Menikmati Keindahan Wisata Geopark Pongkor yang Menakjubkan

Posted on

Wisata Geopark Pongkor adalah destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dikenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, wisata ini menawarkan berbagai macam aktivitas yang pasti akan membuat pengunjungnya terkesan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang wisata Geopark Pongkor.

Sejarah Wisata Geopark Pongkor

Sejarah wisata Geopark Pongkor bermula dari keberhasilan PT Antam Tbk dalam menemukan deposit emas di wilayah tersebut pada tahun 1986. Setelah sukses mengeksplorasi emas di daerah tersebut, PT Antam Tbk kemudian memutuskan untuk mengembangkan wilayah tersebut menjadi wisata alam yang berkonsep Geopark.

Konsep Wisata Geopark Pongkor

Sebagai wisata alam yang berkonsep geopark, wisata Geopark Pongkor memiliki tujuan untuk melestarikan keanekaragaman hayati dan geologi dari wilayah tersebut. Wisata ini juga memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan dan mempromosikan pendidikan lingkungan kepada masyarakat sekitar.

Wisata Lainnya:  Wisata Banyuwangi Songgon: Menikmati Keindahan Alam yang Memukau

Keindahan Alam Wisata Geopark Pongkor

Wisata Geopark Pongkor menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Dari puncak Gunung Geulis, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang luar biasa. Di samping itu, wisata ini juga memiliki banyak air terjun yang indah, seperti Air Terjun Cilember, Air Terjun Pancar, dan Air Terjun Bidadari.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Wisata Geopark Pongkor

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di wisata Geopark Pongkor, seperti hiking, camping, trekking, dan bersepeda. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam dengan berjalan-jalan atau naik kuda di sekitar wisata.

Harga Tiket Masuk Wisata Geopark Pongkor

Untuk masuk ke wisata Geopark Pongkor, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 30.000 untuk dewasa dan Rp 20.000 untuk anak-anak. Tiket masuk ini sudah termasuk biaya parkir dan asuransi ketika berada di dalam wisata.

Jam Buka Wisata Geopark Pongkor

Wisata Geopark Pongkor buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Namun, ketika musim liburan atau akhir pekan, wisata ini bisa buka lebih lama hingga pukul 18.00 WIB.

Wisata Lainnya:  Wisata Pulau Bawean: Keindahan Alam yang Menakjubkan

Tips Berkunjung ke Wisata Geopark Pongkor

Berikut adalah beberapa tips yang perlu kamu ketahui sebelum berkunjung ke wisata Geopark Pongkor:

  • Kenakan pakaian yang nyaman dan cocok untuk aktivitas outdoor
  • Bawa air minum dan camilan ringan
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen berharga
  • Ikuti petunjuk dan aturan yang berlaku di wisata
  • Bersihkan sampahmu sendiri dan jangan membuang sampah sembarangan

Kesimpulan

Wisata Geopark Pongkor adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Dari puncak Gunung Geulis hingga air terjun yang indah, wisata ini sangat cocok untuk kamu yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan alam. Jangan lupa untuk mengikuti tips dan aturan yang berlaku di wisata, serta menjaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *