Wisata di Bima: Menikmati Keindahan Kota Sejarah di Nusa Tenggara Barat

Posted on

Bima merupakan salah satu kota di Nusa Tenggara Barat yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, Bima juga memiliki sejarah yang kaya dan meninggalkan banyak peninggalan bersejarah. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Bima yang bisa kamu kunjungi:

1. Pantai Wera

Pantai Wera merupakan salah satu pantai yang terkenal di Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan sunset yang indah di pantai ini. Untuk mencapai pantai Wera, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

2. Danau Rana

Danau Rana merupakan danau yang terletak di lereng Gunung Tambora. Danau ini memiliki air yang jernih dan sejuk. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam yang hijau dan asri di sekitar danau. Untuk mencapai Danau Rana, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dari Kota Bima.

3. Taman Wisata Alam Tambora

Taman Wisata Alam Tambora merupakan taman wisata yang terletak di sekitar Gunung Tambora. Taman ini memiliki berbagai macam flora dan fauna yang langka dan hanya bisa ditemukan di kawasan Gunung Tambora. Selain itu, kamu juga bisa melakukan trekking atau hiking di sekitar kawasan taman. Untuk mencapai Taman Wisata Alam Tambora, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

4. Museum Bima

Museum Bima merupakan museum sejarah yang terletak di Kota Bima. Museum ini menyimpan berbagai macam koleksi sejarah Bima, seperti peninggalan Kerajaan Bima dan kebudayaan masyarakat Bima. Kamu bisa belajar banyak tentang sejarah dan kebudayaan Bima di museum ini. Museum Bima buka setiap hari kecuali hari Senin.

5. Pantai Kolo

Pantai Kolo merupakan pantai yang terletak di ujung selatan Pulau Sumbawa. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan sunset yang indah di pantai ini. Untuk mencapai Pantai Kolo, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dari Kota Bima.

Wisata Lainnya:  Metode Pembelajaran Karya Wisata

6. Air Terjun Curiak

Air Terjun Curiak merupakan air terjun yang terletak di daerah Pegasing, Kota Bima. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan air yang jernih. Kamu bisa berenang atau bermain air di bawah air terjun. Untuk mencapai Air Terjun Curiak, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dari Kota Bima.

7. Pulau Satonda

Pulau Satonda merupakan pulau kecil yang terletak di lepas pantai utara Pulau Sumbawa. Pulau ini terkenal dengan Danau Satonda yang terletak di tengah pulau. Danau ini terbentuk dari kawah gunung yang sudah tidak aktif. Kamu bisa berenang atau snorkeling di sekitar pulau. Untuk mencapai Pulau Satonda, kamu bisa menggunakan kapal dari Pelabuhan Bima.

8. Gunung Tambora

Gunung Tambora merupakan gunung berapi yang terletak di Pulau Sumbawa. Gunung ini terkenal dengan letusan dahsyatnya pada tahun 1815 yang menyebabkan banyak korban jiwa dan kerusakan yang besar. Kamu bisa mendaki gunung ini dan menikmati pemandangan alam yang indah di sekitar gunung.

9. Pantai Bari

Pantai Bari merupakan pantai yang terletak di ujung barat Pulau Sumbawa. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan sunset yang indah di pantai ini. Untuk mencapai Pantai Bari, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dari Kota Bima.

10. Air Terjun Oi Pau

Air Terjun Oi Pau merupakan air terjun yang terletak di daerah Mbuli, Kota Bima. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan air yang jernih. Kamu bisa berenang atau bermain air di bawah air terjun. Untuk mencapai Air Terjun Oi Pau, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dari Kota Bima.

11. Pantai Bolo

Pantai Bolo merupakan pantai yang terletak di ujung timur Pulau Sumbawa. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan sunrise yang indah di pantai ini. Untuk mencapai Pantai Bolo, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dari Kota Bima.

12. Air Terjun Tiu Totop

Air Terjun Tiu Totop merupakan air terjun yang terletak di daerah Soromandi, Kota Bima. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan air yang jernih. Kamu bisa berenang atau bermain air di bawah air terjun. Untuk mencapai Air Terjun Tiu Totop, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dari Kota Bima.

Wisata Lainnya:  Menikmati Pesona Tempat Wisata di Jonggol

13. Pantai Kuri

Pantai Kuri merupakan pantai yang terletak di ujung utara Pulau Sumbawa. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan laut yang indah di pantai ini. Untuk mencapai Pantai Kuri, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dari Kota Bima.

14. Air Terjun Wera

Air Terjun Wera merupakan air terjun yang terletak di daerah Wera, Kota Bima. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan air yang jernih. Kamu bisa berenang atau bermain air di bawah air terjun. Untuk mencapai Air Terjun Wera, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dari Kota Bima.

15. Pulau Moyo

Pulau Moyo merupakan pulau kecil yang terletak di lepas pantai utara Pulau Sumbawa. Pulau ini terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asli dan terjaga dengan baik. Kamu bisa berenang, snorkeling, atau diving di sekitar pulau. Untuk mencapai Pulau Moyo, kamu bisa menggunakan kapal dari Pelabuhan Sape.

16. Gunung Api Bima

Gunung Api Bima merupakan gunung berapi yang terletak di Kota Bima. Gunung ini masih aktif dan terakhir meletus pada tahun 1988. Kamu bisa mendaki gunung ini dan menikmati pemandangan alam yang indah di sekitar gunung.

17. Pantai Bura

Pantai Bura merupakan pantai yang terletak di ujung timur Pulau Sumbawa. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan laut yang indah di pantai ini. Untuk mencapai Pantai Bura, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dari Kota Bima.

18. Air Terjun Kalaena

Air Terjun Kalaena merupakan air terjun yang terletak di daerah Sape, Kota Bima. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan air yang jernih. Kamu bisa berenang atau bermain air di bawah air terjun. Untuk mencapai Air Terjun Kalaena, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dari Kota Bima.

19. Pulau Kenawa

Pulau Kenawa merupakan pulau kecil yang terletak di lepas pantai utara Pulau Sumbawa. Pulau ini terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asli dan terjaga dengan baik. Kamu bisa berenang, snorkeling, atau diving di sekitar pulau. Untuk mencapai Pulau Kenawa, kamu bisa menggunakan kapal dari Pelabuhan Sape.

20. Pantai Pena

Pantai Pena merupakan pantai yang terletak di ujung barat Pulau Sumbawa. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan sunset yang indah di pantai ini. Untuk mencapai Pantai Pena, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dari Kota Bima.

Wisata Lainnya:  Wisata Cibadak Sukabumi - Tempat Liburan Asri Di Jawa Barat

21. Air Terjun Oi Rambu

Air Terjun Oi Rambu merupakan air terjun yang terletak di daerah Sape, Kota Bima. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan air yang jernih. Kamu bisa berenang atau bermain air di bawah air terjun. Untuk mencapai Air Terjun Oi Rambu, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dari Kota Bima.

22. Pulau Medang

Pulau Medang merupakan pulau kecil yang terletak di lepas pantai utara Pulau Sumbawa. Pulau ini terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asli dan terjaga dengan baik. Kamu bisa berenang, snorkeling, atau diving di sekitar pulau. Untuk mencapai Pulau Medang, kamu bisa menggunakan kapal dari Pelabuhan Sape.

23. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih merupakan pantai yang terletak di ujung barat Pulau Sumbawa. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan sunset yang indah di pantai ini. Untuk mencapai Pantai Pasir Putih, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dari Kota Bima.

24. Air Terjun Cimba

Air Terjun Cimba merupakan air terjun yang terletak di daerah Palibelo, Kota Bima. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter dan air yang jernih. Kamu bisa berenang atau bermain air di bawah air terjun. Untuk mencapai Air Terjun Cimba, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dari Kota Bima.

25. Pulau Sangeang

Pulau Sangeang merupakan pulau kecil yang terletak di lepas pantai utara Pulau Sumbawa. Pulau ini terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asli dan terjaga dengan baik. Kamu bisa berenang, snorkeling, atau diving di sekitar pulau. Untuk mencapai Pulau Sangeang, kamu bisa menggunakan kapal dari Pelabuhan Bima.

26. Pantai Doro Boro

Pantai Doro Boro merupakan pantai yang terletak di ujung utara Pulau Sumbawa. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan laut yang indah di pantai ini. Untuk mencapai Pantai Doro Boro, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dari Kota Bima.

27. Air Terjun Rangga

Air Terjun Rangga merupakan air terjun yang terletak di daerah Woha, Kota Bima. Air

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *