Wisata Alam di Jombang: Menikmati Keindahan Alam Jawa Timur

Posted on

Jombang, sebuah kota kecil yang terletak di tengah-tengah provinsi Jawa Timur, tidak hanya terkenal sebagai kota religi dengan banyaknya pesantren dan masjid yang ada di sana, tetapi juga memiliki sejumlah tempat wisata alam yang menakjubkan. Dari air terjun yang indah hingga hutan yang rimbun, berikut adalah beberapa wisata alam di Jombang yang wajib dikunjungi.

1. Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo terletak di Desa Ngrowo, Kecamatan Diwek, Jombang. Terdapat tiga air terjun dengan ketinggian masing-masing 7 meter, 10 meter, dan 23 meter. Selain menikmati keindahan air terjun, pengunjung juga dapat berenang di kolam yang ada di bawahnya. Suasananya yang sejuk dan alami membuat tempat ini cocok untuk melepas penat dari kegiatan sehari-hari.

2. Hutan Pinus Tirto Arum

Hutan Pinus Tirto Arum terletak di Desa Gelang, Kecamatan Jombang, Jombang. Hutan pinus yang rimbun ini menyajikan pemandangan yang asri dan menenangkan. Pengunjung dapat berjalan-jalan di antara pepohonan pinus, berfoto dengan latar belakang hutan yang indah, atau hanya menikmati udara segar dari ketinggian. Hutan Pinus Tirto Arum juga sering dijadikan tempat camping oleh para penggemar alam bebas.

Wisata Lainnya:  Wisata Pecangaan Jepara: Menikmati Keindahan Alam di Jepara

3. Goa Putri

Goa Putri terletak di Desa Putren, Kecamatan Megaluh, Jombang. Goa ini memiliki stalaktit dan stalakmit yang indah dan menawan. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati kesejukan udara di dalam gua. Ada juga tempat beristirahat di luar gua yang dapat digunakan untuk piknik bersama keluarga atau teman.

4. Taman Wisata Alam Gunung Kapur

Taman Wisata Alam Gunung Kapur terletak di Desa Kapuran, Kecamatan Ngoro, Jombang. Tempat ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu terdapat batu kapur yang membentuk formasi yang menarik. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah dari puncak gunung yang terletak di dalam taman wisata ini.

5. Kebun Teh Wonosalam

Kebun Teh Wonosalam terletak di Desa Sumberjo, Kecamatan Wonosalam, Jombang. Kebun teh yang luas ini menyajikan pemandangan yang hijau dan asri. Di sini, pengunjung dapat melihat bagaimana proses pembuatan teh dari mulai tanam hingga panen. Selain itu, pengunjung juga dapat membeli teh langsung dari petani setempat.

6. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu terletak di Desa Sumberdawesari, Kecamatan Ploso, Jombang. Grojogan Sewu memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan airnya mengalir deras dari tebing batu. Suara gemuruh air terjun yang indah membuat tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang paling populer di Jombang.

Wisata Lainnya:  Wisata Baletani: Menikmati Keindahan Alam di Tengah Kota

7. Pantai Cucukan

Pantai Cucukan terletak di Desa Cucukan, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang tenang, sehingga cocok untuk berenang atau bersantai di tepi pantai. Pengunjung juga dapat menikmati kuliner khas pantai seperti ikan bakar atau kerang.

8. Danau Kedung Ombo

Danau Kedung Ombo terletak di Desa Ngablak, Kecamatan Bareng, Jombang. Danau ini memiliki keindahan alam yang memukau, dengan perbukitan hijau di sekelilingnya. Pengunjung dapat menikmati pemandangan danau dari tepi danau atau menikmatinya dari atas bukit. Ada juga perahu sewa untuk menjelajahi danau.

9. Desa Wisata Kandangan

Desa Wisata Kandangan terletak di Desa Kandangan, Kecamatan Mojowarno, Jombang. Di desa ini, pengunjung dapat melihat bagaimana kehidupan masyarakat pedesaan di Jombang. Ada juga kuliner khas Jombang yang dapat dicoba, seperti nasi pecel atau sate kambing. Selain itu, pengunjung juga dapat membeli oleh-oleh khas Jombang seperti keripik tempe atau dodol.

10. Gunung Anjasmoro

Gunung Anjasmoro terletak di perbatasan antara Jombang dan Mojokerto. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.277 meter di atas permukaan laut dan menyajikan pemandangan yang indah dari puncaknya. Pengunjung dapat melakukan pendakian untuk mencapai puncak dan menikmati keindahan alam sekitar.

Wisata Lainnya:  Gelar Waroeng Grand Wisata: Makanan Enak dan Nyaman di Depok

Itulah beberapa wisata alam di Jombang yang dapat dikunjungi. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan alam di Jombang yang masih alami dan menyegarkan.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *