bumbu rempah-rempah khas Pulau Enggano dan disajikan dengan nasi dan sambal yang pedas.

Ada juga makanan khas lainnya seperti Sate Lilit, Sate Padang, dan Sayur Nangka Muda. Semua makanan di Pulau Enggano dibuat dengan bahan-bahan segar dan bumbu rempah yang khas.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata di Cicalengka: Menikmati Keindahan Alam di Dekat Kota Bandung

Bagaimana Cara Menuju Pulau Enggano?

Untuk menuju Pulau Enggano, Anda bisa terbang dari Jakarta ke Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu. Setelah itu, Anda bisa naik perahu dari Pelabuhan Bengkulu ke Pulau Enggano. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 3-4 jam tergantung dari cuaca dan keadaan laut.

Anda juga bisa menyewa kapal atau speedboat dari Bengkulu dengan harga yang bervariasi tergantung dari tipe kapal dan jumlah penumpang. Namun, Anda harus memperhatikan cuaca dan keadaan laut sebelum memutuskan untuk pergi ke Pulau Enggano.

Harga Tiket Masuk dan Penginapan di Pulau Enggano

Harga tiket masuk ke Pulau Enggano adalah sekitar Rp 10.000 per orang. Anda juga bisa menyewa penginapan di Pulau Enggano dengan harga yang bervariasi tergantung dari fasilitas dan tipe kamar.

Anda juga bisa membawa tenda dan berkemah di tepi pantai atau di hutan. Namun, Anda harus memperhatikan aturan dan ketentuan yang berlaku di Pulau Enggano agar tetap menjaga kelestarian alam.

Kesimpulan

Pulau Enggano adalah destinasi wisata yang cocok untuk Anda yang ingin menikmati keindahan alam yang masih alami dan terjaga dengan baik. Anda bisa menikmati pantai yang indah, menjelajahi hutan atau bukit, dan mencoba kuliner khas Pulau Enggano yang lezat.

Wisata Lainnya:  Explore the Beauty of Sunrise in Jogja

Untuk menuju ke Pulau Enggano, Anda bisa terbang dari Jakarta ke Bengkulu dan naik perahu dari Pelabuhan Bengkulu. Harga tiket masuk dan penginapan di Pulau Enggano juga terjangkau sehingga cocok untuk liburan bersama keluarga atau teman-teman.

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam di Pulau Enggano agar destinasi wisata ini tetap terjaga dan bisa dinikmati oleh generasi mendatang.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *