Wisata Air Jawa Tengah: Menikmati Pesona Air di Jantung Pulau Jawa

Posted on

Jawa Tengah memang kaya akan destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang memukau. Selain wisata alam, wisata air juga menjadi salah satu daya tarik yang tak kalah menarik. Di Jawa Tengah, terdapat banyak pilihan wisata air yang bisa dikunjungi, mulai dari air terjun, danau, hingga pantai yang mempesona. Berikut adalah beberapa destinasi wisata air di Jawa Tengah yang wajib untuk dikunjungi.

1. Air Terjun Grojogan Sewu, Karanganyar

Terletak di Desa Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Air Terjun Grojogan Sewu menjadi salah satu wisata air yang paling populer di Jawa Tengah. Air terjun setinggi 81 meter ini menawarkan pesona alam yang begitu memesona dengan suasana yang sejuk dan segar. Tak hanya menikmati keindahan air terjun, pengunjung juga bisa menikmati wahana rafting di sekitar area air terjun ini.

2. Danau Rawa Pening, Semarang

Danau Rawa Pening merupakan danau terbesar di Jawa Tengah yang terletak di Kabupaten Semarang. Danau ini memiliki luas sekitar 2.500 hektar dan dikelilingi oleh perbukitan yang hijau. Pengunjung bisa menikmati keindahan danau dengan menyewa perahu atau berkeliling menggunakan kuda. Ada juga spot wisata kuliner di sekitar danau yang menawarkan makanan khas Jawa Tengah yang lezat.

3. Pantai Teluk Awur, Jepara

Pantai Teluk Awur terletak di Kabupaten Jepara dan menawarkan pantai yang indah dengan panorama yang menakjubkan. Pantai ini memiliki pasir putih dan laut yang jernih, sehingga sangat cocok untuk berenang, snorkeling, atau sekadar bersantai menikmati keindahan alam. Pengunjung juga bisa mencicipi makanan khas Jepara seperti ikan bakar dan sate kelapa yang lezat.

4. Curug Lawe, Kebumen

Curug Lawe merupakan air terjun yang terletak di Desa Sukamaju, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan memiliki kolam yang cukup luas. Pengunjung bisa berenang atau sekadar bermain air di sekitar air terjun. Selain itu, ada juga area camping di sekitar air terjun yang sangat cocok untuk liburan bersama keluarga atau teman.

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk PRJ Kemayoran, Jangan Sampai Kelewatan!

5. Pantai Kartini, Jepara

Pantai Kartini terletak di Kabupaten Jepara dan memiliki panorama yang cantik dengan pasir putih dan laut yang biru. Pantai ini juga memiliki berbagai fasilitas seperti gazebo, kolam renang, dan area bermain anak-anak. Selain itu, pantai ini juga memiliki sejarah yang menarik karena namanya diambil dari sosok pahlawan nasional Indonesia, R.A. Kartini.

6. Air Terjun Jumog, Temanggung

Terletak di Desa Jumog, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Air Terjun Jumog menawarkan keindahan alam yang memukau dengan air terjun setinggi 80 meter dan kolam yang cukup luas. Pengunjung bisa berenang atau sekadar bermain air di sekitar air terjun. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati aktivitas outbound yang seru di sekitar area air terjun.

7. Pantai Menganti, Kebumen

Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Pantai ini memiliki panorama yang indah dengan pasir putih dan laut yang biru. Pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas seperti gazebo, area bermain anak-anak, dan beberapa warung makan yang menjual makanan khas Jawa Tengah yang lezat.

8. Air Terjun Curug Lawe, Wonosobo

Terletak di Desa Sumbing, Kecamatan Sumbing, Kabupaten Wonosobo, Air Terjun Curug Lawe menawarkan keindahan alam yang memukau dengan air terjun setinggi 100 meter dan kolam yang cukup luas. Pengunjung bisa berenang atau sekadar bermain air di sekitar air terjun. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam sekitar dengan trekking atau hiking.

9. Pantai Karang Bolong, Kebumen

Pantai Karang Bolong terletak di Desa Karanggintung, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Pantai ini memiliki panorama yang cantik dengan batu-batu besar yang menjadi ciri khas pantai ini. Pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas seperti gazebo, area bermain anak-anak, dan beberapa warung makan yang menjual makanan khas Jawa Tengah yang lezat.

10. Air Terjun Guci, Tegal

Terletak di Desa Guci, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Tegal, Air Terjun Guci menawarkan keindahan alam yang memesona dengan air terjun setinggi 70 meter dan kolam yang cukup luas. Pengunjung bisa berenang atau sekadar bermain air di sekitar air terjun. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas lain seperti hotel, kolam renang, dan area bermain anak-anak.

Wisata Lainnya:  Temukan Wisata Terbaik di Cikampek

11. Pantai Menganti, Kebumen

Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Pantai ini memiliki panorama yang indah dengan pasir putih dan laut yang biru. Pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas seperti gazebo, area bermain anak-anak, dan beberapa warung makan yang menjual makanan khas Jawa Tengah yang lezat.

12. Air Terjun Grojogan Watu Jonggol, Temanggung

Terletak di Desa Kalisidi, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Air Terjun Grojogan Watu Jonggol menawarkan keindahan alam yang memesona dengan air terjun setinggi 80 meter dan kolam yang cukup luas. Pengunjung bisa berenang atau sekadar bermain air di sekitar air terjun. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas camping di sekitar air terjun yang cocok untuk acara berkemah bersama keluarga atau teman.

13. Pantai Baruna, Jepara

Pantai Baruna terletak di Kabupaten Jepara dan menawarkan keindahan pantai yang memukau dengan pasir putih dan laut yang biru. Pantai ini juga memiliki berbagai fasilitas seperti gazebo, area bermain anak-anak, dan beberapa warung makan yang menjual makanan khas Jawa Tengah yang lezat.

14. Air Terjun Grojogan Tritis, Wonosobo

Terletak di Desa Kledung, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Wonosobo, Air Terjun Grojogan Tritis menawarkan keindahan alam yang memesona dengan air terjun setinggi 50 meter dan kolam yang cukup luas. Pengunjung bisa berenang atau sekadar bermain air di sekitar air terjun. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas trekking atau hiking di sekitar area air terjun.

15. Pantai Krakal, Gunung Kidul

Pantai Krakal terletak di Kabupaten Gunung Kidul dan menawarkan panorama pantai yang indah dengan pasir putih dan laut yang biru. Pantai ini juga memiliki fasilitas seperti gazebo, kolam renang, dan beberapa warung makan yang menjual makanan khas Jawa Tengah yang lezat. Pengunjung bisa menikmati berbagai aktivitas seperti snorkeling, surfing, atau sekadar bermain air.

16. Air Terjun Coban Rondo, Malang

Terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Air Terjun Coban Rondo menawarkan keindahan alam yang memesona dengan air terjun setinggi 60 meter dan kolam yang cukup luas. Pengunjung bisa berenang atau sekadar bermain air di sekitar air terjun. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas seperti outbound, trekking, atau camping di sekitar area air terjun.

17. Pantai Sadeng, Gunung Kidul

Pantai Sadeng terletak di Kabupaten Gunung Kidul dan menawarkan keindahan pantai yang memukau dengan pasir putih dan laut yang biru. Pantai ini juga memiliki fasilitas seperti gazebo, area bermain anak-anak, dan beberapa warung makan yang menjual makanan khas Jawa Tengah yang lezat. Pengunjung bisa menikmati berbagai aktivitas seperti snorkeling, surfing, atau sekadar bermain air.

Wisata Lainnya:  Wisata Alam Desa: Menikmati Keindahan Alam di Tengah Desa

18. Air Terjun Curug Cimahi, Bandung

Terletak di Desa Cisarua, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Air Terjun Curug Cimahi menawarkan keindahan alam yang memesona dengan air terjun setinggi 70 meter dan kolam yang cukup luas. Pengunjung bisa berenang atau sekadar bermain air di sekitar air terjun. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas trekking atau hiking di sekitar area air terjun.

19. Pantai Baru, Wonogiri

Pantai Baru terletak di Kabupaten Wonogiri dan menawarkan panorama pantai yang indah dengan pasir putih dan laut yang biru. Pantai ini juga memiliki fasilitas seperti gazebo, area bermain anak-anak, dan beberapa warung makan yang menjual makanan khas Jawa Tengah yang lezat. Pengunjung bisa menikmati berbagai aktivitas seperti snorkeling, surfing, atau sekadar bermain air.

20. Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Terletak di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Air Terjun Madakaripura menawarkan keindahan alam yang memesona dengan air terjun setinggi 200 meter dan kolam yang cukup luas. Pengunjung bisa berenang atau sekadar bermain air di sekitar air terjun. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas trekking atau hiking di sekitar area air terjun.

21. Pantai Wedi Ombo, Gunung Kidul

Pantai Wedi Ombo terletak di Kabupaten Gunung Kidul dan menawarkan keindahan pantai yang memukau dengan pasir putih dan laut yang biru. Pantai ini juga memiliki fasilitas seperti gazebo, area bermain anak-anak, dan beberapa warung makan yang menjual makanan khas Jawa Tengah yang lezat. Pengunjung bisa menikmati berbagai aktivitas seperti snorkeling, surfing, atau sekadar bermain air.

22. Air Terjun Cikaso, Sukabumi

Terletak di Desa Jampang Tengah, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Air Terjun Cikaso menawarkan keindahan alam yang memesona dengan air terjun setinggi 80 meter dan kolam yang cukup luas. Pengunjung bisa berenang atau sekadar bermain air di sekitar air terjun. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas trekking atau hiking di sekitar area air terjun.

23. Pantai Ngandong, Gunung Kidul

Pantai Ngandong terletak di Kabupaten Gunung Kidul dan menawarkan keindahan pantai yang memuk

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *