Wisata Daerah Gresik: Menikmati Keindahan Alam di Jawa Timur

Posted on

Jawa Timur memang terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Salah satu daerah yang memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik adalah Gresik. Wilayah ini terletak di sebelah utara Surabaya dan memiliki beragam tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Yuk, kita cari tahu apa saja wisata daerah Gresik yang harus kamu kunjungi!

1. Pantai Boom

Pantai Boom adalah salah satu pantai terkenal di Gresik. Pantai yang terletak di Desa Tambaklorok ini memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang tenang. Selain berenang dan berjemur di pantai, kamu juga bisa memancing atau menyewa perahu untuk menikmati keindahan pantai dari tengah laut.

2. Pemandian Air Panas Guci

Pemandian air panas Guci adalah tempat wisata yang cocok untuk kamu yang ingin bersantai dan menenangkan pikiran. Pemandian ini terletak di Desa Guci, Kecamatan Dukun, dan memiliki kolam renang air panas yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan reumatik.

3. Goa Maharani

Goa Maharani adalah gua yang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Dukun. Gua ini memiliki keindahan stalaktit dan stalakmit yang menakjubkan. Di dalam goa ini juga terdapat air terjun yang menambah keindahan goa. Kamu bisa menjelajahi goa ini dengan berjalan kaki atau menyewa perahu karet.

4. Bukit Kapur Gresik

Bukit Kapur Gresik adalah tempat wisata yang cocok untuk kamu yang suka hiking atau mendaki. Bukit ini terletak di Desa Karangharjo, Kecamatan Panceng, dan memiliki pemandangan yang indah dari atas bukit. Kamu juga bisa melihat proses penambangan kapur yang dilakukan oleh masyarakat sekitar.

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Bukit Waruwangi, Wisata Kekinian Murah Meriah di Serang Banten¬†

5. Taman Wisata Alam Mangrove Wonorejo

Taman Wisata Alam Mangrove Wonorejo adalah tempat wisata yang cocok untuk kamu yang suka dengan alam. Taman ini terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Manyar, dan memiliki hutan mangrove yang luas. Kamu bisa berjalan-jalan di jembatan kayu yang dibangun di atas air atau menaiki perahu untuk melihat keindahan mangrove dari dekat.

6. Candi Trowulan

Candi Trowulan adalah situs purbakala yang terletak di Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan. Situs ini merupakan bekas kerajaan Majapahit dan memiliki banyak peninggalan sejarah seperti candi, kolam, dan bangunan-bangunan lainnya. Kamu bisa mengunjungi museum Trowulan untuk melihat koleksi benda-benda peninggalan sejarah dari kerajaan Majapahit.

7. Danau Giri

Danau Giri adalah danau buatan yang terletak di Kecamatan Duduksampeyan. Danau ini memiliki pemandangan yang indah dan bisa digunakan untuk olahraga air seperti perahu karet dan jet ski.

8. Pantai Bunglon

Pantai Bunglon adalah pantai yang terletak di Desa Lakarsantri, Kecamatan Bungah. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Kamu bisa berenang, berjemur, atau menyewa perahu untuk menikmati keindahan pantai dari tengah laut.

9. Taman Hiburan Rakyat (THR) Gresik

Taman Hiburan Rakyat (THR) Gresik adalah tempat wisata yang cocok untuk kamu yang ingin bersenang-senang bersama keluarga atau teman-teman. THR Gresik memiliki beragam wahana permainan seperti roller coaster, taman bunga, dan kolam renang.

10. Gunung Kelud

Gunung Kelud adalah gunung berapi yang terletak di perbatasan antara Kediri dan Blitar. Gunung ini memiliki kawah yang indah dan bisa diakses melalui pendakian. Kamu bisa menikmati keindahan pemandangan dari atas gunung atau melihat aktivitas vulkanik dari dekat.

11. Pemandian Air Panas Cangkir

Pemandian air panas Cangkir adalah tempat wisata yang cocok untuk kamu yang ingin bersantai dan menenangkan pikiran. Pemandian ini terletak di Desa Karangbinangun, Kecamatan Ujungpangkah, dan memiliki kolam renang air panas yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan reumatik.

12. Pantai Menganti

Pantai Menganti adalah pantai yang terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Driyorejo. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Kamu bisa berenang, berjemur, atau menyewa perahu untuk menikmati keindahan pantai dari tengah laut.

13. Eco Green Park

Eco Green Park adalah tempat wisata yang cocok untuk kamu yang suka dengan alam dan lingkungan hidup. Taman ini terletak di Desa Sumberrejo, Kecamatan Dau, dan memiliki beragam wahana permainan yang ramah lingkungan dan edukatif.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata Italia yang Menarik Dikunjungi

14. Pantai Cermin

Pantai Cermin adalah pantai yang terletak di Desa Kebomas, Kecamatan Kebomas. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang tenang. Kamu bisa berenang, berjemur, atau menyewa perahu untuk menikmati keindahan pantai dari tengah laut.

15. Masjid Agung Gresik

Masjid Agung Gresik adalah salah satu masjid terbesar di Indonesia. Masjid yang terletak di pusat Kota Gresik ini memiliki arsitektur yang indah dan banyak peninggalan sejarah. Kamu bisa mengunjungi masjid ini untuk beribadah atau sekedar menikmati keindahan arsitekturnya.

16. Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo adalah air terjun yang terletak di Desa Dolo, Kecamatan Panceng. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan memiliki kolam alami yang bisa digunakan untuk mandi dan berenang.

17. Pantai Kebunrejo

Pantai Kebunrejo adalah pantai yang terletak di Desa Kebunrejo, Kecamatan Panceng. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Kamu bisa berenang, berjemur, atau menyewa perahu untuk menikmati keindahan pantai dari tengah laut.

18. Taman Satwa Kebun Binatang Gresik

Taman Satwa Kebun Binatang Gresik adalah tempat wisata yang cocok untuk kamu yang suka dengan binatang. Taman ini terletak di Jalan Ahmad Yani, Kota Gresik, dan memiliki beragam hewan seperti harimau, gajah, dan kuda nil.

19. Goa Gong

Goa Gong adalah gua yang terletak di Desa Gong, Kecamatan Manyar. Gua ini memiliki keunikan karena memiliki suara gemuruh yang terdengar seperti gong ketika ditabuh. Kamu bisa menjelajahi goa ini dengan berjalan kaki atau menyewa perahu karet.

20. Pantai Kurasakan

Pantai Kurasakan adalah pantai yang terletak di Desa Kurasakan, Kecamatan Panceng. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Kamu bisa berenang, berjemur, atau menyewa perahu untuk menikmati keindahan pantai dari tengah laut.

21. Mangrove Forest

Mangrove Forest adalah hutan mangrove yang terletak di Desa Siring, Kecamatan Bungah. Hutan ini memiliki banyak spesies mangrove dan bisa digunakan untuk edukasi lingkungan hidup.

22. Pantai Kebun Bunga

Pantai Kebun Bunga adalah pantai yang terletak di Desa Kebun Bunga, Kecamatan Panceng. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Kamu bisa berenang, berjemur, atau menyewa perahu untuk menikmati keindahan pantai dari tengah laut.

23. Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul adalah monumen yang terletak di Simpang Lima Gumul, Kecamatan Kebomas. Monumen ini dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan.

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Wisata Jatim Park 3 Malang dan Dino Park Sebagai Fasilitas Unggulannya

24. Pantai Prigi

Pantai Prigi adalah pantai yang terletak di Desa Prigi, Kecamatan Watulimo. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang besar dan cocok untuk olahraga surfing. Kamu juga bisa menikmati keindahan pantai dari atas bukit.

25. Pemandian Air Panas Cangar

Pemandian air panas Cangar adalah tempat wisata yang cocok untuk kamu yang ingin bersantai dan menenangkan pikiran. Pemandian ini terletak di Desa Cangar, Kecamatan Dau, dan memiliki kolam renang air panas yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan reumatik.

26. Pantai Sine

Pantai Sine adalah pantai yang terletak di Desa Sidokeluran, Kecamatan Panceng. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Kamu bisa berenang, berjemur, atau menyewa perahu untuk menikmati keindahan pantai dari tengah laut.

27. Candi Tikus

Candi Tikus adalah situs purbakala yang terletak di Desa Temon, Kecamatan Dukun. Situs ini merupakan bekas kolam pemandian kerajaan Majapahit dan memiliki arsitektur yang indah. Kamu bisa mengunjungi situs ini untuk melihat koleksi peninggalan sejarah dari kerajaan Majapahit.

28. Pantai Tambak Lorok

Pantai Tambak Lorok adalah pantai yang terletak di Desa Tambak Lorok, Kecamatan Cerme. Pantai ini terkenal dengan keindahan sunsetnya yang menakjubkan. Kamu juga bisa berenang, berjemur, atau menyewa perahu untuk menikmati keindahan pantai dari tengah laut.

29. Taman Wisata Alam Waduk Kali Benowo

Taman Wisata Alam Waduk Kali Benowo adalah tempat wisata yang cocok untuk kamu yang suka dengan alam. Taman ini terletak di Desa Kali Benowo, Kecamatan Bubutan, dan memiliki waduk yang indah. Kamu bisa berjalan-jalan di sekitar waduk atau menaiki perahu untuk melihat keindahan waduk dari dekat.

30. Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru adalah pantai yang terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai ini terkenal dengan keindahan lautnya yang biru dan dapat digunakan untuk berolahraga air seperti snorkeling dan diving. Kamu juga bisa menikmati keindahan pantai dari atas bukit.

Kesimpulan

Itulah 30 wisata daerah Gresik yang harus kamu kunjungi. Dari pantai yang indah, pemandian air panas yang menen

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *