Wisata Dompu – Temukan Keindahan Alamnya

Posted on

Dompu adalah salah satu kota yang terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Meskipun terbilang kecil, kota ini menyimpan keindahan alam yang memukau. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Dompu yang wajib dikunjungi.

Pantai Lakey

Pantai Lakey adalah salah satu pantai yang terkenal di Dompu. Pantai ini terletak di Desa Hu’u, dan menjadi tempat yang sangat populer bagi para peselancar. Pantai Lakey memiliki ombak yang cukup besar dan kencang, sehingga cocok bagi para peselancar yang ingin mencoba keberuntungan mereka di atas ombak. Selain itu, pemandangan di sekitar pantai juga sangat indah, dengan pasir putih dan air laut yang jernih.

Puncak Bima

Puncak Bima adalah salah satu tempat wisata yang terkenal di Dompu. Puncak ini terletak di Desa Sumbawa, dan dapat dicapai dengan perjalanan darat yang memakan waktu sekitar dua jam dari kota Dompu. Dari puncak ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang sangat indah, dengan gunung-gunung yang menjulang tinggi di sekitarnya. Puncak Bima juga menjadi tempat yang populer bagi para pendaki, karena terdapat beberapa jalur pendakian yang dapat dicoba.

Pantai Donggo

Pantai Donggo adalah pantai yang terletak di Desa Donggo, Dompu. Pantai ini adalah tempat yang sangat tenang dan damai, dengan air laut yang jernih dan pasir putih yang lembut. Pantai Donggo juga cocok untuk snorkeling, karena terdapat berbagai jenis ikan dan terumbu karang yang sangat indah di bawah permukaan laut. Selain itu, pantai ini juga menjadi tempat yang populer bagi para fotografer, karena pemandangannya yang sangat indah.

Bukit Nggahi

Bukit Nggahi adalah salah satu tempat wisata yang terkenal di Dompu. Bukit ini terletak di Desa Nggahi, dan dapat dicapai dengan perjalanan darat yang memakan waktu sekitar satu jam dari kota Dompu. Dari bukit ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang sangat indah, dengan hamparan sawah dan perbukitan yang hijau. Bukit Nggahi juga menjadi tempat yang populer bagi para penggemar hiking, karena terdapat beberapa jalur hiking yang dapat dicoba.

Pantai Tarimbang

Pantai Tarimbang adalah salah satu pantai yang terkenal di Dompu. Pantai ini terletak di Desa Tarimbang, dan menjadi tempat yang sangat populer bagi para peselancar. Pantai Tarimbang memiliki ombak yang cukup besar dan kencang, sehingga cocok bagi para peselancar yang ingin mencoba keberuntungan mereka di atas ombak. Selain itu, pemandangan di sekitar pantai juga sangat indah, dengan pasir putih dan air laut yang jernih.

Wisata Lainnya:  Wisata Air Putri Duyung Depok: Destinasi Wisata Menarik di Depok

Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep adalah air terjun yang terletak di Desa Senaru, Dompu. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter, dan di bawahnya terdapat kolam air yang sangat jernih. Air Terjun Tiu Kelep juga menjadi tempat yang populer bagi para wisatawan yang ingin berenang atau melakukan trekking. Selain itu, di sekitar air terjun ini juga terdapat hamparan sawah yang hijau dan indah.

Gunung Tambora

Gunung Tambora adalah gunung yang terletak di Kabupaten Dompu. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.850 meter, dan merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif di Indonesia. Gunung Tambora juga mempunyai sejarah yang sangat menarik, karena pada tahun 1815 terjadi letusan gunung yang sangat dahsyat dan menyebabkan bencana alam yang besar. Saat ini, Gunung Tambora menjadi tempat yang populer bagi para pendaki, karena terdapat beberapa jalur pendakian yang dapat dicoba.

Pantai Sumbawa

Pantai Sumbawa adalah pantai yang terletak di Desa Sumbawa, Dompu. Pantai ini adalah tempat yang sangat tenang dan damai, dengan air laut yang jernih dan pasir putih yang lembut. Pantai Sumbawa cocok untuk snorkeling, karena terdapat berbagai jenis ikan dan terumbu karang yang sangat indah di bawah permukaan laut. Selain itu, pantai ini juga menjadi tempat yang populer bagi para fotografer, karena pemandangannya yang sangat indah.

Bukit Batu Bulan

Bukit Batu Bulan adalah salah satu tempat wisata yang terkenal di Dompu. Bukit ini terletak di Desa Batu Bulan, dan dapat dicapai dengan perjalanan darat yang memakan waktu sekitar satu jam dari kota Dompu. Dari bukit ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang sangat indah, dengan hamparan sawah dan perbukitan yang hijau. Bukit Batu Bulan juga menjadi tempat yang populer bagi para penggemar hiking, karena terdapat beberapa jalur hiking yang dapat dicoba.

Pantai Poto Tano

Pantai Poto Tano adalah salah satu pantai yang terkenal di Dompu. Pantai ini terletak di Desa Poto Tano, dan menjadi tempat yang sangat populer bagi para pengunjung yang ingin menikmati sunset. Pantai Poto Tano memiliki pemandangan yang sangat indah, dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, di sekitar pantai ini juga terdapat beberapa warung makan dan penginapan yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu adalah air terjun yang terletak di Desa Aik Berik, Dompu. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter, dan di bawahnya terdapat kolam air yang sangat jernih. Air Terjun Benang Kelambu juga menjadi tempat yang populer bagi para wisatawan yang ingin berenang atau melakukan trekking. Selain itu, di sekitar air terjun ini juga terdapat hamparan sawah yang hijau dan indah.

Wisata Lainnya:  Pantai Cemara Tuban: Surga Tersembunyi di Pinggir Kota

Pantai Hu’u

Pantai Hu’u adalah salah satu pantai yang terkenal di Dompu. Pantai ini terletak di Desa Hu’u, dan menjadi tempat yang sangat populer bagi para pengunjung yang ingin menikmati sunset. Pantai Hu’u memiliki pemandangan yang sangat indah, dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, di sekitar pantai ini juga terdapat beberapa warung makan dan penginapan yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Air Terjun Jeruk Manis

Air Terjun Jeruk Manis adalah air terjun yang terletak di Desa Lenangguar, Dompu. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter, dan di bawahnya terdapat kolam air yang sangat jernih. Air Terjun Jeruk Manis juga menjadi tempat yang populer bagi para wisatawan yang ingin berenang atau melakukan trekking. Selain itu, di sekitar air terjun ini juga terdapat hamparan sawah yang hijau dan indah.

Pantai Mekaki

Pantai Mekaki adalah salah satu pantai yang terkenal di Dompu. Pantai ini terletak di Desa Mekaki, dan menjadi tempat yang sangat populer bagi para pengunjung yang ingin menikmati sunset. Pantai Mekaki memiliki pemandangan yang sangat indah, dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, di sekitar pantai ini juga terdapat beberapa warung makan dan penginapan yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Gunung Doro Ncanga

Gunung Doro Ncanga adalah gunung yang terletak di Kabupaten Dompu. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.553 meter, dan merupakan salah satu gunung yang paling populer di Dompu. Gunung Doro Ncanga juga menjadi tempat yang populer bagi para pendaki, karena terdapat beberapa jalur pendakian yang dapat dicoba. Dari puncak gunung, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang sangat indah, dengan hamparan sawah dan perbukitan yang hijau.

Pantai Kencana

Pantai Kencana adalah salah satu pantai yang terkenal di Dompu. Pantai ini terletak di Desa Kencana, dan menjadi tempat yang sangat populer bagi para pengunjung yang ingin menikmati sunset. Pantai Kencana memiliki pemandangan yang sangat indah, dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, di sekitar pantai ini juga terdapat beberapa warung makan dan penginapan yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Air Terjun Benang Stokel

Air Terjun Benang Stokel adalah air terjun yang terletak di Desa Aik Berik, Dompu. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter, dan di bawahnya terdapat kolam air yang sangat jernih. Air Terjun Benang Stokel juga menjadi tempat yang populer bagi para wisatawan yang ingin berenang atau melakukan trekking. Selain itu, di sekitar air terjun ini juga terdapat hamparan sawah yang hijau dan indah.

Wisata Lainnya:  Wisata Jepang di Malang: Nikmati Pengalaman Jepang di Indonesia

Pantai Pancer

Pantai Pancer adalah salah satu pantai yang terkenal di Dompu. Pantai ini terletak di Desa Pancer, dan menjadi tempat yang sangat populer bagi para pengunjung yang ingin menikmati sunset. Pantai Pancer memiliki pemandangan yang sangat indah, dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, di sekitar pantai ini juga terdapat beberapa warung makan dan penginapan yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Air Terjun Batu Wulanggitang

Air Terjun Batu Wulanggitang adalah air terjun yang terletak di Desa Mekaki, Dompu. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter, dan di bawahnya terdapat kolam air yang sangat jernih. Air Terjun Batu Wulanggitang juga menjadi tempat yang populer bagi para wisatawan yang ingin berenang atau melakukan trekking. Selain itu, di sekitar air terjun ini juga terdapat hamparan sawah yang hijau dan indah.

Pantai Keli

Pantai Keli adalah salah satu pantai yang terkenal di Dompu. Pantai ini terletak di Desa Keli, dan menjadi tempat yang sangat populer bagi para pengunjung yang ingin menikmati sunset. Pantai Keli memiliki pemandangan yang sangat indah, dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, di sekitar pantai ini juga terdapat beberapa warung makan dan penginapan yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Air Terjun Benang Setokel

Air Terjun Benang Setokel adalah air terjun yang terletak di Desa Aik Berik, Dompu. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter, dan di bawahnya terdapat kolam air yang sangat jernih. Air Terjun Benang Setokel juga menjadi tempat yang populer bagi para wisatawan yang ingin berenang atau melakukan trekking. Selain itu, di sekitar air terjun ini juga terdapat hamparan sawah yang hijau dan indah.

Pantai Bwanna

Pantai Bwanna adalah salah satu pantai yang terkenal di Dompu. Pantai ini terletak di Desa Bwanna, dan menjadi tempat yang sangat populer bagi para pengunjung yang ingin menikmati sunset. Pantai Bwanna memiliki pemandangan yang sangat indah, dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, di sekitar pantai ini juga terdapat beberapa warung makan dan penginapan yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Air Ter

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *