Wisata Alam Jawa Tengah 2019: Menikmati Keindahan Alam di Tengah Jantung Pulau Jawa

Posted on

Jawa Tengah merupakan provinsi di tengah Pulau Jawa yang terkenal dengan keindahan alamnya. Dari pantai hingga pegunungan, Jawa Tengah menawarkan banyak pilihan wisata alam yang menarik untuk dikunjungi pada tahun 2019. Berikut adalah beberapa pilihan wisata alam yang bisa kamu kunjungi di Jawa Tengah.

1. Goa Jatijajar

Goa Jatijajar terletak di Kabupaten Wonosobo. Goa ini memiliki stalaktit dan stalakmit yang indah serta aliran sungai yang jernih. Kamu bisa menjelajahi goa ini dengan memakai peralatan khusus yang disediakan oleh pengelola. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan alam sekitar goa dengan berjalan-jalan melalui jalur pendakian yang ada.

2. Pantai Widarapayung

Pantai Widarapayung terletak di Kabupaten Kebumen. Pantai ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga memiliki karang yang indah dan terumbu karang yang masih terjaga dengan baik. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas di pantai ini seperti snorkeling, surfing, atau sekadar berjemur dan menikmati keindahan pantai.

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Gereja Ayam Magelang, Pemandangan Bebukitan yang Cantik

3. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu terletak di antara Kabupaten Magelang, Boyolali dan Salatiga. Gunung ini memiliki ketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut. Kamu bisa melakukan pendakian ke puncak gunung ini dengan menyusuri jalur pendakian yang ada. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan alam sekitar dan udara yang segar di sepanjang perjalanan menuju puncak gunung.

4. Danau Rawa Pening

Danau Rawa Pening terletak di Kabupaten Semarang. Danau ini merupakan salah satu danau terbesar di Jawa Tengah. Kamu bisa menikmati keindahan danau ini dengan menyewa perahu yang disediakan oleh pengelola atau mengunjungi kawasan wisata sekitar danau. Selain itu, kamu juga bisa mencicipi kuliner khas sekitar danau seperti ikan bakar atau ikan asin.

5. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu terletak di Kabupaten Karanganyar. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan terletak di tengah-tengah hutan pinus. Kamu bisa menikmati keindahan alam sekitar air terjun dengan berjalan-jalan melalui jalur pendakian yang ada atau sekadar duduk-duduk menikmati segarnya udara di sekitar air terjun.

Wisata Lainnya:  Menjelajahi Tempat Wisata Sumbawa yang Menakjubkan

6. Dieng Plateau

Dieng Plateau terletak di Kabupaten Wonosobo. Kawasan ini terkenal dengan keindahan alamnya seperti gunung, bukit, dan danau. Selain itu, Dieng Plateau juga memiliki sumber air panas yang bisa kamu nikmati di sepanjang perjalanan. Kamu juga bisa mengunjungi candi-candi kuno yang ada di sekitar Dieng Plateau.

7. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir terletak di Kabupaten Wonosobo dan memiliki ketinggian sekitar 2.200 mdpl. Kamu bisa menikmati sunrise yang indah dari atas bukit ini. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan alam sekitar bukit dan berfoto-foto di sana.

8. Pantai Glagah

Pantai Glagah terletak di Kabupaten Kulon Progo. Pantai ini memiliki pasir putih yang luas dan air laut yang tenang. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas di pantai ini seperti berenang, berjemur, atau sekadar berjalan-jalan menikmati keindahan pantai. Selain itu, kamu juga bisa mencicipi kuliner khas sekitar pantai seperti sate kelapa atau gudeg.

9. Telaga Warna

Telaga Warna terletak di Kabupaten Dieng. Telaga ini memiliki air yang berwarna-warni dan terletak di tengah-tengah pegunungan. Kamu bisa menikmati keindahan telaga ini dengan berjalan-jalan di sekitar telaga atau sekadar duduk-duduk menikmati keindahan alam sekitar.

Wisata Lainnya:  Wisata Garut: Menikmati Keindahan Alam Nan Memukau

10. Gunung Prau

Gunung Prau terletak di Kabupaten Wonosobo. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.565 mdpl. Kamu bisa melakukan pendakian ke puncak gunung ini dengan menyusuri jalur pendakian yang ada. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan alam sekitar dan udara yang segar di sepanjang perjalanan menuju puncak gunung.

Itulah beberapa pilihan wisata alam yang bisa kamu kunjungi di Jawa Tengah pada tahun 2019. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan perjalanan ke lokasi wisata tersebut. Selamat berlibur!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *