Wisata di Pulau Sumbawa: Menikmati Keindahan Alam yang Memukau

Posted on

Pulau Sumbawa merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau yang dikelilingi oleh Laut Flores dan Samudra Hindia ini memiliki pesona alam yang memukau dan beragam kegiatan menarik untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Pulau Sumbawa yang dapat Anda kunjungi.

1. Pantai Kenawa

Pantai Kenawa merupakan salah satu pantai terindah di Pulau Sumbawa. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan pantai ini dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai atau menikmati pemandangan dari atas bukit di sekitar pantai. Selain itu, Anda juga dapat melakukan snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut di sekitar pantai.

2. Gunung Tambora

Gunung Tambora merupakan gunung berapi yang terletak di Pulau Sumbawa. Gunung ini merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif di Indonesia. Anda dapat mendaki gunung ini untuk menikmati pemandangan yang memukau dari atas gunung. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Taman Nasional Gunung Tambora yang terletak di sekitar gunung.

3. Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep merupakan salah satu air terjun terindah di Pulau Sumbawa. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 42 meter dan air yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan air terjun ini dengan berjalan-jalan di sekitar area air terjun atau mandi di bawah air terjun. Selain itu, Anda juga dapat melakukan trekking di sekitar air terjun.

4. Danau Satonda

Danau Satonda merupakan danau yang terletak di tengah-tengah Pulau Sumbawa. Danau ini terbentuk dari kawah bekas letusan Gunung Satonda. Anda dapat menikmati keindahan danau ini dengan berjalan-jalan di sekitar danau atau melakukan snorkeling di sekitar danau untuk melihat keindahan bawah laut di sekitar danau.

5. Pantai Maluk

Pantai Maluk merupakan salah satu pantai terindah di Pulau Sumbawa. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan pantai ini dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai atau bermain air di laut yang tenang di sekitar pantai.

Wisata Lainnya:  Wisata Malam di Batu: Menikmati Keindahan Kota Batu Saat Malam Hari

6. Pulau Moyo

Pulau Moyo merupakan pulau yang terletak di sebelah barat Pulau Sumbawa. Pulau ini memiliki pesona alam yang memukau seperti pantai yang indah, air terjun, dan kebun binatang. Anda dapat menikmati keindahan Pulau Moyo dengan melakukan snorkeling di sekitar pulau atau berjalan-jalan di sekitar pulau untuk melihat keindahan alam.

7. Pulau Kenawa

Pulau Kenawa merupakan pulau kecil yang terletak di sebelah timur Pulau Sumbawa. Pulau ini memiliki pantai yang indah dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan Pulau Kenawa dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai atau bermain air di laut yang tenang di sekitar pulau.

8. Pantai Maluk Kiri

Pantai Maluk Kiri merupakan pantai yang terletak di sebelah kiri Pantai Maluk. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan pantai ini dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai atau bermain air di laut yang tenang di sekitar pantai.

9. Pulau Medang

Pulau Medang merupakan pulau kecil yang terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa. Pulau ini memiliki pantai yang indah dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan Pulau Medang dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai atau melakukan snorkeling di sekitar pulau untuk melihat keindahan bawah laut di sekitar pulau.

10. Pantai Lendang Bajur

Pantai Lendang Bajur merupakan pantai yang terletak di sebelah barat Pulau Sumbawa. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan pantai ini dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai atau bermain air di laut yang tenang di sekitar pantai.

11. Air Terjun Taliwang

Air Terjun Taliwang merupakan salah satu air terjun terindah di Pulau Sumbawa. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan air yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan air terjun ini dengan berjalan-jalan di sekitar area air terjun atau mandi di bawah air terjun.

12. Pantai Bungin

Pantai Bungin merupakan salah satu pantai terindah di Pulau Sumbawa. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan pantai ini dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai atau bermain air di laut yang tenang di sekitar pantai.

13. Pulau Paserang

Pulau Paserang merupakan pulau kecil yang terletak di sebelah barat Pulau Sumbawa. Pulau ini memiliki pantai yang indah dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan Pulau Paserang dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai atau melakukan snorkeling di sekitar pulau untuk melihat keindahan bawah laut di sekitar pulau.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata di Bantul

14. Pantai Poto Tano

Pantai Poto Tano merupakan pantai yang terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan pantai ini dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai atau bermain air di laut yang tenang di sekitar pantai.

15. Gua Hantu

Gua Hantu merupakan gua yang terletak di Pulau Sumbawa. Gua ini memiliki stalaktit dan stalagmit yang indah. Anda dapat menikmati keindahan gua ini dengan berjalan-jalan di sekitar gua atau melakukan foto-foto di dalam gua.

16. Pantai Tersembunyi

Pantai Tersembunyi merupakan pantai yang terletak di sebelah timur Pulau Sumbawa. Pantai ini tidak terlalu terkenal, namun memiliki keindahan yang tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya di Pulau Sumbawa. Anda dapat menikmati keindahan pantai ini dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai atau bermain air di laut yang tenang di sekitar pantai.

17. Bukit Batu Layar

Bukit Batu Layar merupakan bukit yang terletak di Pulau Sumbawa. Bukit ini memiliki pemandangan yang indah dari atas bukit. Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbit atau matahari terbenam dari atas bukit.

18. Pantai Jereweh

Pantai Jereweh merupakan pantai yang terletak di sebelah barat Pulau Sumbawa. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan pantai ini dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai atau bermain air di laut yang tenang di sekitar pantai.

19. Taman Nasional Laut Saleh

Taman Nasional Laut Saleh merupakan taman laut yang terletak di sebelah timur Pulau Sumbawa. Taman ini memiliki keanekaragaman hayati yang kaya seperti terumbu karang, ikan, dan mamalia laut. Anda dapat menikmati keindahan taman ini dengan melakukan snorkeling atau diving di sekitar taman.

20. Pantai Mekaki

Pantai Mekaki merupakan pantai yang terletak di sebelah selatan Pulau Sumbawa. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan pantai ini dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai atau bermain air di laut yang tenang di sekitar pantai.

21. Pantai Kabang

Pantai Kabang merupakan pantai yang terletak di sebelah timur Pulau Sumbawa. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan pantai ini dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai atau bermain air di laut yang tenang di sekitar pantai.

Wisata Lainnya:  Hotel Wisata Guci: Penginapan Ideal untuk Liburan

22. Air Terjun Benang Setokel

Air Terjun Benang Setokel merupakan salah satu air terjun terindah di Pulau Sumbawa. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan air yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan air terjun ini dengan berjalan-jalan di sekitar area air terjun atau mandi di bawah air terjun.

23. Pulau Kertasari

Pulau Kertasari merupakan pulau kecil yang terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa. Pulau ini memiliki pantai yang indah dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan Pulau Kertasari dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai atau melakukan snorkeling di sekitar pulau untuk melihat keindahan bawah laut di sekitar pulau.

24. Pantai Seketong

Pantai Seketong merupakan pantai yang terletak di sebelah barat Pulau Sumbawa. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan pantai ini dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai atau bermain air di laut yang tenang di sekitar pantai.

25. Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu merupakan salah satu air terjun terindah di Pulau Sumbawa. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan air yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan air terjun ini dengan berjalan-jalan di sekitar area air terjun atau mandi di bawah air terjun.

26. Pantai Banyu Mulek

Pantai Banyu Mulek merupakan pantai yang terletak di sebelah timur Pulau Sumbawa. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan pantai ini dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai atau bermain air di laut yang tenang di sekitar pantai.

27. Pulau Paserang

Pulau Paserang merupakan pulau kecil yang terletak di sebelah barat Pulau Sumbawa. Pulau ini memiliki pantai yang indah dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan Pulau Paserang dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai atau melakukan snorkeling di sekitar pulau untuk melihat keindahan bawah laut di sekitar pulau.

28. Pantai Makam Putih

Pantai Makam Putih merupakan pantai yang terletak di sebelah barat Pulau Sumbawa. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan pantai ini dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai atau bermain air di laut yang tenang di sekitar pantai.

29. Air

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *