Wisata Dekat Stasiun Pasuruan

Posted on

Stasiun Pasuruan merupakan salah satu stasiun kereta api yang terletak di Kota Pasuruan, Jawa Timur. Stasiun ini sering dimanfaatkan oleh para pelancong yang hendak menuju berbagai destinasi wisata di sekitar Pasuruan. Namun, tahukah Anda bahwa di sekitar stasiun Pasuruan juga terdapat berbagai destinasi wisata menarik yang patut untuk dikunjungi? Berikut ini adalah beberapa rekomendasi wisata dekat stasiun Pasuruan.

Pantai Prigen

Pantai Prigen terletak sekitar 15 kilometer dari stasiun Pasuruan. Pantai ini memiliki panorama yang indah dengan pasir putih yang bersih dan ombak yang cukup besar. Selain itu, Pantai Prigen juga memiliki berbagai fasilitas yang lengkap, seperti restoran, kamar mandi, dan area parkir yang luas. Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas di pantai ini, seperti bermain bola voli, berenang, atau sekadar bersantai di bawah terik matahari.

Taman Wisata Selecta

Taman Wisata Selecta terletak sekitar 10 kilometer dari stasiun Pasuruan. Taman ini merupakan salah satu taman terindah di Jawa Timur yang menawarkan berbagai wahana bermain, seperti flying fox, water boom, dan sepeda air. Taman Wisata Selecta juga memiliki kebun bunga yang indah dan kolam renang yang luas. Selain itu, di tempat ini juga terdapat berbagai tempat makan yang menyajikan berbagai kuliner khas Jawa Timur.

Candi Jawi

Candi Jawi adalah salah satu candi Hindu yang terletak di Desa Jawi, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Candi ini dibangun pada abad ke-14 Masehi. Meski sudah berusia ratusan tahun, Candi Jawi masih terlihat kokoh dan indah. Di sekitar candi ini juga terdapat beberapa situs arkeologi lainnya, seperti Candi Kidal dan Candi Singosari.

Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung berapi yang terletak di Jawa Timur. Gunung ini terletak sekitar 60 kilometer dari stasiun Pasuruan. Gunung Bromo memiliki keindahan alam yang luar biasa, terutama saat matahari terbit. Anda bisa menyaksikan keindahan sunrise dari atas Gunung Penanjakan dan menikmati keindahan kawah Bromo dari dekat.

Wisata Lainnya:  Menikmati Wisata di Yunani: Destinasi Impian untuk Para Traveler

Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari terletak sekitar 25 kilometer dari stasiun Pasuruan. Kebun teh ini merupakan kebun teh terluas di Jawa Timur yang menawarkan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Anda bisa belajar cara memetik daun teh dan juga menikmati berbagai jenis teh yang segar langsung dari kebun.

Pemandian Air Panas Cangar

Pemandian Air Panas Cangar terletak sekitar 20 kilometer dari stasiun Pasuruan. Pemandian ini menawarkan air panas yang sehat dan menyegarkan. Selain itu, di sekitar pemandian ini juga terdapat beberapa lokasi wisata lainnya, seperti air terjun Coban Talun dan Taman Kelinci.

Goa Tetes

Goa Tetes terletak sekitar 15 kilometer dari stasiun Pasuruan. Goa ini merupakan goa yang unik karena terdapat stalaktit dan stalakmit yang terbentuk akibat tetesan air yang jatuh dari langit-langit goa. Di dalam goa ini juga terdapat beberapa ruangan yang menarik, seperti ruangan kristal dan ruangan seribu tangga.

Wisata Kuliner Pasuruan

Bagi Anda yang suka mencicipi kuliner khas daerah, Pasuruan juga memiliki berbagai kuliner yang patut untuk dicoba. Beberapa kuliner khas Pasuruan yang terkenal, antara lain nasi rawon, sate kerang, dan tahu takwa. Anda bisa mencari kuliner-kuliner ini di sekitar stasiun Pasuruan atau di pusat kota Pasuruan.

Pasar Senggol

Pasar Senggol terletak di pusat kota Pasuruan. Pasar ini merupakan pasar malam yang dibuka setiap hari Sabtu malam. Di pasar ini, Anda bisa mencari berbagai barang unik dan khas Pasuruan, seperti kerajinan tangan, pakaian, dan makanan ringan. Pasar Senggol juga sering diisi dengan berbagai acara seni dan budaya, seperti tari tradisional dan musik khas Pasuruan.

Puncak Gunung Tretes

Puncak Gunung Tretes terletak sekitar 25 kilometer dari stasiun Pasuruan. Puncak ini menawarkan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Anda bisa naik ke puncak gunung dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan. Di puncak gunung ini juga terdapat beberapa tempat wisata lainnya, seperti Taman Wisata Matahari dan Bukit Nirwana.

Alun-alun Kota Pasuruan

Alun-alun Kota Pasuruan terletak di pusat kota Pasuruan. Alun-alun ini sering dijadikan tempat berkumpul dan berolahraga oleh masyarakat setempat. Di alun-alun ini juga terdapat beberapa tempat wisata lainnya, seperti Taman Kota dan Masjid Agung Pasuruan.

Taman Wisata Kakek Bodo

Taman Wisata Kakek Bodo terletak sekitar 10 kilometer dari stasiun Pasuruan. Taman ini menawarkan berbagai wahana permainan dan juga kebun binatang mini. Selain itu, di tempat ini juga terdapat area camping dan kolam renang. Taman Wisata Kakek Bodo cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman.

Wisata Lainnya:  Taman Safari Prigen: Menikmati Wisata Alam yang Menyenangkan di Jawa Timur

Desa Wisata Sumber Anyar

Desa Wisata Sumber Anyar terletak sekitar 20 kilometer dari stasiun Pasuruan. Desa ini menawarkan pengalaman yang unik untuk melihat kehidupan masyarakat desa yang masih sangat tradisional. Di desa ini, Anda bisa belajar cara membuat kerajinan tangan dan juga mencicipi makanan khas desa.

Wisata Religi

Pasuruan juga memiliki berbagai tempat wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata religi di Pasuruan yang terkenal, antara lain Masjid Agung Pasuruan, Makam Sunan Bonang, dan Pura Agung Jagatnatha. Anda bisa mengunjungi tempat-tempat ini untuk beribadah atau sekadar mengagumi arsitektur dan sejarahnya.

Pemandian Air Terjun Kakek Bodo

Pemandian Air Terjun Kakek Bodo terletak sekitar 10 kilometer dari stasiun Pasuruan. Pemandian ini menawarkan air terjun yang indah dan segar. Selain itu, di sekitar pemandian ini juga terdapat beberapa lokasi wisata lainnya, seperti Bukit Sepikul dan Taman Wisata Kakek Bodo.

Pemandian Air Panas Guci

Pemandian Air Panas Guci terletak sekitar 20 kilometer dari stasiun Pasuruan. Pemandian ini menawarkan air panas yang sehat dan menyegarkan. Selain itu, di sekitar pemandian ini juga terdapat beberapa lokasi wisata lainnya, seperti air terjun Coban Rondo dan Taman Rekreasi Batu.

Hutan Pinus Mangli

Hutan Pinus Mangli terletak sekitar 10 kilometer dari stasiun Pasuruan. Hutan ini menawarkan udara yang sejuk dan segar dengan pemandangan yang indah. Anda bisa berjalan-jalan di antara pohon-pohon pinus yang rimbun atau sekadar duduk-duduk sambil menikmati pemandangan alam.

Curug Lengkong

Curug Lengkong terletak sekitar 25 kilometer dari stasiun Pasuruan. Curug ini menawarkan air terjun yang indah dengan kolam yang jernih. Anda bisa berenang atau sekadar duduk-duduk di pinggir kolam sambil menikmati suara gemericik air terjun.

Wisata Belanja

Bagi Anda yang suka berbelanja, Pasuruan juga memiliki berbagai tempat wisata belanja yang menarik. Beberapa tempat wisata belanja di Pasuruan yang terkenal, antara lain Pasar Legi, Pasar Besar, dan Pasar Anyar. Anda bisa mencari berbagai barang unik dan murah di tempat-tempat ini.

Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo terletak sekitar 25 kilometer dari stasiun Pasuruan. Pantai ini menawarkan panorama yang indah dengan pasir putih yang bersih dan ombak yang cukup besar. Selain itu, di pantai ini juga terdapat beberapa warung makan yang menyajikan berbagai kuliner khas Pantai Utara Jawa Timur.

Wisata Lainnya:  Wisata Wisma: Menikmati Liburan dengan Nyaman dan Hemat

Gunung Argopuro

Gunung Argopuro merupakan salah satu gunung tertinggi di Jawa Timur. Gunung ini terletak sekitar 50 kilometer dari stasiun Pasuruan. Gunung Argopuro menawarkan panorama yang indah dengan pemandangan alam yang masih sangat asri. Namun, pendakian ke Gunung Argopuro membutuhkan persiapan yang matang dan cukup berat.

Pemandian Air Panas Sumber Udel

Pemandian Air Panas Sumber Udel terletak sekitar 30 kilometer dari stasiun Pasuruan. Pemandian ini menawarkan air panas yang sehat dan menyegarkan. Selain itu, di sekitar pemandian ini juga terdapat beberapa lokasi wisata lainnya, seperti air terjun Madakaripura dan Gunung Bromo.

Desa Wisata Nginden

Desa Wisata Nginden terletak sekitar 15 kilometer dari stasiun Pasuruan. Desa ini menawarkan pengalaman yang unik untuk melihat kehidupan masyarakat desa yang masih sangat tradisional. Di desa ini, Anda bisa belajar cara membuat kerajinan tangan dan juga mencicipi makanan khas desa.

Pemandian Air Panas Tretes

Pemandian Air Panas Tretes terletak sekitar 25 kilometer dari stasiun Pasuruan. Pemandian ini menawarkan air panas yang sehat dan menyegarkan. Selain itu, di sekitar pemandian ini juga terdapat beberapa lokasi wisata lainnya, seperti Taman Wisata Matahari dan Bukit Nirwana.

Desa Wisata Taman Dayu

Desa Wisata Taman Dayu terletak sekitar 20 kilometer dari stasiun Pasuruan. Desa ini menawarkan pengalaman yang unik untuk melihat kehidupan masyarakat desa yang masih sangat tradisional. Di desa ini, Anda bisa belajar cara membuat kerajinan tangan dan juga mencicipi makanan khas desa.

Pantai Sipelot

Pantai Sipelot terletak sekitar 30 kilometer dari stasiun Pasuruan. Pantai ini menawarkan panorama yang indah dengan pasir putih yang bersih dan ombak yang cukup besar. Selain itu, di pantai ini juga terdapat beberapa warung makan yang menyajikan berbagai kuliner khas Pantai Utara Jawa Timur.

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa terletak sekitar 15 kilometer dari stasiun Pasuruan. Museum ini menawarkan berbagai koleksi kereta api yang unik dan menarik. Anda bisa melihat berbagai jenis kereta api, mulai dari kereta api penumpang hingga kereta api

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *