Wisata Air Terjun Riam Budi – Pesona Alam yang Menawan Hati

Posted on

Indonesia memang kaya akan keindahan alam. Salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi adalah air terjun Riam Budi. Terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, air terjun ini menawarkan keindahan alam yang memukau. Berikut ulasan lengkap mengenai wisata air terjun Riam Budi.

Lokasi dan Akses Menuju Air Terjun Riam Budi

Air terjun Riam Budi terletak di Desa Budi, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Untuk mencapai lokasi, Anda dapat memilih jalur darat ataupun jalur sungai. Jalur darat dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum dari kota Putussibau. Sedangkan jalur sungai dapat ditempuh dengan menggunakan perahu dari kota Putussibau.

Wisata Lainnya:  Wisata Syariah: Pilihan Liburan Halal dan Berkah

Keindahan Air Terjun Riam Budi

Setibanya di lokasi air terjun Riam Budi, Anda akan disambut oleh keindahan alam yang memukau. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dengan debit air yang deras. Di sekitar air terjun terdapat bebatuan besar yang menjadikan suasana semakin alami dan menenangkan.

Tak hanya itu, di sekitar air terjun Riam Budi juga terdapat hutan yang masih asri dan belum banyak terjamah oleh manusia. Anda dapat menikmati keindahan alam yang mempesona sambil mendengarkan suara burung dan hewan liar yang berkeliaran di sekitar hutan.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Riam Budi

Tak hanya menikmati keindahan alam saja, di air terjun Riam Budi Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas menarik. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan di air terjun Riam Budi:

1. Berenang

Dengan debit air yang deras dan segar, air terjun Riam Budi sangat cocok untuk berenang. Selain itu, Anda juga dapat merasakan sensasi berenang di bawah air terjun yang sangat menenangkan.

Wisata Lainnya:  Kampung Wisata Dewa Bronto: Destinasi Wisata Keluarga di Bali

2. Memancing

Bagi Anda yang hobi memancing, air terjun Riam Budi juga menyediakan spot memancing yang menarik. Di sana terdapat ikan-ikan air tawar yang masih alami dan sehat.

3. Camping

Bagi Anda yang suka dengan petualangan, camping di sekitar air terjun Riam Budi bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda dapat menikmati suasana alam yang tenang dan menenangkan dengan suara gemericik air terjun yang mengalun.

Keunikan Air Terjun Riam Budi

Keunikan dari air terjun Riam Budi adalah, di sekitar air terjun terdapat sumber air panas yang masih alami. Sumber air panas ini berasal dari aliran sungai Kapuas yang mengalir di sekitar air terjun. Anda dapat merasakan sensasi berendam di sumber air panas yang mengalir langsung dari alam.

Tips dan Trik Berkunjung ke Air Terjun Riam Budi

Berikut tips dan trik yang dapat membantu Anda dalam berkunjung ke air terjun Riam Budi:

1. Persiapkan fisik dan stamina yang baik

Berkunjung ke wisata air terjun membutuhkan stamina yang baik. Persiapkan fisik dan stamina Anda dengan baik untuk menikmati wisata air terjun Riam Budi.

Wisata Lainnya:  Desa Wisata Menari: Mendalami Budaya Indonesia Lewat Tarian Tradisional

2. Bawa perlengkapan yang cukup

Untuk berkunjung ke air terjun Riam Budi, bawalah perlengkapan yang cukup seperti pakaian ganti, alas kaki yang nyaman, dan perlengkapan camping jika Anda berniat menginap di sana.

3. Jangan lupa membawa makanan dan minuman

Di sekitar air terjun Riam Budi tidak terdapat warung atau restoran. Oleh karena itu, bawalah makanan dan minuman yang cukup untuk mengisi perut Anda selama berkunjung di sana.

Kesimpulan

Wisata air terjun Riam Budi adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang memukau. Tak hanya menikmati keindahan alam saja, di sana Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas menarik seperti berenang, memancing, dan camping. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik dan membawa perlengkapan yang cukup untuk menikmati pesona alam yang menawan hati di air terjun Riam Budi.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *