Wisata Kraksaan: Destinasi Wisata Menarik di Jawa Timur

Posted on

Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak destinasi wisata menarik. Salah satunya adalah Wisata Kraksaan. Destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Probolinggo ini menawarkan berbagai macam keindahan alam dan budaya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat ini, berikut adalah informasi lengkap mengenai Wisata Kraksaan.

Lokasi dan Akses

Wisata Kraksaan terletak di Desa Kraksaan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengikuti rute Surabaya – Probolinggo – Kraksaan. Sedangkan jika menggunakan transportasi umum, Anda bisa naik bus dari Terminal Bungurasih Surabaya menuju Terminal Kraksaan.

Keindahan Alam

Wisata Kraksaan memiliki keindahan alam yang sangat menawan. Destinasi wisata ini terletak di kaki Gunung Argopuro yang memiliki panorama alam yang sangat indah. Selain itu, di tempat ini juga terdapat air terjun yang cukup besar dan airnya sangat jernih. Air terjun ini dinamakan Air Terjun Kedung Tumpang. Bagi Anda yang suka dengan olahraga air, di sini juga terdapat kolam renang yang cukup besar yang bisa digunakan untuk berenang atau sekedar bermain air.

Keindahan Budaya

Wisata Kraksaan juga memiliki keindahan budaya yang sangat menarik. Di tempat ini terdapat beberapa bangunan peninggalan sejarah seperti Masjid Agung Kraksaan dan Candi Kedaton. Masjid Agung Kraksaan merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia yang dibangun pada abad ke-14. Sedangkan Candi Kedaton merupakan salah satu peninggalan sejarah dari Kerajaan Majapahit.

Wisata Lainnya:  Menikmati Pesona Tempat Wisata Ternate yang Menakjubkan

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke Wisata Kraksaan, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000. Harga tiket ini sudah termasuk dengan biaya parkir kendaraan. Harga tiket masuk ini sangat terjangkau jika dibandingkan dengan keindahan alam dan budaya yang bisa Anda nikmati di tempat ini.

Tempat Penginapan

Jika Anda ingin menginap di sekitar Wisata Kraksaan, Anda tidak perlu khawatir karena di sekitar tempat ini terdapat banyak penginapan yang bisa Anda pilih. Beberapa penginapan yang terletak di sekitar Wisata Kraksaan antara lain Hotel Kraksaan Indah, Hotel Kraksaan Inn, dan Wisma Kraksaan.

Wisata Kuliner

Wisata Kraksaan juga menawarkan banyak kuliner khas daerah yang sangat lezat. Di sekitar tempat ini terdapat banyak warung makan dan restoran yang menyajikan berbagai macam kuliner khas Probolinggo seperti Sate Kelinci, Soto Ayam, dan Rawon. Kuliner khas Probolinggo ini sangat terkenal dan sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Agenda Acara

Setiap tahun, di Wisata Kraksaan diadakan beberapa kegiatan dan acara yang sangat menarik. Beberapa acara yang diadakan antara lain Festival Kraksaan, Lomba Balap Sepeda, dan Lomba Menulis Cerpen. Acara-acara ini biasanya diadakan pada bulan-bulan tertentu dan sangat menarik untuk diikuti.

Wisata Lainnya:  5 Mitos Gunung Merbabu, Benarkah ada Macan Loreng?

Keamanan dan Kenyamanan

Wisata Kraksaan sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memastikan keamanan dan kenyamanan para pengunjung. Di tempat ini terdapat pos keamanan yang selalu siaga 24 jam serta petugas yang siap membantu jika terjadi sesuatu. Selain itu, di tempat ini juga terdapat toilet umum yang selalu dijaga kebersihannya serta tempat parkir kendaraan yang luas dan aman.

Rekomendasi Waktu Terbaik

Jika Anda ingin berkunjung ke Wisata Kraksaan, disarankan untuk datang pada musim kemarau atau saat cuaca sedang cerah. Hal ini dikarenakan pada musim hujan, jalanan menuju ke tempat ini cukup licin dan berbahaya. Selain itu, pada saat cuaca cerah, Anda bisa menikmati keindahan alam dan budaya tanpa terhalang oleh cuaca yang buruk.

Rekomendasi Kegiatan

Ada beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Wisata Kraksaan. Salah satunya adalah trekking atau hiking ke Gunung Argopuro. Gunung ini memiliki jalur pendakian yang cukup menantang namun sangat memuaskan karena pemandangan yang bisa dinikmati di puncaknya sangat mempesona. Selain itu, Anda juga bisa berenang di kolam renang, bermain air di air terjun, atau sekedar berjalan-jalan menikmati keindahan alam dan budaya.

Keindahan Malam Hari

Wisata Kraksaan juga memiliki keindahan yang tidak kalah menarik pada malam hari. Di sini terdapat bintang-bintang yang sangat terlihat jelas karena udara yang masih bersih. Selain itu, di sekitar tempat ini juga terdapat beberapa warung makan dan restoran yang buka sampai malam hari sehingga Anda bisa menikmati kuliner khas daerah sambil menikmati keindahan malam hari.

Wisata Lainnya:  10 Tempat Wisata Purwakarta Dekat Stasiun yang Harus Dikunjungi

Rekomendasi Paket Tour

Jika Anda ingin berkunjung ke Wisata Kraksaan namun tidak tahu bagaimana cara mengatur perjalanan, Anda bisa memilih paket tour dari agen wisata yang terpercaya. Paket tour ini biasanya sudah termasuk dengan biaya transportasi, penginapan, dan tiket masuk ke Wisata Kraksaan. Beberapa agen wisata yang bisa Anda pilih antara lain Golden Rama, Pusaka Lintas Wisata, dan Rajawali Tour.

Keunggulan Wisata Kraksaan

Wisata Kraksaan memiliki beberapa keunggulan yang membuat tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik. Beberapa keunggulan tersebut antara lain:

  1. Keindahan alam yang sangat menawan
  2. Keindahan budaya yang sangat menarik
  3. Harga tiket masuk yang sangat terjangkau
  4. Banyak pilihan penginapan yang bisa dipilih
  5. Banyak kuliner khas daerah yang bisa dinikmati
  6. Banyak kegiatan dan acara yang menarik
  7. Pos keamanan dan fasilitas yang memadai

Kesimpulan

Wisata Kraksaan adalah destinasi wisata yang sangat menarik di Jawa Timur. Tempat ini menawarkan keindahan alam dan budaya yang sangat menawan. Selain itu, di tempat ini juga terdapat berbagai fasilitas yang memastikan keamanan dan kenyamanan para pengunjung. Jadi tunggu apalagi, segera kunjungi Wisata Kraksaan dan nikmati keindahan alam dan budaya yang ditawarkan.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *