Wisata Dieng Malam Hari

Posted on

Dieng merupakan daerah wisata yang terletak di Jawa Tengah. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Dieng juga menawarkan pengalaman wisata malam yang tak kalah menariknya. Berikut adalah beberapa destinasi wisata Dieng malam hari yang bisa kamu kunjungi.

1. Menikmati Sunrise di Bukit Sikunir

Salah satu hal terbaik yang bisa kamu lakukan di Dieng malam hari adalah menikmati sunrise di Bukit Sikunir. Kamu bisa berangkat dari penginapan sekitar pukul 03.00 WIB untuk mendaki bukit sejauh 2 kilometer. Sampai di atas, kamu akan disuguhi pemandangan matahari terbit yang sangat memukau.

2. Melihat Kesenian Wayang Kulit di Pendopo

Dieng juga memiliki kesenian wayang kulit yang sangat terkenal. Kamu bisa menonton pertunjukan wayang kulit di Pendopo, di dekat Candi Arjuna. Pertunjukan dimulai pada pukul 20.00 WIB dan berlangsung selama 3 jam.

3. Bermain Ski di Gunung Prau

Jika kamu ingin mencoba aktivitas yang lebih menantang, kamu bisa mencoba bermain ski di Gunung Prau. Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 mdpl dan terkenal dengan pemandangan yang sangat indah. Kamu bisa menyewa perlengkapan ski di penginapan sekitar.

4. Mengunjungi Telaga Warna

Telaga Warna merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Dieng. Kamu bisa mengunjungi Telaga Warna di malam hari dan menikmati keindahan alamnya yang sangat memukau. Jangan lupa membawa jaket tebal karena suhu di sini sangat dingin.

Wisata Lainnya:  Wisata Menoreh: Pesona Alam yang Memikat dan Menantang

5. Menikmati Kuliner Khas Dieng

Tidak lengkap rasanya jika kamu berkunjung ke Dieng malam hari tanpa mencoba kuliner khasnya. Beberapa makanan yang wajib kamu coba adalah mi kocok, sate kelinci, dan gorengan. Kamu bisa mencarinya di sekitar kawasan wisata Dieng.

6. Mengunjungi Candi Arjuna

Candi Arjuna merupakan salah satu candi Hindu terbesar di Dieng. Kamu bisa mengunjungi Candi Arjuna di malam hari dan menikmati pemandangan candi yang indah. Di sekitar Candi Arjuna juga terdapat banyak warung makan dan toko oleh-oleh.

7. Bermain Air di Curug Sigong

Curug Sigong adalah air terjun yang terletak di kawasan Dieng. Kamu bisa bermain air di Curug Sigong di malam hari dan menikmati keindahan alamnya yang sangat memukau. Jangan lupa membawa pakaian ganti dan handuk.

8. Mengunjungi Museum Dieng

Museum Dieng merupakan museum yang berisi tentang sejarah dan budaya Dieng. Kamu bisa mengunjungi museum ini di malam hari dan belajar tentang sejarah dan budaya Dieng. Museum ini buka setiap hari dari pukul 09.00 – 17.00 WIB.

9. Bermain Api di Kawah Sileri

Kawah Sileri adalah salah satu kawah di Dieng yang masih aktif. Kamu bisa bermain api di Kawah Sileri di malam hari dan menikmati keindahan alamnya yang sangat memukau. Namun, kamu harus berhati-hati karena kawah ini sangat berbahaya.

10. Mengunjungi Pasar Malam Dieng

Pasar Malam Dieng adalah pasar malam yang berisi tentang kuliner dan kerajinan khas Dieng. Kamu bisa mengunjungi pasar malam ini di malam hari dan mencoba beberapa kuliner dan kerajinan khas Dieng. Pasar malam ini buka setiap hari pada pukul 17.00 – 22.00 WIB.

11. Bermain Air di Telaga Menjer

Telaga Menjer adalah telaga yang terletak di kawasan Dieng. Kamu bisa bermain air di Telaga Menjer di malam hari dan menikmati keindahan alamnya yang sangat memukau. Jangan lupa membawa pakaian ganti dan handuk.

12. Mengunjungi Puncak Sikunir

Puncak Sikunir adalah salah satu puncak di Dieng yang terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang sangat memukau. Kamu bisa mengunjungi Puncak Sikunir di malam hari dan menikmati pemandangan bintang yang indah.

13. Bermain Api di Bukit Sikunir

Bukit Sikunir juga memiliki api abadi yang sangat terkenal. Kamu bisa bermain api di Bukit Sikunir di malam hari dan menikmati keindahan alamnya yang sangat memukau. Namun, kamu harus berhati-hati karena api ini sangat panas.

14. Mengunjungi Candi Bima

Candi Bima adalah salah satu candi Hindu kecil yang terletak di kawasan Dieng. Kamu bisa mengunjungi Candi Bima di malam hari dan menikmati pemandangan candi yang indah. Di sekitar Candi Bima juga terdapat banyak warung makan dan toko oleh-oleh.

Wisata Lainnya:  Menikmati Keindahan Wisata Serang Purbalingga

15. Bermain Air di Curug Bima

Curug Bima adalah air terjun yang terletak di kawasan Dieng. Kamu bisa bermain air di Curug Bima di malam hari dan menikmati keindahan alamnya yang sangat memukau. Jangan lupa membawa pakaian ganti dan handuk.

16. Mengunjungi Candi Gatotkaca

Candi Gatotkaca adalah salah satu candi Hindu terbesar di Dieng. Kamu bisa mengunjungi Candi Gatotkaca di malam hari dan menikmati pemandangan candi yang indah. Di sekitar Candi Gatotkaca juga terdapat banyak warung makan dan toko oleh-oleh.

17. Bermain Air di Curug Lawe

Curug Lawe adalah air terjun yang terletak di kawasan Dieng. Kamu bisa bermain air di Curug Lawe di malam hari dan menikmati keindahan alamnya yang sangat memukau. Jangan lupa membawa pakaian ganti dan handuk.

18. Mengunjungi Candi Dwarawati

Candi Dwarawati adalah salah satu candi Hindu kecil yang terletak di kawasan Dieng. Kamu bisa mengunjungi Candi Dwarawati di malam hari dan menikmati pemandangan candi yang indah. Di sekitar Candi Dwarawati juga terdapat banyak warung makan dan toko oleh-oleh.

19. Bermain Air di Curug Benowo

Curug Benowo adalah air terjun yang terletak di kawasan Dieng. Kamu bisa bermain air di Curug Benowo di malam hari dan menikmati keindahan alamnya yang sangat memukau. Jangan lupa membawa pakaian ganti dan handuk.

20. Mengunjungi Candi Puntadewa

Candi Puntadewa adalah salah satu candi Hindu kecil yang terletak di kawasan Dieng. Kamu bisa mengunjungi Candi Puntadewa di malam hari dan menikmati pemandangan candi yang indah. Di sekitar Candi Puntadewa juga terdapat banyak warung makan dan toko oleh-oleh.

21. Bermain Air di Curug Kembar

Curug Kembar adalah air terjun yang terletak di kawasan Dieng. Kamu bisa bermain air di Curug Kembar di malam hari dan menikmati keindahan alamnya yang sangat memukau. Jangan lupa membawa pakaian ganti dan handuk.

22. Mengunjungi Candi Pandawa

Candi Pandawa adalah salah satu candi Hindu kecil yang terletak di kawasan Dieng. Kamu bisa mengunjungi Candi Pandawa di malam hari dan menikmati pemandangan candi yang indah. Di sekitar Candi Pandawa juga terdapat banyak warung makan dan toko oleh-oleh.

23. Bermain Air di Curug Jompong

Curug Jompong adalah air terjun yang terletak di kawasan Dieng. Kamu bisa bermain air di Curug Jompong di malam hari dan menikmati keindahan alamnya yang sangat memukau. Jangan lupa membawa pakaian ganti dan handuk.

Wisata Lainnya:  Colomadu Solo Wisata: Menikmati Keindahan Alam Solo yang Menakjubkan

24. Mengunjungi Candi Gatotkaca Barat

Candi Gatotkaca Barat adalah salah satu candi Hindu kecil yang terletak di kawasan Dieng. Kamu bisa mengunjungi Candi Gatotkaca Barat di malam hari dan menikmati pemandangan candi yang indah. Di sekitar Candi Gatotkaca Barat juga terdapat banyak warung makan dan toko oleh-oleh.

25. Bermain Air di Curug Ngumpet

Curug Ngumpet adalah air terjun yang terletak di kawasan Dieng. Kamu bisa bermain air di Curug Ngumpet di malam hari dan menikmati keindahan alamnya yang sangat memukau. Jangan lupa membawa pakaian ganti dan handuk.

26. Mengunjungi Candi Bima Utara

Candi Bima Utara adalah salah satu candi Hindu kecil yang terletak di kawasan Dieng. Kamu bisa mengunjungi Candi Bima Utara di malam hari dan menikmati pemandangan candi yang indah. Di sekitar Candi Bima Utara juga terdapat banyak warung makan dan toko oleh-oleh.

27. Bermain Air di Curug Cikanteh

Curug Cikanteh adalah air terjun yang terletak di kawasan Dieng. Kamu bisa bermain air di Curug Cikanteh di malam hari dan menikmati keindahan alamnya yang sangat memukau. Jangan lupa membawa pakaian ganti dan handuk.

28. Mengunjungi Candi Arjuna Barat

Candi Arjuna Barat adalah salah satu candi Hindu kecil yang terletak di kawasan Dieng. Kamu bisa mengunjungi Candi Arjuna Barat di malam hari dan menikmati pemandangan candi yang indah. Di sekitar Candi Arjuna Barat juga terdapat banyak warung makan dan toko oleh-oleh.

29. Bermain Air di Curug Sembilan

Curug Sembilan adalah air terjun yang terletak di kawasan Dieng. Kamu bisa bermain air di Curug Sembilan di malam hari dan menikmati keindahan alamnya yang sangat memukau. Jangan lupa membawa pakaian ganti dan handuk.

30. Mengunjungi Candi Semar

Candi Semar adalah salah satu candi Hindu kecil yang terletak di kawasan Dieng. Kamu bisa mengunjungi Candi Semar di malam hari dan menikmati pemandangan candi yang indah. Di sekitar Candi Semar juga terdapat banyak warung makan dan toko oleh-oleh.

Kesimpulan

Dieng menawarkan pengalaman wisata malam yang sangat menarik. Dari menikmati sunrise di Bukit Sikunir hingga mengunjungi candi-candi Hindu, kamu akan disuguhi pemandangan dan pengalaman yang tak terlupakan. Jangan lupa mencoba kuliner khas Dieng dan membawa jaket tebal karena suhu di sini sangat dingin. Selamat berwisata malam di Dieng!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *