Wisata Malang Gratis: Nikmati Keindahan Kota Tanpa Biaya

Posted on

Malang merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal dengan keindahan alamnya. Kota ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Namun, terkadang biaya yang dikeluarkan untuk berlibur dapat menjadi beban bagi sebagian orang. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas wisata Malang gratis yang dapat dinikmati tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

1. Alun-alun Kota Malang

Tempat pertama yang dapat dikunjungi adalah Alun-alun Kota Malang. Tempat ini merupakan pusat kota Malang yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Di sini, wisatawan dapat menikmati suasana kota Malang yang klasik dan indah. Selain itu, di alun-alun ini terdapat beberapa fasilitas seperti taman, panggung terbuka dan area parkir yang luas.

2. Museum Brawijaya

Bagi pecinta sejarah, Museum Brawijaya dapat menjadi pilihan wisata yang menarik. Museum ini berisi koleksi benda-benda peninggalan sejarah perjuangan rakyat Indonesia, khususnya di wilayah Malang dan sekitarnya. Museum ini terbuka untuk umum dan tidak dikenakan biaya apapun.

3. Taman Makam Pahlawan

Taman Makam Pahlawan merupakan tempat peristirahatan terakhir bagi para pahlawan kemerdekaan Indonesia. Di sini terdapat makam-makam para pahlawan yang pernah berjuang melawan penjajah. Selain sebagai tempat ziarah, Taman Makam Pahlawan juga dapat dijadikan sebagai tempat wisata sejarah yang menarik.

4. Taman Rekreasi Kota

Taman Rekreasi Kota adalah taman yang berada di jantung kota Malang. Di sini terdapat beberapa fasilitas rekreasi seperti kolam renang, lapangan tenis, dan taman bermain anak. Selain itu, taman ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan acara-acara besar.

Wisata Lainnya:  Lokasi Wisata Nusa Penida: Surga Tersembunyi di Bali

5. Kampung Warna-Warni Jodipan

Kampung Warna-Warni Jodipan adalah salah satu tempat wisata Malang yang sedang naik daun. Kampung ini terkenal dengan rumah-rumahnya yang dihiasi dengan warna-warni cerah. Selain menikmati keindahan rumah-rumah tersebut, wisatawan juga dapat menikmati panorama kota Malang dari ketinggian.

6. Jalan Ijen

Jalan Ijen adalah jalan yang terkenal dengan kuliner khas Malang. Di sini terdapat banyak warung dan restoran yang menyajikan makanan khas Malang seperti bakso, rawon, dan sate. Wisatawan dapat menikmati kuliner khas Malang dengan harga yang terjangkau.

7. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang adalah salah satu pantai yang terkenal di Malang. Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri dan bersih. Di sini wisatawan dapat menikmati suasana pantai yang tenang dan menyegarkan. Pantai Balekambang juga sering dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan festival-festival musik.

8. Coban Rondo Waterfall

Coban Rondo Waterfall adalah air terjun yang terletak di daerah Pujon, Malang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 84 meter dan dikelilingi oleh hutan yang masih asri. Di sini wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang masih alami dan segar.

9. Taman Langit Gunung Banyak

Taman Langit Gunung Banyak adalah tempat wisata yang terletak di daerah Batu, Malang. Di sini wisatawan dapat menikmati keindahan alam dari ketinggian. Taman Langit Gunung Banyak memiliki beberapa fasilitas seperti taman bermain anak, kafe, dan restoran.

10. Gunung Bromo

Siapa yang tidak kenal dengan Gunung Bromo? Gunung ini merupakan gunung berapi yang terletak di wilayah Malang. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang luar biasa dari puncak gunung ini. Namun, jika ingin mengunjungi Gunung Bromo, wisatawan harus membayar biaya masuk dan sewa jeep.

11. Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru adalah pantai yang terletak di Sumbermanjing Wetan, Malang. Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri dan bersih. Di sini wisatawan dapat menikmati suasana pantai yang tenang dan menyegarkan. Pantai Sendang Biru juga sering dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan festival-festival musik.

12. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura adalah air terjun yang terletak di daerah Lumbang, Malang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 200 meter dan dikelilingi oleh tebing-tebing yang curam. Di sini wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang masih alami dan segar.

13. Bukit Jodipan

Bukit Jodipan adalah bukit yang terletak di daerah Jodipan, Malang. Bukit ini terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri dan bersih. Di sini wisatawan dapat menikmati panorama kota Malang dari ketinggian.

Wisata Lainnya:  Nahwa Tour Paket Wisata Malang Paket Wisata Bromo: Menikmati Keindahan Alam Jawa Timur

14. Desa Wisata Nglanggeran

Desa Wisata Nglanggeran adalah desa wisata yang terletak di daerah Nglanggeran, Malang. Di sini wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang masih asri dan segar. Desa Wisata Nglanggeran juga memiliki beberapa fasilitas seperti homestay dan restoran.

15. Kampung Tridi

Kampung Tridi adalah kampung yang terletak di wilayah Malang. Kampung ini terkenal dengan rumah-rumahnya yang dihiasi dengan seni lukis 3D. Wisatawan dapat menikmati keindahan seni lukis 3D tersebut dengan gratis.

16. Taman Hutan Rakyat

Taman Hutan Rakyat adalah taman yang terletak di daerah Lawang, Malang. Di sini wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang masih asri dan segar. Taman Hutan Rakyat juga memiliki beberapa fasilitas seperti taman bermain anak dan tempat untuk bersepeda.

17. Goa Jepang

Goa Jepang adalah tempat sejarah yang terletak di wilayah Malang. Goa ini dulunya digunakan sebagai tempat perlindungan bagi tentara Jepang pada masa perang dunia II. Di sini wisatawan dapat menikmati keindahan sejarah yang masih terjaga dengan baik.

18. Coban Talun Waterfall

Coban Talun Waterfall adalah air terjun yang terletak di daerah Batu, Malang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan dikelilingi oleh hutan yang masih asri. Di sini wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang masih alami dan segar.

19. Kampung Tematik Warna Warni

Kampung Tematik Warna Warni adalah kampung yang terletak di wilayah Malang. Kampung ini terkenal dengan rumah-rumahnya yang dihiasi dengan warna-warni cerah. Wisatawan dapat menikmati keindahan rumah-rumah tersebut dan mengambil foto-foto yang instagramable.

20. Taman Wisata Selecta

Taman Wisata Selecta adalah taman yang terletak di daerah Batu, Malang. Di sini wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang masih asri dan segar. Taman Wisata Selecta juga memiliki beberapa fasilitas seperti kolam renang, taman bermain anak, dan tempat untuk bersepeda.

21. Banyak Hill

Banyak Hill adalah bukit yang terletak di wilayah Malang. Bukit ini terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri dan bersih. Di sini wisatawan dapat menikmati panorama kota Malang dari ketinggian.

22. Coban Sewu Waterfall

Coban Sewu Waterfall adalah air terjun yang terletak di daerah Lumajang, Malang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter dan dikelilingi oleh hutan yang masih asri. Di sini wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang masih alami dan segar.

Wisata Lainnya:  Wisata di Lebak Banten - Destinasi Liburan yang Menarik

23. Hutan Pinus Dieng

Hutan Pinus Dieng adalah hutan pinus yang terletak di daerah Batu, Malang. Di sini wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang masih asri dan segar. Hutan Pinus Dieng juga sering dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan camping dan acara-acara besar.

24. Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep adalah pantai yang terletak di daerah Donomulyo, Malang. Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri dan bersih. Di sini wisatawan dapat menikmati suasana pantai yang tenang dan menyegarkan.

25. Padepokan Seni Bagong Kussudiardja

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja adalah tempat seni yang terletak di wilayah Malang. Di sini wisatawan dapat menikmati pertunjukan seni seperti tari dan musik secara gratis.

26. Coban Pelangi Waterfall

Coban Pelangi Waterfall adalah air terjun yang terletak di daerah Batu, Malang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan dikelilingi oleh hutan yang masih asri. Di sini wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang masih alami dan segar.

27. Coban Rais Waterfall

Coban Rais Waterfall adalah air terjun yang terletak di daerah Pujon, Malang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan dikelilingi oleh hutan yang masih asri. Di sini wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang masih alami dan segar.

28. Desa Wisata Sumberwatu

Desa Wisata Sumberwatu adalah desa wisata yang terletak di daerah Batu, Malang. Di sini wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang masih asri dan segar. Desa Wisata Sumberwatu juga memiliki beberapa fasilitas seperti homestay dan restoran.

29. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia adalah taman bunga yang terletak di wilayah Malang. Di sini wisatawan dapat menikmati keindahan bunga celosia yang berwarna-warni. Taman Bunga Celosia juga sering dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan acara-acara besar.

30. Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak adalah pantai yang terletak di daerah Sumbermanjing Wetan, Malang. Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri dan bersih. Di sini wisatawan dapat menikmati suasana pantai yang tenang dan menyegarkan.

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat disimpulkan bahwa Malang memiliki banyak tempat wisata yang dapat dinikmati tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Wisata Malang gratis ini dapat menjadi alternatif bagi wisatawan yang ingin berlibur tanpa harus mer

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *