Wisata di Dompu: Menikmati Keindahan Pantai dan Budaya Lombok Timur

Posted on

Dompu adalah salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terkenal dengan keindahan alam dan budayanya. Terletak di bagian timur Pulau Lombok, Dompu menyimpan sejuta pesona wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dari pantai-pantai indah hingga objek wisata budaya, setiap tempat di Dompu memiliki daya tariknya sendiri. Berikut adalah beberapa wisata di Dompu yang patut kamu kunjungi.

Pantai Doro Watu

Pantai Doro Watu adalah salah satu pantai terindah di Dompu. Terletak di Desa Pekat, Kecamatan Kempo, pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Kamu bisa menikmati suasana pantai yang tenang, sambil menikmati pemandangan pegunungan yang indah. Selain itu, di Pantai Doro Watu juga terdapat batu granit besar yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berfoto di sana.

Pantai Wane

Pantai Wane terletak di Desa Wane, Kecamatan Kempo, Dompu. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan laut yang indah dan berenang di air yang segar. Selain itu, pantai Wane juga terkenal dengan pemandangan matahari terbit yang sangat indah, sehingga banyak wisatawan yang datang ke sini untuk menikmati keindahan alam.

Pantai Poreng

Pantai Poreng adalah salah satu pantai terindah di Dompu. Terletak di Desa Poreng, Kecamatan Kempo, pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang biru jernih. Di sini kamu bisa menikmati suasana pantai yang tenang dan berenang di air yang segar. Selain itu, di Pantai Poreng juga terdapat batu granit besar yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berfoto di sana.

Pantai Lakey

Pantai Lakey terletak di Desa Hu’u, Kecamatan Wawo, Dompu. Pantai ini terkenal sebagai surga bagi para peselancar karena ombaknya yang tinggi dan menantang. Selain itu, di Pantai Lakey juga terdapat batu karang yang indah dan terumbu karang yang masih terjaga dengan baik. Kamu bisa berenang, snorkeling, atau diving di sini untuk menikmati keindahan alam bawah laut.

Wisata Lainnya:  Danau Maninjau - Keindahan Alam yang Menakjubkan

Taman Budaya

Taman Budaya Dompu terletak di Jalan Garuda, Kecamatan Dompu, Dompu. Taman ini merupakan tempat yang cocok untuk kamu yang ingin belajar tentang budaya Dompu. Di sini kamu bisa melihat berbagai jenis rumah adat Dompu yang masih terjaga dengan baik, serta berbagai jenis kerajinan tangan khas Dompu seperti tenun ikat, anyaman bambu, dan kulit sapi. Kamu juga bisa menyaksikan berbagai jenis tarian dan musik tradisional yang dipentaskan di sini.

Desa Adat Bondo

Desa Adat Bondo terletak di Kecamatan Kilo, Dompu. Desa ini merupakan salah satu desa adat tertua di Dompu yang masih terjaga dengan baik. Di sini kamu bisa melihat berbagai jenis rumah adat Dompu yang masih berdiri kokoh, serta berbagai jenis kerajinan tangan khas Dompu seperti tenun ikat, anyaman bambu, dan kulit sapi. Kamu juga bisa belajar tentang kehidupan masyarakat Dompu yang masih mempertahankan tradisi dan budayanya hingga saat ini.

Puncak Wawo Muda

Puncak Wawo Muda terletak di Kecamatan Wawo, Dompu. Puncak ini merupakan tempat yang cocok untuk kamu yang ingin menikmati keindahan alam dari ketinggian. Dari puncak ini kamu bisa melihat pemandangan pegunungan dan perbukitan yang indah, serta menikmati udara segar yang sejuk. Kamu juga bisa berfoto di sini untuk mengabadikan momen indahmu di Dompu.

Kolam Air Panas

Kolam Air Panas terletak di Desa Pekat, Kecamatan Kempo, Dompu. Kolam ini merupakan tempat yang cocok untuk kamu yang ingin berendam di air panas yang segar dan menyegarkan tubuh. Air panas di sini berasal dari mata air pegunungan yang sangat jernih dan sehat untuk kulitmu. Selain itu, di sekitar kolam juga terdapat beberapa warung makanan dan minuman yang menjual makanan khas Dompu yang lezat.

Pantai Mbuja

Pantai Mbuja terletak di Desa Mbuja, Kecamatan Woja, Dompu. Pantai ini masih terjaga dengan baik dan memiliki pasir putih yang lembut serta air laut yang biru jernih. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan laut yang indah sambil berenang atau berjemur di bawah sinar matahari. Selain itu, pantai Mbuja juga terkenal dengan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

Desa Adat Mbaru Niang

Desa Adat Mbaru Niang terletak di Kecamatan Pajo, Dompu. Desa ini merupakan salah satu desa adat tertua di Dompu yang masih terjaga dengan baik. Di sini kamu bisa melihat berbagai jenis rumah adat Dompu yang masih berdiri kokoh, serta berbagai jenis kerajinan tangan khas Dompu seperti tenun ikat, anyaman bambu, dan kulit sapi. Kamu juga bisa belajar tentang kehidupan masyarakat Dompu yang masih mempertahankan tradisi dan budayanya hingga saat ini.

Wisata Lainnya:  Gedung Sate - Sejarah, Arsitektur, dan Keunikan

Pantai Bwanna

Pantai Bwanna terletak di Desa Bwanna, Kecamatan Woja, Dompu. Pantai ini masih terjaga dengan baik dan memiliki pasir putih yang lembut serta air laut yang biru jernih. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan laut yang indah sambil berenang atau berjemur di bawah sinar matahari. Selain itu, pantai Bwanna juga terkenal dengan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

Rumah Adat Suku Donggo

Rumah Adat Suku Donggo terletak di Kecamatan Kilo, Dompu. Rumah adat ini merupakan salah satu rumah adat tertua di Dompu yang masih terjaga dengan baik. Di sini kamu bisa melihat berbagai jenis rumah adat Dompu yang masih berdiri kokoh, serta berbagai jenis kerajinan tangan khas Dompu seperti tenun ikat, anyaman bambu, dan kulit sapi. Kamu juga bisa belajar tentang kehidupan masyarakat Dompu yang masih mempertahankan tradisi dan budayanya hingga saat ini.

Pantai Punti Kayu

Pantai Punti Kayu terletak di Desa Punti Kayu, Kecamatan Kilo, Dompu. Pantai ini masih terjaga dengan baik dan memiliki pasir putih yang lembut serta air laut yang biru jernih. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan laut yang indah sambil berenang atau berjemur di bawah sinar matahari. Selain itu, pantai Punti Kayu juga terkenal dengan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

Desa Adat Bolo

Desa Adat Bolo terletak di Kecamatan Kilo, Dompu. Desa ini merupakan salah satu desa adat tertua di Dompu yang masih terjaga dengan baik. Di sini kamu bisa melihat berbagai jenis rumah adat Dompu yang masih berdiri kokoh, serta berbagai jenis kerajinan tangan khas Dompu seperti tenun ikat, anyaman bambu, dan kulit sapi. Kamu juga bisa belajar tentang kehidupan masyarakat Dompu yang masih mempertahankan tradisi dan budayanya hingga saat ini.

Pantai Bima

Pantai Bima terletak di Desa Bima, Kecamatan Bima, Dompu. Pantai ini terkenal dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang biru jernih. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan laut yang indah sambil berenang atau berjemur di bawah sinar matahari. Selain itu, pantai Bima juga terkenal dengan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

Pantai Bajul

Pantai Bajul terletak di Desa Bajul, Kecamatan Pajo, Dompu. Pantai ini masih terjaga dengan baik dan memiliki pasir putih yang lembut serta air laut yang biru jernih. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan laut yang indah sambil berenang atau berjemur di bawah sinar matahari. Selain itu, pantai Bajul juga terkenal dengan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

Wisata Lainnya:  Desa Wisata Menurut Para Ahli: Arti, Konsep, dan Pengembangannya

Pantai Pua

Pantai Pua terletak di Desa Pua, Kecamatan Woja, Dompu. Pantai ini masih terjaga dengan baik dan memiliki pasir putih yang lembut serta air laut yang biru jernih. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan laut yang indah sambil berenang atau berjemur di bawah sinar matahari. Selain itu, pantai Pua juga terkenal dengan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

Pantai Koka

Pantai Koka terletak di Desa Koka, Kecamatan Kempo, Dompu. Pantai ini terkenal dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang biru jernih. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan laut yang indah sambil berenang atau berjemur di bawah sinar matahari. Selain itu, pantai Koka juga terkenal dengan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna terletak di Desa Nangamiro, Kecamatan Nangamiro, Dompu. Pantai ini terkenal dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang biru jernih. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan laut yang indah sambil berenang atau berjemur di bawah sinar matahari. Selain itu, pantai Tiga Warna juga terkenal dengan pemandangan terumbu karang yang indah dan masih terjaga dengan baik.

Desa Adat Pejanggik

Desa Adat Pejanggik terletak di Kecamatan Manggelewa, Dompu. Desa ini merupakan salah satu desa adat tertua di Dompu yang masih terjaga dengan baik. Di sini kamu bisa melihat berbagai jenis rumah adat Dompu yang masih berdiri kokoh, serta berbagai jenis kerajinan tangan khas Dompu seperti tenun ikat, anyaman bambu, dan kulit sapi. Kamu juga bisa belajar tentang kehidupan masyarakat Dompu yang masih mempertahankan tradisi dan budayanya hingga saat ini.

Pantai Teka-Teki

Pantai Teka-Teki terletak di Desa Teka-Teki, Kecamatan Manggelewa, Dompu. Pantai ini masih terjaga dengan baik dan memiliki pasir putih yang lembut serta air laut yang biru jernih. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan laut yang indah sambil berenang atau berjemur di bawah sinar matahari. Selain itu, pantai Teka-Teki juga terkenal dengan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

Desa Adat Pekat

Desa Adat Pekat terletak di Kecamatan Kempo, Dompu. Desa ini merupakan salah satu desa adat tertua di Dompu yang masih terjaga dengan baik.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *