Wisata Gratis di Jogja: Nikmati Liburan Hemat Tanpa Kehilangan Keseruan

Posted on

Jogja adalah kota yang terkenal dengan wisata budayanya yang kaya dan beragam. Namun, tentu saja untuk menikmati wisata di Jogja, kita perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar. Tapi, jangan khawatir! Di Jogja, masih banyak wisata gratis yang bisa kamu nikmati. Inilah beberapa rekomendasi wisata gratis di Jogja yang akan membuat liburanmu tetap seru tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.

1. Taman Sari

Taman Sari adalah salah satu destinasi wisata yang terkenal di Jogja. Taman yang terletak di dalam Keraton Yogyakarta ini memiliki sejarah yang sangat menarik. Kamu bisa mengunjungi Taman Sari dan menikmati keindahan bangunan dengan gratis. Namun, jika ingin masuk ke dalam museum, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000.

2. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah pantai yang terkenal di Jogja. Pantai ini terletak sekitar 28 km dari pusat kota Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan pantai dengan gratis. Namun, jika kamu ingin menikmati aktivitas seperti naik kuda atau menikmati makanan khas pantai, kamu perlu membayar biaya tambahan.

3. Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul adalah salah satu tempat wisata yang populer di Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan alun-alun dengan gratis. Selain itu, kamu juga bisa bermain flying fox dan menikmati makanan khas Jogja dengan harga yang terjangkau.

4. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro adalah pusat perbelanjaan di Jogja. Kamu bisa menikmati suasana jalan Malioboro dengan gratis. Kamu bisa berkeliling jalan Malioboro dan menikmati makanan khas Jogja dengan harga yang terjangkau.

5. Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah salah satu destinasi wisata sejarah yang terkenal di Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan Candi Prambanan dengan gratis. Namun, jika ingin masuk ke dalam museum, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000.

Wisata Lainnya:  30 Tempat Wisata di Kemiling Bandar Lampung yang Menarik untuk Dikunjungi

6. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo adalah museum sejarah dan budaya yang terletak di pusat kota Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan museum dengan gratis. Di dalam museum, kamu bisa melihat berbagai koleksi sejarah dan budaya dari Jawa Tengah.

7. Taman Budaya Yogyakarta

Taman Budaya Yogyakarta adalah tempat wisata budaya yang terletak di pusat kota Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan taman dengan gratis. Di dalam taman, kamu bisa melihat berbagai pertunjukan seni dan budaya dari Jogja.

8. Goa Pindul

Goa Pindul adalah tempat wisata alam yang terletak sekitar 60 km dari pusat kota Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan goa dengan gratis. Namun, jika ingin menikmati aktivitas seperti rafting, kamu perlu membayar biaya tambahan.

9. Pantai Krakal

Pantai Krakal adalah pantai yang terletak sekitar 60 km dari pusat kota Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan pantai dengan gratis. Namun, jika kamu ingin menikmati aktivitas seperti snorkeling atau menikmati makanan khas pantai, kamu perlu membayar biaya tambahan.

10. Taman Lampion

Taman Lampion adalah taman yang terletak di kawasan Bantul, Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan taman dengan gratis. Di dalam taman, kamu bisa melihat berbagai lampion yang indah di malam hari.

11. Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah salah satu destinasi wisata sejarah yang terkenal di Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan Candi Borobudur dengan gratis. Namun, jika ingin masuk ke dalam museum, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000.

12. Pantai Baron

Pantai Baron adalah pantai yang terletak sekitar 60 km dari pusat kota Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan pantai dengan gratis. Namun, jika kamu ingin menikmati aktivitas seperti naik kuda atau menikmati makanan khas pantai, kamu perlu membayar biaya tambahan.

13. Taman Pintar

Taman Pintar adalah tempat wisata edukasi yang terletak di pusat kota Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan taman dengan gratis. Di dalam taman, kamu bisa belajar berbagai hal tentang sains dan teknologi dengan cara yang menyenangkan.

14. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka adalah kebun binatang yang terletak di pusat kota Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan kebun binatang dengan gratis. Namun, jika ingin masuk ke dalam area tertentu, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000.

Wisata Lainnya:  Wisata Way Bekhak: Menikmati Pesona Alam yang Menawan

15. Bukit Bintang

Bukit Bintang adalah tempat wisata alam yang terletak sekitar 25 km dari pusat kota Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan bukit dengan gratis. Di atas bukit, kamu bisa melihat pemandangan Kota Jogja yang indah.

16. Kaliurang

Kaliurang adalah tempat wisata alam yang terletak sekitar 25 km dari pusat kota Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan alam dengan gratis. Di Kaliurang, kamu bisa berjalan-jalan dan menikmati udara segar yang sejuk.

17. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti adalah pantai yang terletak sekitar 25 km dari pusat kota Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan pantai dengan gratis. Namun, jika kamu ingin menikmati aktivitas seperti snorkeling atau menikmati makanan khas pantai, kamu perlu membayar biaya tambahan.

18. Pantai Timang

Pantai Timang adalah pantai yang terletak sekitar 50 km dari pusat kota Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan pantai dengan gratis. Namun, jika kamu ingin menikmati aktivitas seperti menyeberangi jembatan gantung, kamu perlu membayar biaya tambahan.

19. Museum Geologi

Museum Geologi adalah museum sejarah dan budaya yang terletak di pusat kota Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan museum dengan gratis. Di dalam museum, kamu bisa melihat berbagai koleksi benda-benda geologi dari seluruh Indonesia.

20. Goa Jomblang

Goa Jomblang adalah tempat wisata alam yang terletak sekitar 60 km dari pusat kota Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan goa dengan gratis. Namun, jika ingin menikmati aktivitas seperti menjelajahi goa, kamu perlu membayar biaya tambahan.

21. Gunung Merapi

Gunung Merapi adalah gunung yang terletak sekitar 30 km dari pusat kota Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan gunung dengan gratis. Namun, jika kamu ingin menikmati aktivitas seperti hiking, kamu perlu membayar biaya tambahan.

22. Taman Rekreasi Kaliurang

Taman Rekreasi Kaliurang adalah taman yang terletak di Kaliurang, Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan taman dengan gratis. Di dalam taman, kamu bisa bermain flying fox dan menikmati makanan khas Jogja dengan harga yang terjangkau.

23. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu adalah museum sejarah dan budaya yang terletak sekitar 10 km dari pusat kota Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan museum dengan gratis. Di dalam museum, kamu bisa melihat berbagai koleksi sejarah dan budaya dari Keraton Yogyakarta.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata di Melaka: Menjelajahi Sejarah dan Budaya Malaysia

24. Pantai Glagah

Pantai Glagah adalah pantai yang terletak sekitar 10 km dari pusat kota Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan pantai dengan gratis. Namun, jika kamu ingin menikmati aktivitas seperti menaiki perahu nelayan atau menikmati makanan khas pantai, kamu perlu membayar biaya tambahan.

25. Pantai Kukup

Pantai Kukup adalah pantai yang terletak sekitar 30 km dari pusat kota Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan pantai dengan gratis. Namun, jika kamu ingin menikmati aktivitas seperti snorkeling atau menikmati makanan khas pantai, kamu perlu membayar biaya tambahan.

26. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa adalah museum sejarah dan budaya yang terletak sekitar 50 km dari pusat kota Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan museum dengan gratis. Di dalam museum, kamu bisa melihat berbagai koleksi kereta api dari seluruh Indonesia.

27. Pantai Depok

Pantai Depok adalah pantai yang terletak sekitar 15 km dari pusat kota Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan pantai dengan gratis. Namun, jika kamu ingin menikmati aktivitas seperti menaiki perahu nelayan atau menikmati makanan khas pantai, kamu perlu membayar biaya tambahan.

28. Taman Sari Water Castle

Taman Sari Water Castle adalah destinasi wisata sejarah yang terletak di dalam Keraton Yogyakarta. Kamu bisa menikmati keindahan bangunan dengan gratis. Namun, jika ingin masuk ke dalam museum, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000.

29. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran adalah pantai yang terletak sekitar 60 km dari pusat kota Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan pantai dengan gratis. Namun, jika kamu ingin menikmati aktivitas seperti menaiki perahu nelayan atau menikmati makanan khas pantai, kamu perlu membayar biaya tambahan.

30. Pantai Sundak

Pantai Sundak adalah pantai yang terletak sekitar 60 km dari pusat kota Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan pantai dengan gratis. Namun, jika kamu ingin menikmati aktivitas seperti menaiki perahu nelayan atau menikmati makanan khas pantai, kamu perlu membayar biaya tambahan.

Itulah beberapa rekomendasi wisata gratis di Jogja yang bisa kamu kunjungi. Dengan mengunjungi tempat-tempat ini, kamu bisa menikmati liburan hemat tanpa kehilangan keseruan. Selamat berlibur!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *