Wisata Alam Ponorogo: Keindahan Alam yang Menakjubkan

Posted on

Wisata alam Ponorogo merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kota ini terletak di Provinsi Jawa Timur yang kaya akan keindahan alamnya. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang beberapa tempat wisata alam yang wajib dikunjungi di Ponorogo.

1. Air Terjun Ngiroboyo

Salah satu tempat wisata alam yang paling terkenal di Ponorogo adalah Air Terjun Ngiroboyo. Air Terjun Ngiroboyo terletak di Desa Ngrayun, Kecamatan Mlarak, Ponorogo. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan terkenal dengan airnya yang jernih dan segar. Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun sambil berenang atau bermain air dengan keluarga atau teman.

2. Bukit Kapur Selogiri

Bukit Kapur Selogiri juga menjadi salah satu tempat wisata alam yang populer di Ponorogo. Bukit ini terletak di Desa Selogiri, Kecamatan Ngrayun, Ponorogo. Bukit ini memiliki keunikan yaitu terdapat formasi batu kapur yang terlihat seperti tumpukan roti. Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah di atas bukit sambil menikmati udara segar di pagi atau sore hari.

3. Goa Selomangleng

Goa Selomangleng juga menjadi salah satu tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi di Ponorogo. Goa ini terletak di Desa Selomangleng, Kecamatan Jenangan, Ponorogo. Goa ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan dan terdapat beberapa stalaktit dan stalakmit yang indah. Pengunjung dapat menikmati keindahan goa sambil menikmati suasana yang tenang dan damai.

4. Gunung Ngebel

Gunung Ngebel merupakan gunung yang terletak di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.651 meter di atas permukaan laut dan menjadi salah satu tempat wisata alam yang populer di Ponorogo. Gunung ini memiliki banyak pemandangan indah di sekitarnya dan juga terdapat beberapa spot foto yang menarik untuk dikunjungi.

Wisata Lainnya:  Wisata Loksado Kandangan: Pesona Wisata Alam yang Menawan

5. Pantai Pancer

Pantai Pancer juga menjadi salah satu tempat wisata alam yang paling terkenal di Ponorogo. Pantai ini terletak di Desa Pancer, Kecamatan Pulung, Ponorogo. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai sambil melakukan aktivitas seperti berenang atau sekedar bersantai di tepi pantai.

6. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan merupakan hutan pinus yang terletak di Dusun Girimulyo, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Meskipun terletak di Yogyakarta, namun jaraknya tidak terlalu jauh dari Ponorogo. Hutan ini memiliki pemandangan yang indah dan menenangkan dengan pohon-pohon pinus yang rindang. Pengunjung dapat menikmati keindahan hutan sambil berjalan-jalan atau sekedar duduk di bawah pohon pinus sambil menikmati udara segar.

7. Air Terjun Tirtasari

Air Terjun Tirtasari terletak di Desa Sumberjo, Kecamatan Sambit, Ponorogo. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan terkenal dengan airnya yang sejuk dan jernih. Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun sambil berenang atau sekedar duduk di bawah air terjun sambil menikmati suara gemericik air yang menenangkan.

8. Gunung Kelud

Gunung Kelud merupakan gunung yang terletak di Kediri, Jawa Timur. Meskipun terletak di Kediri, namun jaraknya tidak terlalu jauh dari Ponorogo. Gunung Kelud memiliki ketinggian sekitar 1.731 meter di atas permukaan laut dan menjadi salah satu tempat wisata alam yang populer di Jawa Timur. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah dari atas gunung dan juga terdapat beberapa spot foto yang menarik untuk dikunjungi.

9. Danau Ngebel

Danau Ngebel terletak di Desa Ngebel, Kecamatan Ngebel, Ponorogo. Danau ini memiliki luas sekitar 77 hektar dan terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Pengunjung dapat menikmati keindahan danau sambil melakukan aktivitas seperti berenang atau sekedar bersantai di tepi danau.

10. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran merupakan taman nasional yang terletak di Situbondo, Jawa Timur. Meskipun terletak di Situbondo, namun jaraknya tidak terlalu jauh dari Ponorogo. Taman nasional ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan dengan padang savana yang luas dan juga terdapat beberapa hewan liar yang hidup di dalamnya. Pengunjung dapat menikmati keindahan taman nasional sambil melakukan aktivitas seperti berjalan-jalan atau melakukan safari.

11. Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung merupakan pantai yang terletak di Desa Karanggongso, Kecamatan Donorojo, Pacitan. Meskipun terletak di Pacitan, namun jaraknya tidak terlalu jauh dari Ponorogo. Pantai ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan dengan bebatuan karang yang besar dan terjal. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai sambil melakukan aktivitas seperti berenang atau sekedar bersantai di tepi pantai.

Wisata Lainnya:  Wisata Pantai Bulbul Balige - Pesona Keindahan Alam Sumatera Utara

12. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir merupakan bukit yang terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Wonosobo, Jawa Tengah. Meskipun terletak di Jawa Tengah, namun jaraknya tidak terlalu jauh dari Ponorogo. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 2.100 meter di atas permukaan laut dan menjadi salah satu tempat wisata alam yang populer di Jawa Tengah. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah dari atas bukit dan juga terdapat beberapa spot foto yang menarik untuk dikunjungi.

13. Goa Pindul

Goa Pindul merupakan goa yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta. Meskipun terletak di Yogyakarta, namun jaraknya tidak terlalu jauh dari Ponorogo. Goa ini terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dan terdapat beberapa stalaktit dan stalakmit yang indah. Pengunjung dapat menikmati keindahan goa sambil menikmati suasana yang tenang dan damai.

14. Air Terjun Coban Sewu

Air Terjun Coban Sewu terletak di Desa Tumpang, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Meskipun terletak di Malang, namun jaraknya tidak terlalu jauh dari Ponorogo. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter dan terkenal dengan airnya yang sejuk dan jernih. Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun sambil berenang atau sekedar duduk di bawah air terjun sambil menikmati suara gemericik air yang menenangkan.

15. Pantai Wedi Ombo

Pantai Wedi Ombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta. Meskipun terletak di Yogyakarta, namun jaraknya tidak terlalu jauh dari Ponorogo. Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dengan bebatuan karang yang besar dan terjal. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai sambil melakukan aktivitas seperti berenang atau sekedar bersantai di tepi pantai.

16. Gunung Merapi

Gunung Merapi merupakan gunung yang terletak di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Meskipun terletak di Jawa Tengah dan Yogyakarta, namun jaraknya tidak terlalu jauh dari Ponorogo. Gunung Merapi memiliki ketinggian sekitar 2.930 meter di atas permukaan laut dan menjadi salah satu tempat wisata alam yang populer di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah dari atas gunung dan juga terdapat beberapa spot foto yang menarik untuk dikunjungi.

Wisata Lainnya:  Kolam Renang Kota Wisata: Wisata Renang Seru dan Menyenangkan

17. Pantai Klayar

Pantai Klayar terletak di Desa Donorojo, Kecamatan Donorojo, Pacitan. Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dengan bebatuan karang yang besar dan terjal. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai sambil melakukan aktivitas seperti berenang atau sekedar bersantai di tepi pantai.

18. Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan gunung yang terletak di Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.329 meter di atas permukaan laut dan menjadi salah satu tempat wisata alam yang populer di Jawa Timur. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah dari atas gunung dan juga terdapat beberapa spot foto yang menarik untuk dikunjungi.

19. Pantai Drini

Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dengan bebatuan karang yang besar dan terjal. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai sambil melakukan aktivitas seperti berenang atau sekedar bersantai di tepi pantai.

20. Gunung Lawu

Gunung Lawu merupakan gunung yang terletak di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.265 meter di atas permukaan laut dan menjadi salah satu tempat wisata alam yang populer di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah dari atas gunung dan juga terdapat beberapa spot foto yang menarik untuk dikunjungi.

21. Pantai Ngandong

Pantai Ngandong terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dengan bebatuan karang yang besar dan terjal. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai sambil melakukan aktivitas seperti berenang atau sekedar bersantai di tepi pantai.

22. Gunung Prau

Gunung Prau merupakan gunung yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.565 meter di atas permukaan laut dan menjadi salah satu tempat wisata alam yang populer di Jawa Tengah. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah dari atas gunung dan juga terdapat beberapa spot foto yang menarik untuk dikunjungi.

23. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *