Wisata di Tangkiling: Menikmati Keindahan Alam dan Budaya Lokal

Posted on

Tangkiling adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Desa ini memiliki keindahan alam yang masih alami dan budaya lokal yang kaya. Berikut adalah beberapa wisata di Tangkiling yang dapat Anda kunjungi:

1. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari adalah salah satu wisata alam yang wajib dikunjungi di Tangkiling. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan terletak di tengah-tengah hutan yang masih alami. Untuk mencapai air terjun ini, Anda harus melewati jalan setapak yang cukup menantang. Namun, keindahan air terjun ini akan membuat lelah Anda terbayar.

2. Goa Leang-leang

Goa Leang-leang adalah sebuah gua yang memiliki lukisan-lukisan prasejarah di dalamnya. Lukisan-lukisan tersebut diyakini telah ada sejak zaman purba. Selain melihat lukisan-lukisan tersebut, Anda juga dapat menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit di dalam goa ini.

Wisata Lainnya:  Destinasi Wisata Jakarta Pusat

3. Makam Pangeran Diponegoro

Makam Pangeran Diponegoro terletak di tengah-tengah desa Tangkiling. Pangeran Diponegoro adalah seorang pahlawan nasional yang memiliki peran penting dalam perjuangan melawan penjajahan Belanda. Makamnya menjadi tempat ziarah bagi masyarakat setempat dan wisatawan yang ingin mengenal lebih dekat sejarah Indonesia.

4. Desa Wisata Tangkiling

Desa Wisata Tangkiling adalah sebuah desa yang mengusung konsep wisata budaya. Di desa ini, Anda dapat belajar tentang adat dan tradisi lokal, seperti membuat kain tenun dan membatik. Selain itu, Anda juga dapat mencicipi kuliner khas Tangkiling, seperti pisang epe dan jagung bakar.

5. Bukit Bulusaraung

Bukit Bulusaraung adalah sebuah bukit yang terletak di dekat Desa Tangkiling. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut. Dari puncak bukit, Anda dapat menikmati pemandangan indah kota Maros dan hutan yang masih alami.

6. Danau Tempe

Danau Tempe adalah sebuah danau yang terletak sekitar 20 kilometer dari Tangkiling. Danau ini merupakan salah satu danau terbesar di Sulawesi Selatan. Di danau ini, Anda dapat menikmati pemandangan indah matahari terbit dan terbenam, serta menikmati kuliner khas Sulawesi Selatan, seperti ikan mujair dan palumara.

Wisata Lainnya:  Wisata Wisma: Menikmati Liburan dengan Nyaman dan Hemat

7. Pantai Samalona

Pantai Samalona adalah sebuah pantai yang terletak di kota Makassar, sekitar 50 kilometer dari Tangkiling. Pantai ini terkenal dengan keindahan terumbu karangnya yang masih alami. Anda dapat melakukan snorkeling atau menyelam untuk menikmati keindahan terumbu karang dan ikan-ikan tropis yang hidup di dalamnya.

8. Pantai Losari

Pantai Losari adalah sebuah pantai yang terletak di kota Makassar, sekitar 50 kilometer dari Tangkiling. Pantai ini merupakan salah satu ikon kota Makassar. Di pantai ini, Anda dapat menikmati keindahan sunset dan mencicipi kuliner khas Makassar, seperti coto makassar dan konro bakar.

9. Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung adalah sebuah taman nasional yang terletak di sekitar Desa Tangkiling. Taman nasional ini memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, seperti berbagai jenis burung, kupu-kupu, dan serangga. Di taman nasional ini, Anda juga dapat menikmati keindahan air terjun dan gua yang masih alami.

10. Rumah Adat Tongkonan

Rumah Adat Tongkonan adalah sebuah rumah adat khas Sulawesi Selatan. Rumah adat ini memiliki atap berbentuk tanduk kerbau dan dinding yang terbuat dari kayu dan bambu. Di Tangkiling, Anda dapat mengunjungi beberapa rumah adat Tongkonan dan belajar tentang adat dan tradisi lokal.

Wisata Lainnya:  Wisata Plangon: Destinasi Wisata Terbaru di Semarang

Itulah beberapa wisata di Tangkiling yang dapat Anda kunjungi. Jangan lupa untuk menghormati adat dan tradisi lokal, serta menjaga kebersihan dan kelestarian alam saat berkunjung ke Tangkiling. Selamat berlibur!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *