Wisata di Singkawang – Menikmati Pesona Alam Kalimantan Barat

Posted on

Singkawang merupakan kota kecil yang terletak di Kalimantan Barat. Meskipun ukurannya kecil, kota ini memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dari wisata alam hingga wisata kuliner, Singkawang menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Singkawang yang patut dikunjungi:

Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang adalah salah satu pantai terindah di Singkawang. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain berenang, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lain seperti berjemur, bermain voli pantai, atau mengunjungi warung makan yang berada di sekitar pantai. Pantai Pasir Panjang juga sering digunakan untuk acara olahraga dan festival.

Monumen Patung Buaya

Monumen Patung Buaya adalah salah satu ikon kota Singkawang. Monumen ini terletak di pusat kota dan memiliki patung buaya raksasa yang berdiri di tengah-tengah taman. Patung buaya ini dilengkapi dengan air mancur dan lampu-lampu yang membuatnya terlihat indah pada malam hari. Monumen Patung Buaya menjadi tempat berkumpulnya warga Singkawang dan juga menjadi tempat wisata yang populer bagi para wisatawan.

Bukit Kelam

Bukit Kelam merupakan tempat wisata alam yang terletak di sekitar kawasan hutan tropis. Bukit ini memiliki pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Pengunjung bisa melakukan trekking, camping, atau hanya menikmati pemandangan matahari terbenam dari puncak bukit. Bukit Kelam juga memiliki banyak flora dan fauna langka, seperti burung merak dan kera ekor panjang.

Wisata Lainnya:  Paket Wisata Bandung untuk 2 Orang - Menikmati Liburan Bersama Pasangan dengan Hemat

Kampung Tionghoa

Kampung Tionghoa adalah kampung tradisional yang terletak di pusat kota Singkawang. Kampung ini memiliki bangunan-bangunan tua yang masih terjaga dengan baik dan memiliki arsitektur khas Tionghoa. Pengunjung bisa berkeliling kampung sambil menikmati keindahan arsitektur dan seni rupa tradisional Tionghoa. Kampung Tionghoa juga menjadi tujuan wisata kuliner, karena terdapat banyak makanan khas Tionghoa yang bisa dicicipi di sini.

Air Terjun Kura-Kura

Air Terjun Kura-Kura adalah air terjun yang terletak di sekitar kawasan hutan tropis. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan memiliki kolam air yang jernih di bawahnya. Pengunjung bisa berenang atau sekadar bermain air di kolam air terjun. Air Terjun Kura-Kura juga menjadi tempat berkemah yang populer bagi para pendaki dan pecinta alam.

Wisata Belanja di Pasar Senggol

Pasar Senggol adalah pasar tradisional yang terletak di pusat kota Singkawang. Pasar ini menjual berbagai macam barang, mulai dari makanan, pakaian, hingga kerajinan tangan. Pengunjung bisa berbelanja dengan harga yang terjangkau dan menawar harga dengan penjual. Pasar Senggol juga menjadi tempat berkumpulnya warga Singkawang dan menjadi tempat wisata yang populer bagi para wisatawan.

Wisata Lainnya:  Commpark Kota Wisata: Tempat Berkumpul dan Berbelanja di Kota Bekasi

Kolam Renang Bumi Perkemahan

Kolam Renang Bumi Perkemahan adalah kolam renang yang terletak di kawasan Bumi Perkemahan Singkawang. Kolam renang ini memiliki air yang jernih dan bersih, serta fasilitas yang lengkap seperti kamar mandi, gazebo, dan lapangan olahraga. Pengunjung bisa berenang atau sekadar bersantai di tepi kolam renang. Bumi Perkemahan Singkawang juga menyediakan tempat berkemah dan cottage bagi para pengunjung yang ingin menginap.

Pantai Tanjung Kelumpang

Pantai Tanjung Kelumpang adalah pantai yang terletak di sekitar kawasan hutan mangrove. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain berenang, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lain seperti berjalan-jalan di hutan mangrove, memancing, atau menikmati kuliner seafood yang lezat di sekitar pantai. Pantai Tanjung Kelumpang juga sering digunakan untuk acara olahraga dan festival.

Taman Wisata Alam Bukit Sekipan

Taman Wisata Alam Bukit Sekipan adalah taman wisata yang terletak di sekitar kawasan hutan tropis. Taman ini memiliki berbagai macam fasilitas, seperti kolam renang, lapangan olahraga, dan tempat berkemah. Pengunjung bisa berenang, bermain bola, atau hanya sekadar bersantai di tengah hutan tropis yang sejuk dan asri. Taman Wisata Alam Bukit Sekipan juga menyediakan cottage bagi para pengunjung yang ingin menginap.

Wisata Lainnya:  Rumah Atsiri Indonesia: Menyediakan Berbagai Jenis Minyak Atsiri Berkualitas Tinggi

Kuliner Khas Singkawang

Selain destinasi wisata, Singkawang juga terkenal dengan kuliner khasnya. Beberapa makanan khas Singkawang yang wajib dicicipi adalah:

– Sate Kelinci, sate yang terbuat dari daging kelinci yang dibakar dengan bumbu khas Singkawang.

– Bakmi Ayam, mie yang disajikan dengan kuah ayam yang gurih dan daging ayam yang lembut.

– Kue Kipang, kue yang terbuat dari ketan yang dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dipanggang.

– Es Kacang Merah, minuman segar yang terbuat dari kacang merah yang dicampur dengan es serut, susu kental manis, dan sirup.

– Soto Banjar, soto yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah dan disajikan dengan nasi dan telur.

Kesimpulan

Singkawang merupakan kota kecil yang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Dari wisata alam hingga wisata kuliner, Singkawang menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan. Dengan mengunjungi tempat-tempat wisata di Singkawang, pengunjung bisa menikmati keindahan alam Kalimantan Barat dan juga merasakan keanekaragaman budaya masyarakat Tionghoa. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Singkawang yang lezat dan membeli oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman di rumah.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *