Wisata Bumdes: Memperkenalkan Potensi Wisata Desa

Posted on

Wisata Bumdes merupakan salah satu konsep wisata yang berkembang di Indonesia. Bumdes sendiri merupakan singkatan dari Badan Usaha Milik Desa. Konsep ini mengajak masyarakat desa untuk memanfaatkan potensi wisata di desanya, dengan membangun infrastruktur pariwisata dan mengelola wisata tersebut secara mandiri.

Potensi Wisata Bumdes

Indonesia memiliki banyak sekali desa yang memiliki potensi wisata yang masih belum terkelola dengan baik. Potensi wisata tersebut bisa berupa wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya, dan masih banyak lagi. Dengan adanya konsep wisata bumdes, masyarakat desa dapat memanfaatkan potensi tersebut untuk meningkatkan perekonomian desa.

Manfaat Wisata Bumdes

Wisata Bumdes memiliki banyak manfaat, baik bagi masyarakat desa maupun bagi pengunjung wisata. Bagi masyarakat desa, wisata bumdes dapat menjadi sumber penghasilan baru dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Sedangkan bagi pengunjung wisata, wisata bumdes menawarkan pengalaman wisata yang berbeda dari wisata konvensional di kota-kota besar.

Wisata Lainnya:  Wira Garden: Taman Bermain Terbaik di Jakarta

Contoh Wisata Bumdes di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa contoh wisata bumdes yang sudah ada di Indonesia:

1. Desa Wisata Kandangan, Yogyakarta

Desa Wisata Kandangan merupakan salah satu desa wisata yang terkenal di Yogyakarta. Desa ini menawarkan wisata budaya, seperti pertunjukan tari-tarian tradisional, dan wisata alam, seperti air terjun Sri Gethuk.

2. Desa Wisata Tenganan, Bali

Desa Wisata Tenganan adalah desa wisata Bali yang terkenal dengan kain tenun geringsingnya. Selain itu, desa ini juga menawarkan wisata budaya dan alam yang menarik.

3. Desa Wisata Penglipuran, Bali

Desa Wisata Penglipuran adalah desa wisata yang terkenal dengan keindahan arsitektur rumah tradisionalnya. Selain itu, desa ini juga menawarkan wisata alam yang indah.

Cara Mengembangkan Wisata Bumdes

Untuk mengembangkan wisata bumdes, masyarakat desa harus bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, seperti pemerintah daerah, pengusaha, dan masyarakat sekitar. Beberapa hal yang perlu dilakukan adalah:

1. Membangun Infrastruktur Pariwisata

Membangun infrastruktur pariwisata seperti homestay, tempat parkir, dan toilet, merupakan hal yang penting untuk menunjang keberhasilan wisata bumdes.

Wisata Lainnya:  Menikmati Keindahan Tempat Wisata di Sumbar

2. Memperkenalkan Potensi Wisata Desa

Masyarakat desa harus memperkenalkan potensi wisata desanya dengan baik. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat brosur atau website yang menampilkan keindahan wisata desa tersebut.

3. Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengunjung wisata merupakan hal yang penting untuk membuat wisata bumdes semakin terkenal dan diminati oleh wisatawan.

Potensi Wisata Bumdes di Masa Depan

Potensi wisata bumdes di masa depan masih sangat besar. Dengan semakin berkembangnya teknologi dan akses informasi, wisata bumdes dapat semakin dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, wisata bumdes juga dapat menjadi solusi untuk mengurangi kesenjangan ekonomi antara kota dan desa.

Kesimpulan

Wisata Bumdes merupakan konsep wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan di Indonesia. Dengan adanya wisata bumdes, masyarakat desa dapat memanfaatkan potensi wisata di desanya untuk meningkatkan perekonomian desa. Selain itu, wisata bumdes juga menawarkan pengalaman wisata yang berbeda dari wisata konvensional di kota-kota besar.

Post Lainnya:
Wisata Lainnya:  Wisata Puri Maerokoco: Berwisata Seru di Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *