Wisata di Tanjung Selor: Wisata Alam dan Budaya yang Menawan

Posted on

Tanjung Selor adalah kota kecil yang terletak di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Meskipun ukurannya kecil, kota ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Tanjung Selor yang bisa menjadi pilihan untuk liburan Anda.

1. Pantai Kebayakan

Pantai Kebayakan merupakan salah satu pantai yang terkenal di Tanjung Selor. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga memiliki hamparan rumput laut yang indah dan dapat dijadikan sebagai objek foto yang menarik. Anda juga dapat menikmati keindahan matahari terbenam di pantai ini.

2. Danau Sembuluh

Danau Sembuluh adalah danau terbesar di Kalimantan Utara. Danau ini memiliki luas sekitar 15.000 hektar dan dikelilingi oleh hutan yang masih alami. Anda dapat menikmati keindahan alam danau ini dengan menyewa perahu atau kapal kayu. Selain itu, danau ini juga menjadi habitat bagi berbagai jenis ikan seperti baung, nila, dan lele.

3. Pulau Bunyu

Pulau Bunyu adalah pulau yang terletak di sebelah utara Tanjung Selor. Pulau ini memiliki pantai yang indah dan air laut yang jernih. Selain itu, pulau ini juga memiliki beberapa tempat wisata seperti air terjun, goa, dan makam para leluhur. Pulau Bunyu juga terkenal dengan produksi kelapa dan kayu.

4. Kampung Budaya Tanjung Selor

Kampung Budaya Tanjung Selor adalah tempat yang tepat untuk Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang budaya dan adat istiadat suku Bulungan. Di kampung ini, Anda dapat melihat berbagai macam kerajinan tangan seperti anyaman bambu, tenun, dan ukiran kayu. Selain itu, kampung ini juga memiliki rumah adat yang merupakan tempat tinggal tradisional suku Bulungan.

5. Pasar Tradisional Tanjung Selor

Pasar tradisional Tanjung Selor adalah tempat yang tepat untuk Anda yang ingin mencari oleh-oleh khas Kalimantan Utara. Di pasar ini, Anda dapat menemukan berbagai macam makanan dan kerajinan tangan yang unik. Pasar ini juga menjadi tempat pertemuan antara penduduk setempat dan wisatawan.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata di Kerinci - Menikmati Keindahan Alam Sumatra Barat

6. Taman Wisata Alam Bukit Raya

Taman Wisata Alam Bukit Raya adalah tempat yang tepat untuk Anda yang ingin menikmati keindahan alam Tanjung Selor. Di taman ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti camping, trekking, dan menikmati keindahan air terjun. Selain itu, taman ini juga menjadi habitat bagi berbagai macam flora dan fauna yang dilindungi.

7. Museum Keraton Tanjung Selor

Museum Keraton Tanjung Selor adalah tempat yang tepat untuk Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang sejarah Kerajaan Bulungan. Di museum ini, Anda dapat melihat berbagai macam koleksi seperti pakaian adat, senjata tradisional, dan kerajinan tangan. Selain itu, museum ini juga memiliki bangunan yang indah dan bersejarah.

8. Pulau Samama

Pulau Samama adalah pulau kecil yang terletak di sebelah timur Tanjung Selor. Pulau ini memiliki pantai yang indah dan air laut yang jernih. Selain itu, pulau ini juga menjadi tempat bertelur bagi penyu hijau. Anda dapat menikmati keindahan alam pulau ini dengan menyewa perahu atau kapal kayu.

9. Wisata Kuliner Tanjung Selor

Tanjung Selor juga memiliki berbagai macam kuliner yang lezat. Beberapa kuliner yang dapat Anda coba di Tanjung Selor antara lain soto, nasi kuning, ikan bakar, dan sate. Selain itu, Anda juga dapat mencoba minuman khas seperti es kelapa muda dan es sirup buah.

10. Wisata Belanja Tanjung Selor

Bagi Anda yang suka berbelanja, Tanjung Selor memiliki berbagai macam tempat belanja yang dapat Anda kunjungi. Beberapa tempat belanja yang terkenal di Tanjung Selor antara lain pasar tradisional, pusat perbelanjaan, dan toko oleh-oleh. Di tempat ini, Anda dapat membeli berbagai macam oleh-oleh khas Kalimantan Utara.

11. Pantai Krayan

Pantai Krayan adalah pantai yang terletak di sebelah selatan Tanjung Selor. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga memiliki hamparan rumput laut yang indah dan dapat dijadikan sebagai objek foto yang menarik. Anda juga dapat menikmati keindahan matahari terbenam di pantai ini.

12. Air Terjun Jambu

Air Terjun Jambu adalah air terjun yang terletak di sebelah barat Tanjung Selor. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan memiliki kolam alami yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan alam sekitar air terjun ini dengan berjalan kaki atau berenang di kolam alami yang ada.

13. Pulau Maratua

Pulau Maratua adalah pulau yang terletak di sebelah timur Tanjung Selor. Pulau ini memiliki pantai yang indah dan air laut yang jernih. Selain itu, pulau ini juga menjadi tempat bertelur bagi penyu hijau. Anda dapat menikmati keindahan alam pulau ini dengan menyewa perahu atau kapal kayu.

Wisata Lainnya:  Wisata Plangon: Destinasi Wisata Terbaru di Semarang

14. Air Terjun Merah

Air Terjun Merah adalah air terjun yang terletak di sebelah timur Tanjung Selor. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan memiliki kolam alami yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan alam sekitar air terjun ini dengan berjalan kaki atau berenang di kolam alami yang ada.

15. Hutan Lindung Bukit Soeharto

Hutan Lindung Bukit Soeharto adalah hutan yang terletak di sebelah selatan Tanjung Selor. Hutan ini memiliki luas sekitar 61.000 hektar dan dikelilingi oleh pegunungan yang indah. Anda dapat menikmati keindahan alam sekitar hutan ini dengan berjalan kaki atau berkemah di area yang telah disediakan.

16. Museum Perjuangan Bulungan

Museum Perjuangan Bulungan adalah tempat yang tepat untuk Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang sejarah perjuangan rakyat Kalimantan Utara. Di museum ini, Anda dapat melihat berbagai macam koleksi seperti foto, dokumen, dan senjata yang digunakan dalam perjuangan. Selain itu, museum ini juga memiliki bangunan yang indah dan bersejarah.

17. Taman Wisata Alam Bukit Batu

Taman Wisata Alam Bukit Batu adalah tempat yang tepat untuk Anda yang ingin menikmati keindahan alam Tanjung Selor. Di taman ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti camping, trekking, dan menikmati keindahan air terjun. Selain itu, taman ini juga menjadi habitat bagi berbagai macam flora dan fauna yang dilindungi.

18. Pulau Derawan

Pulau Derawan adalah pulau yang terletak di sebelah timur Tanjung Selor. Pulau ini memiliki pantai yang indah dan air laut yang jernih. Selain itu, pulau ini juga menjadi habitat bagi berbagai macam satwa laut seperti penyu hijau, ikan pari, dan hiu. Anda dapat menikmati keindahan alam pulau ini dengan menyewa perahu atau kapal kayu.

19. Museum Adat Dayak Tanjung Selor

Museum Adat Dayak Tanjung Selor adalah tempat yang tepat untuk Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang budaya dan adat istiadat suku Dayak. Di museum ini, Anda dapat melihat berbagai macam koleksi seperti pakaian adat, senjata tradisional, dan kerajinan tangan. Selain itu, museum ini juga memiliki bangunan yang indah dan bersejarah.

20. Wisata Sejarah Bukit Tua

Wisata Sejarah Bukit Tua adalah tempat yang tepat untuk Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang sejarah Tanjung Selor. Di tempat ini, Anda dapat melihat berbagai macam peninggalan sejarah seperti batu nisan, prasasti, dan bangunan bersejarah. Selain itu, tempat ini juga memiliki pemandangan yang indah dan menarik untuk dijelajahi.

Wisata Lainnya:  Paket Wisata dari Malang ke Jogja

21. Pantai Laminusa

Pantai Laminusa adalah pantai yang terletak di sebelah utara Tanjung Selor. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga memiliki hamparan rumput laut yang indah dan dapat dijadikan sebagai objek foto yang menarik. Anda juga dapat menikmati keindahan matahari terbenam di pantai ini.

22. Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep adalah air terjun yang terletak di sebelah barat Tanjung Selor. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan memiliki kolam alami yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan alam sekitar air terjun ini dengan berjalan kaki atau berenang di kolam alami yang ada.

23. Pulau Derawan

Pulau Derawan adalah pulau yang terletak di sebelah timur Tanjung Selor. Pulau ini memiliki pantai yang indah dan air laut yang jernih. Selain itu, pulau ini juga menjadi habitat bagi berbagai macam satwa laut seperti penyu hijau, ikan pari, dan hiu. Anda dapat menikmati keindahan alam pulau ini dengan menyewa perahu atau kapal kayu.

24. Air Terjun Batu Nanta

Air Terjun Batu Nanta adalah air terjun yang terletak di sebelah barat Tanjung Selor. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan memiliki kolam alami yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan alam sekitar air terjun ini dengan berjalan kaki atau berenang di kolam alami yang ada.

25. Pulau Nabucco

Pulau Nabucco adalah pulau kecil yang terletak di sebelah timur Tanjung Selor. Pulau ini memiliki pantai yang indah dan air laut yang jernih. Selain itu, pulau ini juga menjadi tempat bertelur bagi penyu hijau. Anda dapat menikmati keindahan alam pulau ini dengan menyewa perahu atau kapal kayu.

26. Wisata Agro Bukit Sungei

Wisata Agro Bukit Sungei adalah tempat yang tepat untuk Anda yang ingin belajar tentang pertanian. Di tempat ini, Anda dapat melihat berbagai macam tanaman seperti kelapa, karet, dan sawit. Selain itu, tempat ini juga memiliki pemandangan yang indah dan menarik untuk dijelajahi.

27. Pantai Bakan

Pantai Bakan adalah pantai yang terletak di sebelah utara Tanjung Selor. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga memiliki hamparan rumput laut yang indah dan dapat dijadikan sebagai objek foto yang menarik. Anda juga dapat menik

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *