Wisata Makam Bung Karno di Blitar: Kenang-Kenangan Kepada Presiden Pertama Indonesia

Posted on

Makam Bung Karno di Blitar menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Seperti yang kita ketahui, Bung Karno adalah Presiden pertama Indonesia yang sangat berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, makamnya di Blitar menjadi tempat yang sangat sakral bagi masyarakat Indonesia.

Sejarah Makam Bung Karno di Blitar

Makam Bung Karno di Blitar dibangun pada tahun 1970 untuk mengenang jasa-jasa Presiden pertama Indonesia tersebut. Tepatnya, makam ini terletak di Desa Blitar Kidul, Kecamatan Sananwetan, Blitar, Jawa Timur. Di sekitar makam, terdapat taman yang luas dan asri yang menjadikan tempat ini sangat nyaman untuk beristirahat.

Sebelum dibangunnya makam, terdapat sebuah gubuk sederhana yang menjadi rumah sakit bagi para pejuang Indonesia yang sakit saat perjuangan melawan penjajah Belanda. Rumah sakit inilah yang kemudian menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi Bung Karno.

Wisata Lainnya:  Wisata Pejagoan Kebumen: Destinasi Wisata Indah di Jawa Tengah

Fasilitas di Makam Bung Karno di Blitar

Di sekitar makam, terdapat beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Di antaranya adalah:

1. Taman yang asri dan luas, cocok untuk berjalan-jalan dan bersantai bersama keluarga atau teman.

2. Musholla yang bisa digunakan untuk beribadah bagi pengunjung muslim.

3. Toilet yang bersih dan terawat.

4. Tempat parkir yang luas dan aman.

5. Warung makan dan minuman yang menyajikan makanan khas daerah sekitar.

Kenapa Harus Mengunjungi Makam Bung Karno di Blitar?

Mengunjungi makam Bung Karno di Blitar bisa menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi kita sebagai warga negara Indonesia. Selain itu, ada beberapa alasan lain mengapa kita harus mengunjungi tempat ini, di antaranya adalah:

1. Menambah pengetahuan sejarah

Dengan mengunjungi makam Bung Karno di Blitar, kita bisa lebih memahami perjuangan yang dilakukan oleh Presiden pertama Indonesia tersebut dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Kita juga bisa mempelajari lebih dalam tentang sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Wisata Lainnya:  Wisata Sumut Terbaru: Tempat Wisata Terbaik di Sumatera Utara

2. Menghargai jasa-jasa Presiden pertama Indonesia

Bung Karno adalah salah satu tokoh yang sangat berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, mengunjungi makamnya di Blitar bisa menjadi bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasanya.

3. Menyegarkan pikiran

Tempat ini sangat cocok untuk beristirahat dan melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Udara yang sejuk dan suasana yang tenang akan membuat pikiran kita lebih segar dan tenang.

Tips untuk Mengunjungi Makam Bung Karno di Blitar

Jika Anda ingin mengunjungi makam Bung Karno di Blitar, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti, di antaranya adalah:

1. Gunakan pakaian sopan dan rapi

Sebagai tempat yang sangat sakral, maka ada baiknya jika kita menggunakan pakaian yang sopan dan rapi ketika berkunjung ke makam ini.

2. Jangan membuang sampah sembarangan

Kita harus menjaga kebersihan di sekitar makam dengan tidak membuang sampah sembarangan. Ada banyak tempat sampah yang disediakan di sekitar makam.

3. Tidak merusak atau mengambil benda-benda di sekitar makam

Wisata Lainnya:  Wisata di Kalsel: Nikmati Keindahan Alam dan Budaya Kalsel

Kita harus menghormati tempat ini dengan tidak merusak atau mengambil benda-benda yang ada di sekitar makam.

4. Berdoa dan menghormati jasa-jasa Bung Karno

Kita bisa berdoa dan menghormati jasa-jasa Bung Karno ketika mengunjungi makamnya di Blitar.

Kesimpulan

Makam Bung Karno di Blitar adalah salah satu destinasi wisata sejarah yang sangat penting untuk dikunjungi. Selain sebagai tempat peristirahatan terakhir Presiden pertama Indonesia tersebut, makam ini juga menjadi simbol perjuangan dan pengorbanan dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Dengan mengunjungi makam ini, kita bisa lebih memahami sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia dan menghargai jasa-jasa Bung Karno. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengunjungi makam Bung Karno di Blitar ketika berkunjung ke Jawa Timur.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *