Wisata Baru Berastagi: Menikmati Keindahan Alam Sumatera Utara

Posted on

Berastagi adalah salah satu kota di provinsi Sumatera Utara yang terkenal dengan keindahan alamnya. Kini, kota ini semakin dikenal karena wisata baru yang menarik untuk dikunjungi. Wisata baru Berastagi menawarkan pengalaman berlibur yang berbeda dari tempat-tempat wisata lainnya. Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata baru Berastagi yang harus kamu kunjungi:

1. Taman Wisata Alam Lumbini

Taman Wisata Alam Lumbini adalah salah satu wisata baru Berastagi yang wajib kamu kunjungi. Taman ini memiliki luas sekitar 6 hektar dan terletak di Desa Dolat Rayat. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan alam yang masih asli dan jernih. Selain itu, terdapat juga patung Buddha setinggi 17 meter yang menjadi ikon dari taman ini.

Taman Wisata Alam Lumbini juga memiliki fasilitas yang lengkap, seperti area parkir yang luas, kamar mandi, restoran, dan tempat peribadatan. Kamu bisa menghabiskan waktu sehari penuh di sini untuk menikmati keindahan alam dan merenungkan kehidupan.

Wisata Lainnya:  Pantai Menganti: Surga Tersembunyi di Jawa Tengah

2. Bukit Gundaling

Jika kamu suka dengan olahraga tracking atau hiking, Bukit Gundaling adalah destinasi wisata baru Berastagi yang tepat untuk kamu kunjungi. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 1.500 mdpl dan terletak di Desa Merek. Dari atas bukit, kamu bisa melihat pemandangan yang indah dari kota Berastagi dan sekitarnya.

Untuk mencapai puncak Bukit Gundaling, kamu harus berjalan kaki sekitar 2-3 jam. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan pemandangan yang spektakuler. Jangan lupa membawa perlengkapan hiking yang cukup, seperti sepatu gunung, jaket tebal, dan air minum.

3. Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso adalah salah satu wisata alam yang sudah lama terkenal di Sumatera Utara. Namun, baru-baru ini air terjun ini menjadi salah satu destinasi wisata baru Berastagi yang wajib kamu kunjungi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter dan terletak di Desa Tongging, Kabupaten Karo.

Untuk mencapai lokasi air terjun, kamu harus menuruni tangga berjumlah 500 anak tangga. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan pemandangan yang indah. Kamu bisa merasakan deburan air terjun yang deras dan menikmati keindahan alam sekitar.

Wisata Lainnya:  Al Shafwah Wisata Mandiri – Menikmati Liburan Seru dan Berkesan di Jawa Tengah

4. Desa Wisata Kinantan

Jika kamu ingin merasakan pengalaman hidup di pedesaan, kamu bisa mengunjungi Desa Wisata Kinantan. Desa ini terletak di Kabupaten Karo dan menawarkan suasana yang tenang dan damai. Di sini, kamu bisa belajar tentang kehidupan petani dan mengenal budaya Karo.

Desa Wisata Kinantan juga menawarkan berbagai macam kegiatan, seperti memetik buah-buahan, membuat kue tradisional, dan berkebun. Kamu juga bisa menginap di homestay yang ada di desa ini untuk merasakan pengalaman hidup di pedesaan yang lebih lengkap.

5. Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar adalah salah satu danau yang baru dibuka untuk wisatawan di Berastagi. Danau ini memiliki luas sekitar 1,5 hektar dan terletak di Desa Merek. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan danau yang masih asli dan jernih.

Untuk mencapai Danau Lau Kawar, kamu harus berjalan kaki sekitar 30 menit dari jalan utama. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan keindahan alam yang spektakuler. Kamu juga bisa berenang atau sekadar bersantai di tepi danau.

Wisata Lainnya:  Syarat Desa Wisata: Membuat Destinasi Wisata yang Lebih Teratur dan Berkembang di Indonesia

6. Wisata Kuliner

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Berastagi tanpa mencicipi kuliner khas daerah ini. Berastagi terkenal dengan buah-buahan dan makanan tradisionalnya. Ada banyak sekali warung makan yang menyajikan hidangan khas Berastagi, seperti nasi goreng teri, arsik ikan, dan jagung bakar.

Salah satu tempat kuliner yang wajib kamu kunjungi adalah Pasar Buah Berastagi. Di sini, kamu bisa membeli berbagai macam buah-buahan segar dan makanan tradisional yang enak. Jangan lupa mencicipi buah markisa, stroberi, dan apel yang terkenal di Berastagi.

Kesimpulan

Wisata baru Berastagi menawarkan pengalaman berlibur yang berbeda dari tempat-tempat wisata lainnya. Kamu bisa menikmati keindahan alam yang masih asli dan jernih, belajar tentang kehidupan petani, dan mencicipi kuliner khas daerah ini. Jangan lupa untuk mengunjungi Taman Wisata Alam Lumbini, Bukit Gundaling, Air Terjun Sipiso-piso, Desa Wisata Kinantan, Danau Lau Kawar, dan tempat kuliner khas Berastagi.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *