Wisata Benang Kelambu: Pesona Alam yang Menawan di Lombok

Posted on

Wisata Benang Kelambu merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terkenal di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Wisata ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau dengan air terjun yang menakjubkan dan kelambu yang tergantung di atasnya. Lokasi wisata ini berada di Dusun Aik Berik, Desa Lemor, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Keindahan Wisata Benang Kelambu

Wisata Benang Kelambu memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Di sana Anda akan menemukan air terjun yang tingginya mencapai 30 meter dan memiliki dua tingkat. Di bawah air terjun, terdapat kolam alami yang sangat jernih dan cocok untuk berenang atau sekadar bermain air.

Selain itu, wisata ini memiliki keunikan berupa kelambu yang tergantung di atas air terjun. Kelambu tersebut terbuat dari benang yang dijahit dengan rapi dan membentuk seperti tirai besar yang ketika ditiup angin akan bergerak-gerak. Kelambu tersebut memberikan suasana yang sangat menenangkan bagi pengunjung yang datang ke sana.

Akses Menuju Wisata Benang Kelambu

Untuk menuju wisata Benang Kelambu, Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua atau mobil. Dari pusat Kota Mataram, waktu tempuh menuju wisata ini sekitar 1,5 jam dengan jarak tempuh sekitar 44 km. Jika Anda berangkat dari Bandara Internasional Lombok, waktu tempuh menuju wisata ini sekitar 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 59 km.

Wisata Lainnya:  9 Rekomendasi Wisata Kolam Renang di Malang

Untuk mencapai wisata ini, Anda harus melewati jalan yang berkelok-kelok melalui perbukitan dan hutan. Namun, perjalanan yang panjang dan melelahkan tersebut akan terbayar dengan keindahan alam yang mempesona di wisata Benang Kelambu.

Biaya Masuk Wisata Benang Kelambu

Untuk memasuki kawasan wisata Benang Kelambu, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang. Harga tersebut sangat terjangkau jika dibandingkan dengan keindahan alam yang bisa dinikmati di sana.

Selain itu, di lokasi wisata ini juga terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman. Jadi, pengunjung tidak perlu khawatir jika merasa lapar atau haus selama berada di wisata ini.

Waktu Terbaik Berkunjung ke Wisata Benang Kelambu

Waktu terbaik untuk berkunjung ke wisata Benang Kelambu adalah pada pagi hari sekitar pukul 08.00 hingga 11.00. Pada waktu tersebut, udara masih segar dan pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang lebih maksimal.

Selain itu, pengunjung juga dapat menghindari panas terik yang biasanya terjadi pada siang hari. Namun, jika Anda ingin menikmati suasana yang lebih tenang, Anda dapat berkunjung pada sore hari sekitar pukul 16.00 hingga 18.00.

Wisata Lainnya:  Wisata Thaif: Menikmati Keindahan Alam di Tengah Kota

Akomodasi di Sekitar Wisata Benang Kelambu

Di sekitar wisata Benang Kelambu, terdapat beberapa penginapan yang bisa Anda pilih untuk menginap. Beberapa penginapan tersebut antara lain:

  • Hotel Lombok Raya
  • Santosa Villas & Resort
  • Novotel Lombok Resort & Villas

Anda dapat memilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Selain itu, di sekitar wisata ini juga terdapat beberapa restoran dan warung makan yang menyajikan berbagai macam kuliner khas Lombok.

Fasilitas di Wisata Benang Kelambu

Di wisata Benang Kelambu, terdapat beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati selama berkunjung di sana. Beberapa fasilitas tersebut antara lain:

  • Toilet
  • Area parkir
  • Area bermain anak-anak
  • Tempat istirahat

Dengan adanya fasilitas tersebut, pengunjung akan merasa lebih nyaman selama berada di wisata ini. Selain itu, kebersihan dan kerapian wisata ini juga terjaga dengan baik.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Berkunjung ke Wisata Benang Kelambu

Sebelum berkunjung ke wisata Benang Kelambu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengunjung. Beberapa hal tersebut antara lain:

  • Persiapkan fisik dengan baik karena perjalanan menuju wisata ini cukup melelahkan
  • Bawalah perlengkapan yang cukup, seperti alas kaki yang nyaman, kacamata hitam, topi, dan sunblock
  • Bawalah uang tunai yang cukup karena di lokasi wisata tidak terdapat ATM
  • Patuhi peraturan dan petunjuk yang telah ditetapkan oleh pengelola wisata
  • Jangan merusak keindahan alam dengan membuang sampah sembarangan
Wisata Lainnya:  Taman Sulur Wisata Selfie Ash Sholihiyah Kabupaten Ngawi Jawa Timur

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, pengunjung dapat menikmati keindahan alam di wisata Benang Kelambu dengan lebih nyaman dan aman.

Keunikan Wisata Benang Kelambu

Wisata Benang Kelambu memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh wisata alam lainnya. Keunikan tersebut adalah kelambu yang tergantung di atas air terjun. Kelambu tersebut memberikan suasana yang sangat tenang dan menenangkan bagi pengunjung.

Selain itu, wisata ini juga memiliki keindahan alam yang mempesona dengan air terjun yang tingginya mencapai 30 meter dan memiliki dua tingkat. Di bawah air terjun, terdapat kolam alami yang sangat jernih dan cocok untuk berenang atau sekadar bermain air.

Kesimpulan

Wisata Benang Kelambu adalah destinasi wisata alam yang sangat indah dan mempesona di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Keindahan alamnya yang memukau dengan air terjun yang menakjubkan dan kelambu yang tergantung di atasnya membuat wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Lombok.

Dengan memperhatikan hal-hal yang harus diperhatikan sebelum berkunjung dan menggunakan fasilitas yang tersedia di wisata ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam di wisata Benang Kelambu dengan lebih nyaman dan aman.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *