Wisata di Surabaya Barat: Mengunjungi Tempat-Tempat Menarik di Kota Pahlawan

Posted on

Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia, memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Namun, banyak dari tempat wisata tersebut berada di Surabaya Barat. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Surabaya Barat yang harus anda kunjungi.

1. Museum 10 November

Museum 10 November terletak di Jalan Pahlawan, Surabaya Barat. Museum ini didirikan untuk mengenang peristiwa heroik pada 10 November 1945, ketika rakyat Surabaya melakukan perlawanan terhadap penjajah Belanda.

Di dalam museum, pengunjung dapat melihat berbagai koleksi sejarah, seperti senjata, peralatan perang, foto-foto, dan dokumen-dokumen. Museum 10 November juga memiliki ruang audio visual yang menampilkan rekaman peristiwa pada masa itu.

2. Taman Bungkul

Taman Bungkul terletak di Jalan Bungkul, Surabaya Barat. Taman ini merupakan tempat yang populer bagi warga Surabaya untuk berolahraga, piknik, atau hanya sekedar bersantai.

Taman Bungkul memiliki banyak fasilitas, seperti lapangan basket, lapangan sepak bola, lapangan voli, dan area bermain anak. Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan indah dari taman yang hijau dan asri ini.

3. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam terletak di Jalan Pemuda, Surabaya Barat. Monumen ini merupakan kapal selam yang sudah tidak berfungsi lagi dan dijadikan sebagai tempat wisata.

Pengunjung dapat masuk ke dalam kapal selam dan melihat berbagai ruangan, seperti ruang mesin, ruang senjata, dan ruang awak kapal. Di dalam monumen ini juga terdapat museum yang memperlihatkan koleksi senjata, peralatan perang, dan dokumentasi sejarah kapal selam.

4. Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu adalah jembatan yang menghubungkan Surabaya dengan Madura. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 5,4 kilometer dan merupakan jembatan terpanjang di Indonesia.

Jembatan Suramadu tidak hanya menjadi sarana transportasi, namun juga menjadi tempat wisata. Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dari atas jembatan, baik pada siang hari maupun malam hari.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata di Muntilan – Menikmati Keindahan Alam yang Menawan

5. Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho terletak di Jalan Gading, Surabaya Barat. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Surabaya dan memiliki arsitektur yang unik, karena menggabungkan gaya arsitektur Tiongkok dan Islam.

Pengunjung dapat masuk ke dalam masjid dan melihat berbagai dekorasi yang indah, seperti kubah, lampu-lampu, dan patung-patung. Masjid Cheng Ho juga memiliki taman yang asri dan indah untuk bersantai.

6. Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran terletak di Surabaya Barat dan merupakan salah satu pantai terpopuler di Surabaya. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air laut yang jernih.

Pengunjung dapat berenang, berjemur, atau sekedar menikmati pemandangan laut yang indah. Di sepanjang pantai juga terdapat berbagai warung makan dan toko souvenir.

7. Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark terletak di Jalan Waterpark Boulevard, Surabaya Barat. Taman air ini memiliki banyak wahana yang menarik, seperti kolam gelombang, seluncuran air, dan kolam anak-anak.

Pengunjung dapat berenang, bermain air, atau sekedar bersantai di tepi kolam. Ciputra Waterpark juga memiliki restoran dan toko souvenir.

8. Kampung Arab

Kampung Arab terletak di sekitar Jalan Kembang Jepun, Surabaya Barat. Kampung ini merupakan pusat perdagangan dan wisata kuliner khas Arab di Surabaya.

Pengunjung dapat membeli berbagai barang dan makanan khas Arab, seperti baklava, kebab, dan kain-kain sutra. Di Kampung Arab juga terdapat beberapa masjid yang indah dan bersejarah.

9. Taman Flora

Taman Flora terletak di Jalan Raya Mojosari, Surabaya Barat. Taman ini merupakan taman bunga dan tumbuhan terbesar di Surabaya.

Pengunjung dapat melihat berbagai jenis tumbuhan dan bunga dari berbagai daerah di Indonesia, seperti anggrek, melati, dan bunga matahari. Taman Flora juga memiliki fasilitas seperti restoran dan toko souvenir.

10. Gereja Kepanjen

Gereja Kepanjen terletak di Jalan Kepanjen, Surabaya Barat. Gereja ini merupakan gereja tertua di Surabaya dan memiliki arsitektur yang indah.

Pengunjung dapat masuk ke dalam gereja dan melihat dekorasi yang indah, seperti ukiran kayu, patung-patung, dan lukisan-lukisan. Gereja Kepanjen juga menjadi pusat kegiatan keagamaan bagi umat Katolik di Surabaya.

11. Bumi Surabaya City Resort

Bumi Surabaya City Resort terletak di Jalan Jendral Basuki Rachmat, Surabaya Barat. Hotel ini memiliki fasilitas yang lengkap, seperti kolam renang, restoran, dan spa.

Wisata Lainnya:  Penginapan Murah di Jakarta 50 sampai 200 ribu

Pengunjung dapat menginap di hotel ini dan menikmati fasilitas yang disediakan. Bumi Surabaya City Resort juga sering dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan acara-acara khusus, seperti pernikahan atau seminar.

12. Pasar Atom

Pasar Atom terletak di Jalan Kebon Rojo, Surabaya Barat. Pasar ini merupakan pasar tradisional yang terkenal di Surabaya.

Pengunjung dapat membeli berbagai barang, seperti pakaian, perhiasan, dan makanan. Pasar Atom juga merupakan tempat yang cocok untuk mencari oleh-oleh khas Surabaya.

13. Danau Rawa Pening

Danau Rawa Pening terletak di Surabaya Barat dan merupakan danau buatan yang indah.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan danau yang indah atau berkeliling danau dengan perahu. Di sekitar danau juga terdapat banyak warung makan dan toko souvenir.

14. Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular terletak di Jalan Pucang Adi, Surabaya Barat. Museum ini didirikan untuk mengenang sejarah dan kebudayaan Jawa Timur.

Di dalam museum, pengunjung dapat melihat berbagai koleksi sejarah dan artefak, seperti keramik, batik, dan senjata tradisional. Museum Mpu Tantular juga sering diadakan acara seni dan budaya.

15. Masjid Muhammad Cheng Hoo

Masjid Muhammad Cheng Hoo terletak di Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya Barat. Masjid ini merupakan masjid modern yang besar dan indah.

Pengunjung dapat masuk ke dalam masjid dan melihat desain interior yang indah, seperti kubah dan lampu-lampu. Masjid Muhammad Cheng Hoo juga menjadi pusat kegiatan keagamaan bagi umat Muslim di Surabaya.

16. Taman Remaja

Taman Remaja terletak di Jalan Manyar Kertoarjo, Surabaya Barat. Taman ini merupakan taman yang dirancang khusus untuk remaja.

Pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas yang ada di taman, seperti lapangan basket, lapangan sepak bola, kolam renang, dan taman bermain. Taman Remaja juga sering diadakan acara-acara khusus, seperti konser musik atau festival seni.

17. Masjid Al Akbar Surabaya

Masjid Al Akbar Surabaya terletak di Jalan Masjid Al Akbar, Surabaya Barat. Masjid ini merupakan masjid modern terbesar di Indonesia dan memiliki arsitektur yang indah.

Pengunjung dapat masuk ke dalam masjid dan melihat desain interior yang megah, seperti kubah yang besar dan lampu-lampu yang indah. Masjid Al Akbar Surabaya juga menjadi pusat kegiatan keagamaan bagi umat Muslim di Surabaya.

18. Taman Harmoni

Taman Harmoni terletak di Jalan Kupang Indah, Surabaya Barat. Taman ini merupakan taman yang indah dan asri.

Pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas yang ada di taman, seperti taman bermain anak, lapangan sepak bola, dan gazebo. Taman Harmoni juga sering dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan acara-acara khusus, seperti pernikahan atau pesta ulang tahun.

Wisata Lainnya:  Explore the Best Tourist Spots near Pura Ulun Danu

19. Masjid Al Irsyad Surabaya

Masjid Al Irsyad Surabaya terletak di Jalan Pucang Anom, Surabaya Barat. Masjid ini merupakan masjid modern yang besar dan memiliki arsitektur yang indah.

Pengunjung dapat masuk ke dalam masjid dan melihat desain interior yang megah, seperti kubah dan lampu-lampu. Masjid Al Irsyad Surabaya juga menjadi pusat kegiatan keagamaan bagi umat Muslim di Surabaya.

20. Taman Hiburan Rakyat

Taman Hiburan Rakyat terletak di Jalan Bungurasih, Surabaya Barat. Taman ini merupakan taman hiburan yang lengkap dengan berbagai wahana.

Pengunjung dapat menikmati berbagai wahana yang ada di taman, seperti roller coaster, bianglala, dan taman bermain anak. Taman Hiburan Rakyat juga memiliki fasilitas seperti restoran dan toko souvenir.

21. Universitas Kristen Petra

Universitas Kristen Petra terletak di Jalan Siwalankerto, Surabaya Barat. Universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia dan memiliki kampus yang indah.

Pengunjung dapat melihat berbagai bangunan yang indah di kampus, seperti gedung-gedung kuliah, perpustakaan, dan auditorium. Universitas Kristen Petra juga sering diadakan acara-acara kampus, seperti seminar atau pameran seni.

22. Museum Sepuluh Nopember

Museum Sepuluh Nopember terletak di Jalan Siwalankerto, Surabaya Barat. Museum ini didirikan untuk mengenang peristiwa heroik pada 10 November 1945.

Di dalam museum, pengunjung dapat melihat berbagai koleksi sejarah, seperti senjata, peralatan perang, foto-foto, dan dokumen-dokumen. Museum Sepuluh Nopember juga memiliki ruang audio visual yang menampilkan rekaman peristiwa pada masa itu.

23. Taman Apsari

Taman Apsari terletak di Jalan Apsari, Surabaya Barat. Taman ini merupakan taman yang indah dan asri.

Pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas yang ada di taman, seperti taman bermain anak, lapangan sepak bola, dan gazebo. Taman Apsari juga sering dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan acara-acara khusus, seperti pernikahan atau pesta ulang tahun.

24. Masjid Al Huda

Masjid Al Huda terletak di Jalan Raya Kali Rungkut, Surabaya Barat. Masjid ini merupakan masjid modern yang indah dan memiliki fasilitas yang lengkap.

Pengunjung dapat

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *