Wisata Alam di Ponorogo: Menikmati Keindahan Alam di Bumi Reog

Posted on

Ponorogo, salah satu kota kecil di provinsi Jawa Timur, tidak hanya terkenal dengan tari reognya yang spektakuler. Ponorogo juga memiliki keindahan alam yang memukau dan layak dikunjungi sebagai tempat liburan bersama keluarga atau teman. Berikut adalah beberapa wisata alam di Ponorogo yang patut untuk dikunjungi.

1. Air Terjun Ngeden

Wisata alam di Ponorogo yang pertama adalah Air Terjun Ngeden. Terletak di Desa Ngeden, Kecamatan Sawoo, Air Terjun Ngeden menawarkan pemandangan yang indah dan menenangkan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan memiliki kolam yang jernih dan mengundang untuk berenang.

Tidak hanya itu, di sekitar air terjun ini juga terdapat hutan yang masih alami dan cocok untuk hiking atau trekking bersama keluarga atau teman. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati kuliner khas Ponorogo yang tersedia di sekitar Air Terjun Ngeden.

2. Hutan Pinus Gunung Kendeng

Jika Anda menyukai suasana yang sejuk dan tenang, maka Hutan Pinus Gunung Kendeng bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi. Hutan ini terletak di Dusun Sumberdadi, Desa Ngepung, Kecamatan Jenangan, dan memiliki luas sekitar 3 hektar.

Di Hutan Pinus Gunung Kendeng, pengunjung dapat menikmati udara yang segar dan sejuk serta pemandangan yang indah dari puncak bukit. Selain itu, terdapat juga area perkemahan dan spot foto yang instagramable dan cocok untuk bersantai bersama keluarga atau teman.

3. Goa Putri

Goa Putri adalah wisata alam di Ponorogo yang punya keunikan tersendiri. Terletak di Desa Kandat, Kecamatan Sawoo, Goa Putri merupakan goa yang terbentuk dari batuan kapur dan memiliki stalaktit dan stalakmit yang indah.

Selain menikmati keindahan goa, pengunjung juga bisa berkeliling di sekitar goa dan menikmati pemandangan alam yang indah. Di sekitar Goa Putri juga terdapat beberapa warung makan yang menyajikan kuliner khas Ponorogo yang patut dicoba.

4. Pantai Klayar

Pantai Klayar adalah salah satu pantai yang terkenal di Ponorogo. Terletak di Desa Pacitan, Kecamatan Donorojo, Pantai Klayar menawarkan pemandangan yang indah dengan pasir putih dan batu karang yang menjulang tinggi.

Wisata Lainnya:  Wisata Woodland: Destinasi Liburan Seru di Tengah Hutan

Di pantai ini juga terdapat air terjun yang membentuk kolam alami yang sangat cantik. Anda bisa berenang atau snorkeling di kolam alami tersebut. Selain itu, di sekitar Pantai Klayar juga terdapat beberapa warung makan yang menyajikan ikan bakar dan seafood yang lezat.

5. Bukit Kapur Gondang

Bukit Kapur Gondang adalah wisata alam di Ponorogo yang sangat cocok untuk hiking atau trekking bersama keluarga atau teman. Terletak di Desa Gondang, Kecamatan Mlarak, Bukit Kapur Gondang menawarkan pemandangan yang indah dari puncak bukit.

Di sekitar Bukit Kapur Gondang juga terdapat hutan yang masih alami dan cocok untuk bersantai sambil menikmati udara segar. Selain itu, di sekitar bukit juga terdapat beberapa warung makan yang menyajikan kuliner khas Ponorogo yang lezat.

6. Curug Gondang

Curug Gondang adalah air terjun yang terletak di Desa Gondang, Kecamatan Mlarak. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan memiliki kolam yang jernih dan mengundang untuk berenang.

Tidak hanya itu, di sekitar air terjun ini juga terdapat hutan yang masih alami dan cocok untuk hiking atau trekking bersama keluarga atau teman. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati kuliner khas Ponorogo yang tersedia di sekitar Curug Gondang.

7. Air Terjun Srambang

Terletak di Desa Srambang, Kecamatan Siman, Air Terjun Srambang menawarkan pemandangan yang indah dan menenangkan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan memiliki kolam yang jernih dan mengundang untuk berenang.

Tidak hanya itu, di sekitar air terjun ini juga terdapat hutan yang masih alami dan cocok untuk hiking atau trekking bersama keluarga atau teman. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati kuliner khas Ponorogo yang tersedia di sekitar Air Terjun Srambang.

8. Gunung Lawu

Gunung Lawu adalah gunung yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian 3.265 meter di atas permukaan laut dan sangat cocok untuk pendakian bagi para pendaki yang sudah berpengalaman.

Di Gunung Lawu, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah dari puncak gunung serta menikmati keindahan alam yang masih alami. Selain itu, di sekitar Gunung Lawu juga terdapat beberapa warung makan yang menyajikan kuliner khas Ponorogo yang patut dicoba.

Wisata Lainnya:  Wisata Pantai Malaysia: Menikmati Keindahan Pantai-Pantai yang Menakjubkan

9. Air Terjun Sumber Urip

Terletak di Desa Sumber Urip, Kecamatan Jambon, Air Terjun Sumber Urip menawarkan pemandangan yang indah dan menenangkan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan memiliki kolam yang jernih dan mengundang untuk berenang.

Tidak hanya itu, di sekitar air terjun ini juga terdapat hutan yang masih alami dan cocok untuk hiking atau trekking bersama keluarga atau teman. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati kuliner khas Ponorogo yang tersedia di sekitar Air Terjun Sumber Urip.

10. Taman Wisata Alam Gunung Kelud

Taman Wisata Alam Gunung Kelud adalah wisata alam di Ponorogo yang punya keunikan tersendiri. Terletak di Dusun Sumbergondo, Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngrayun, Taman Wisata Alam Gunung Kelud menawarkan pemandangan yang indah dari puncak bukit.

Di sekitar Taman Wisata Alam Gunung Kelud juga terdapat hutan yang masih alami dan cocok untuk bersantai sambil menikmati udara segar. Selain itu, di sekitar taman wisata juga terdapat beberapa warung makan yang menyajikan kuliner khas Ponorogo yang lezat.

11. Danau Ngebel

Terletak di Kecamatan Ngebel, Danau Ngebel merupakan danau buatan yang dibangun pada tahun 1908. Danau ini memiliki luas sekitar 39 hektar dan memiliki kedalaman sekitar 15 meter.

Di Danau Ngebel, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah dari atas perahu atau menyewa sepeda air. Selain itu, di sekitar Danau Ngebel juga terdapat beberapa warung makan dan kios yang menyajikan kuliner khas Ponorogo dan oleh-oleh khas dari daerah tersebut.

12. Kebun Teh Ngloram

Kebun Teh Ngloram adalah kebun teh yang terletak di Desa Ngadirejo, Kecamatan Slahung. Kebun teh ini memiliki luas sekitar 500 hektar dan memiliki panorama kebun teh yang indah.

Di Kebun Teh Ngloram, pengunjung dapat menikmati suasana kebun teh dan berkeliling menggunakan kereta keliling kebun teh. Selain itu, di sekitar kebun teh juga terdapat beberapa warung makan yang menyajikan kuliner khas Ponorogo yang lezat.

13. Bendungan Selorejo

Bendungan Selorejo adalah bendungan yang terletak di Kecamatan Mlarak. Bendungan ini memiliki luas sekitar 10.000 hektar dan menjadi salah satu objek wisata alam di Ponorogo yang menarik untuk dikunjungi.

Di Bendungan Selorejo, pengunjung dapat menikmati pemandangan danau yang indah serta aktivitas olahraga air seperti banana boat, jetski, atau boat. Selain itu, di sekitar Bendungan Selorejo juga terdapat beberapa warung makan yang menyajikan kuliner khas Ponorogo yang patut dicoba.

Wisata Lainnya:  Taman Wisata Lebah Cibubur: Menikmati Pesona Alam di Tengah Hingar-bingar Kota

14. Candi Sukuh

Candi Sukuh adalah candi Hindu yang terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso. Candi ini dibangun pada abad ke-15 dan menjadi salah satu wisata sejarah yang menarik di Ponorogo.

Di Candi Sukuh, pengunjung dapat menikmati keindahan arsitektur candi Hindu dan mengetahui sejarahnya. Selain itu, di sekitar Candi Sukuh juga terdapat beberapa warung makan dan kios yang menyajikan kuliner khas Ponorogo dan oleh-oleh khas dari daerah tersebut.

15. Taman Hutan Raya Ir. Soekarno

Taman Hutan Raya Ir. Soekarno adalah taman wisata alam di Ponorogo yang dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada Bapak Bangsa, Ir. Soekarno. Taman ini terletak di Desa Sawo, Kecamatan Jenangan, dan memiliki luas sekitar 1.000 hektar.

Di Taman Hutan Raya Ir. Soekarno, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang masih alami serta beragam aktivitas seperti hiking, trekking, atau sepedaan. Selain itu, di sekitar taman wisata juga terdapat beberapa warung makan yang menyajikan kuliner khas Ponorogo yang lezat.

16. Gunung Wilis

Gunung Wilis adalah gunung yang terletak di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 2.563 meter di atas permukaan laut dan sangat cocok untuk pendakian bagi para pendaki yang sudah berpengalaman.

Di Gunung Wilis, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah dari puncak gunung serta menikmati keindahan alam yang masih alami. Selain itu, di sekitar Gunung Wilis juga terdapat beberapa warung makan yang menyajikan kuliner khas Ponorogo yang patut dicoba.

17. Goa Selomangleng

Goa Selomangleng adalah goa yang terletak di Desa Selomangleng, Kecamatan Sawoo. Goa ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu terdapat air terjun yang mengalir di dalam goa tersebut.

Di Goa Selomangleng, pengunjung dapat menikmati keindahan goa dan air terjun yang masih alami. Selain itu, di sekitar Goa Selomangleng juga terdapat beberapa warung makan yang menyajikan kuliner khas Ponorogo yang patut dicoba.

18. Pantai Prigi

Pantai Prigi adalah salah satu pantai yang terkenal di Ponorogo. Terletak di Desa Prigi, Kecamatan Watulimo, Pantai Prigi menawarkan pemandangan yang indah dengan pasir putih dan batu karang yang menjulang tinggi.

Di pantai ini juga terdapat dermaga yang menjadi tempat berlabuhnya kap

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *